Standar digunakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berbagai hal, termasuk dalam pergudangan. Dengan memilih gudang industri sesuai standar, Anda akan mendapatkan gudang yang sesuai dengan barang dan kegiatan bisnis yang Anda lakukan.

 

4 Langkah Memilih Gudang Sesuai Standar

Jika ingin memilih gudang, Anda dapat memanfaatkan standar yang diakui banyak orang seperti ISO atau standar lainnya. Pada ISO, Anda dapat mengikuti ISO 55.220 tentang penyimpanan yang baik dan pergudangan.

Di situ akan dijelaskan secara detail bagaimana sebuah barang atau produk disimpan dan bagaimana sebuah gudang harus dibangun. Namun jika Anda tidak ingin terlalu ketat dengan mengikuti standar tersebut, Anda bisa memilih mengikuti langkah di bawah ini:

 

·       Mempertimbangkan Barang Yang Disimpan

Ketika hendak memilih gudang, hal yang perlu untuk dipertimbangkan adalah barang jenis apa yang akan disimpan nantinya. Tindakan ini dilakukan untuk memilih gudang yang cocok dengan barang yang akan disimpan, karena tidak semua gudang dapat digunakan untuk jenis barang tertentu.

Dengan mengetahui barang apa yang akan disimpan, ukuran gudang yang dibutuhkan dapat dihitung. Kemudian, dengan mengetahui jenis barang, fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk menyimpan barang tersebut dapat dipersiapkan.

 

·       Mempertimbangkan Cara Merawat dan Waktu Penyimpanan Barang

Setiap barang memiliki waktu penyimpanan di dalam gudang yang berbeda-beda. Sebagai contoh, tembakau perlu untuk disimpan di dalam gudang yang kering bertahun-tahun.

Agar dapat disimpan dengan baik sesuai dengan apa yang diinginkan dan dalam waktu tertentu, gudang harus dilengkapi dengan spesifikasi atau fasilitas tertentu. Dari sini juga bisa ditentukan berapa lama waktu sewa yang ideal untuk menyimpan barang yang dimiliki.

 

·       Memilih Lokasi Gudang

Pilih lokasi gudang yang strategis, dekat dengan berbagai fasilitas, dan memiliki akses yang baik. Selain itu, pilih lokasi gudang dengan resiko bencana alam yang kecil, seperti terhindar dari banjir atau tidak berlokasi di tempat yang rawan gempa bumi.

 

·       Mempertimbangkan Prosedur dan Harga Sewa Standar

Pertimbangkan prosedur sewa atau beli yang sesuai dengan kebutuhan, seperti durasi sewa dan berbagai prosedur lainnya yang ditetapkan oleh pihak penyewaan gudang. Selain itu lakukan riset untuk mengetahui harga sewa atau harga beli gudang di kawasan yang diinginkan.

Dengan melakukan riset, Anda akan lebih percaya diri ketika bernegoisasi mengenai harga dengan pemilik gudang.

 

Cari gudang yang cocok dengan memilih gudang sesuai standar yang disebutkan di atas. Informasi jual gudang Karawang dapat Anda peroleh dengan mengunjungi situs resmi Karawang Sentra Bizhub di https://karawangsentrabizhub.id/.

By roket