Terletak di jantung Provinsi Jawa Tengah, Wonosobo adalah kabupaten dengan pemandangan pegunungan yang indah karena diapit dua gunung muda.

Gunung tersebut adalah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan tinggi lebih dari 3000 mdpl.

Letaknya yang strategis membuat Wonosobo menjadi kabupaten dengan potensi ekonomi, wisata, sewa hiace premium, dan pertanian yang begitu besar dengan tanahnya yang subur dan terjaga kelestariannya.

Kata Wonosobo berasal dari Bahasa Jawa, yakni Wanasaba, yang secara harfiah berarti “tempat berkumpul di hutan”.

Bahasa Jawa sendiri mengambilnya dari Bahasa Sanskerta: vanasabhā yang artinya kurang lebih sama. Kedua kata ini juga dikenal sebagai dua buku dari Mahabharata: “Sabhaparwa” dan “Wanaparwa”.

1, Pejuang Perempuan, The Sin Nio

Dalam catatan perjuangannya, Sin Nio ikut bertempur melawan Belanda dan bergabung dalam Kompi 1 Batalion 4 Resimen 18.

Berada di bawah komando Sukarno yang terakhir berpangkat Brigjend dan pernah menjadi Duta Besar RI untuk Aljazair.

Di Resimen itu, Sin Nio adalah satu-satunya prajurit perempuan dalam kompi tersebut dan bersenjatakan golok, tombak, bahkan bambu runcing.

Di sisa usianya yang senja, Sin Nio menghabiskan sisa hidupnya bertahan hidup di kawasan kumuh di dekat Stasiun Juanda, Jakarta.

Bahkan, setelah masa kemerdekaan dan kondisi negara aman, Sin Nio yang asli Wonosobo, sempat hidup terlantar ketika berjuang bertahan hidup di Jakarta.

Alasannya ke Jakarta adalah karena pejuang perempuan Wonosobo itu tidak mendapatkan pensiun sebagai pejuang kemerdekaan. baca juga sewa bus luxury tangerang

2, Batu Ratapan Angin

Tempat wisata memiliki nama lain, yaitu Batu Pandang Dieng. Kawasan wisata memilki nuansa dan suasananya yang sangat sejuk dan asri dikarenakan banyak pepohonan.

Nantinya dari atas sini Anda dapat melihat keindahan dari Telaga Warna. Terlebih lagi akan terlihat sebuah deretan pegunungan hijau dari kejauhan, yang mana menambahkan kesan damai dan menyejukkan mata.

3, Mie Ongklok Muhadi

Mie ongklok ini selalu menjadi favorit para wisatawan saat berlibur ke kota Wonosobo. Lokasinya yang terletak di sekitaran Jalan Ahmad Yani.

 

Mie Ongklok Muhadi begitu populer karena sudah berdiri sejak tahun 1980 an. Menu andalannya tentu saja mie ongklok, dengan cita rasa yang legit dan gurih membuat para pengunjung menyukainya.