5 Bacaan Doa Ziarah Kubur Pendek dan Singkat Beserta Artinya

Ziarah kubur adalah salah satu amalan mulia dalam agama Islam yang dilakukan dengan tujuan untuk mengingatkan manusia yang masih hidup akan datangnya kematian.

Di Indonesia, ziarah kubur telah menjadi tradisi yang biasa dilakukan sebelum Bulan Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tentu tujuannya adalah untuk mendoakan saudara yang sudah meninggal dunia.

Mengingat ziarah kubur merupakan satu hal yang keramat untuk menghormati saudara yang sudah tiada maka melakukannya harus sesuai dengan tatakrama yang berlaku. Berikut 5 doa ziarah kubur yang bisa diamalkan saat melakukan ziarah kubur.

  1. Ucapkan Salam

Bacaan Latin :

“Assalamu’alaikum dara qaumin mu’minin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya Allahu bikum lahiqum”.

Artinya :

“Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

  1. Membaca Istighfar

Hal selanjutnya yang bisa menjadi doa saat melakukan ziarah kubur adalah membaca istighfar berikut ini :

“Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi.”

Artinya :

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya.”

  1. Membaca Surat Al-Fatihah

Bacaan Latin :

“Bismillahir rahmanir rahim Alhamdulillahi rabbil ‘alamin Ar Rahmaanirrahiim Maaliki yaumiddiin Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin Ihdinash-shirraatal musthaqiim Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh-dhaalliin.”

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam Yang Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang Pemilik hari pembalasan Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan Tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) jalan orang – orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

  1. Membaca Kalimat Tahlil

Bacaan Latin :

“Laailaaha Illallah.”

Artinya :

“Tiada Tuhan selain Allah.”

  1. Membaca Doa Ziarah Kubur

Bacaan Latin :

“Allahummaghfirlahu war hamhu wa ‘aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’ madholahu, waghsilhu bil maa’I watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatsaubul abyadhu minad danasi.

Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.”

Artinya :

“Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkahlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia didalamnya.”

Lantas, apa hikmah melakukan ziarah kubur dan kapan waktu istimewa untuk melakukannya? Hikmahnya adalah untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia agar diberi keselamatan. Sementara hikmah bagi manusia yang masih hidup adalah untuk mengingatkan kepada kematian. Soal waktu istimewa untuk ziarah kubur, sebenarnya ziarah kubur dianjurkan setiap waktu. Ziarah kubur bisa dilakukan pada siang maupun malam hari.

By sartika