15/06/2021

Blog Riview

Blog Riview

4 Cara Bisnis Tas Untuk Pemula

bisnis tas 2

Banyak pabrik tas murah di Indonesia yang memproduksi berbagai macam tas yang bisa di jual kembali. Maka dari itu untuk kamu yang memiliki passion di bidang fashion menjual tas bisa kamu jadikan salah satu alternatif mengingat tas merupakan salah satu kategori produk fashion. Banyak varian dan jenis tas yang bisa kamu pilih sebagai produk utama kamu seperti tas ransel, totebag, backpack, dan masih banyak lagi. Target pasar yang bisa kamu bidik juga cukup luas, maka dari itu kamu perlu menentukan terlebih dahulu tas seperti apa yang ingin kamu jual. Untuk lebih detailnya, simak 4 tips di bawah ini.

  1. Tentukan Jenis Tas

bisnis tas 1

Seperti yang di bahas sedikit di atas, kamu harus menentukan jenis tas seperti apa yang ingin kamu jual, hal ini akan menentukan target pasar yang kamu sasar nanti. Sebagai contoh kamu ingin membuat atau menjual tas gunung, maka target pasar kamu nanti anak muda, wanita dan pria yang gemar traveling atau climbing. Berbeda apabila kamu ingin menjual tas wanita dan seterusnya. Kamu bisa memulai dari target pasar mana yang kamu kuasai agar kamu lebih mudah untuk menentukan produk tas tersebut.

 

  1. Memperkaya Pengetahuan

Menambah ilmu pengetahuan mengenai tas akan sangat membantu kegiatan kamu dalam berjualan tas ke depannya. Pasalnya tas memiliki kaitan erat dengan tekstil, kulit, jahit menjahit hingga fashion. Memiliki pengetahuan terbaru tentang trend yang sedang naik saat ini juga cukup penting untuk memilih produk atau membuat produk yang bisa mengikuti trend tersebut.

 

  1. Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan

Seperti yang kita tahu pemain tas cukup banyak, maka dari itu kamu harus memiliki kelebihan dan keunikan kamu sendiri dan mengantisipasi kekurangan yang produk kamu miliki. Untuk mengetahui hal ini kamu bisa sedikit melihat kompetitor yang menjual tas dan memiliki model bisnis yang serupa. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk kamu sendiri, maka kamu akan lebih bijak dan taktis dalam mengambil keputusan dan menentukan strategi pemasaran.

 

  1. Pilih Model Bisnis

Model bisnis di sini adalah bagaimana cara kamu menjual tas tersebut. Ada beberapa alternatif model bisnis yang bisa kamu coba dalam menjual tas yaitu adalah:

  1. Supplier: sebagai supplier tas kamu harus memproduksi tas dengan model kamu sendiri dan biaya produksi kamu yang menanggung. Akan tetapi untuk masalah penjualan kamu bisa merekrut sales atau reseller atau kamu juga bisa menjual sendiri agar keuntungan lebih maksimal.
  2. Sales: ada beberapa sales yang bisa kamu coba seperti reseller atau dropshipper. Dalam hal ini kamu hanya perlu mencari supplier tas yang sesuai dengan kriteria kamu lalu menjual kepada konsumen secara langsung. Dengan menjadi sales kamu hanya perlu fokus kepada penjualan saja tanpa memikirkan biaya produksi.

4 hal di atas adalah hal yang harus kamu perhatikan sebagai penjual tas pemula. Kamu harus menentukan produk, model bisnis dan target pasar sebelum kamu memulai menjual produk kamu. ada kalanya kamu harus pergi ke kota besar seperti Jakarta dan Bandung untuk memiliki bahan yang murah dan berkualitas. Untuk kamu yang berada di luar kota kamu bisa menggunakan Jakarta sewa mobil sebagai kebutuhan mobilitas kamu.