29/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

5 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Lawan COVID-19

5 Makanan Penambah Imun Tubuh untuk Lawan COVID-19

Menjaga sistem kekebalan (imunitas) sangatlah penting selama pandemi COVID-19. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda adalah dengan makan makanan yang bergizi. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berikut beberapa makanan penambah imun tubuh yang mencegah COVID-19.

1. Yoghurt

Selama pandemi COVID-19, para ahli dan dokter menganjurkan agar masyarakat secara teratur mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan Anda. Selain dapat menghilangkan kuman, hand sanitizer juga dapat menghilangkan bakteri baik yang penting untuk membangun kekebalan.

Nah, yogurt merupakan makanan yang mengandung probiotik alami yang dapat membantu membangun bakteri baik di dalam tubuh Anda. Cari yoghurt yang berlabel “kultur hidup dan aktif”, seperti yoghurt Yunani. Kultur ini dapat merangsang sistem kekebalan untuk melawan penyakit.

Utamakan memilih yogurt tanpa rasa dibandingkan dengan yogurt yang mengandung gula dan beraroma. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa membuat yogurt tawar menjadi manis dengan menambahkan buah sehat dan sedikit madu.

2. Kunyit

Bumbu dapur berwarna kuning ini dikenal dengan sifat antioksidan dan antiinflamasinya. Oleh karena itu, kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit inflamasi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Kurkumin, senyawa yang memberi warna khas pada kunyit, merupakan bantuan yang sangat kuat dalam penyembuhan luka dan infeksi. Senyawa yang ditemukan pada kunyit ini dapat berguna untuk meredakan kerusakan otot setelah beraktivitas penuh. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian pada hewan, kurkumin dapat meningkatkan kekebalan dan memiliki khasiat antivirus.

3. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya meningkatkan kelezatan makanan, tetapi juga merupakan makanan penambah imun tubuh yang dapat melindungi dari flu musiman. Selain itu, tingginya konsentrasi senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin juga menyebabkan bawang putih membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Buah-buahan Asam

Dalam kasus flu, seringkali disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin C. Vitamin ini membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Orang yang sudah terinfeksi COVID-19 terkadang juga menerima vitamin C secara intravena.

Nah, vitamin C bisa ditemukan di hampir semua buah asam seperti jeruk, limau, lemon, dan grapefruits. Namun, karena tubuh Anda tidak dapat memproduksi atau menyimpannya, Anda harus mengonsumsi vitamin C setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari kaya akan nutrisi termasuk fosfor, magnesium, serta vitamin B6 dan E. Vitamin E sangat penting untuk memelihara dan menjaga fungsi sistem imunitas tubuh. Nutrisi ini juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas. Selain biji bunga matahari, makanan lain yang kaya vitamin E antara lain alpukat dan sayuran berdaun hijau tua.

Biji bunga matahari juga kaya akan kandungan selenium. Berbagai penelitian, yang kebanyakan dilakukan pada hewan, menunjukkan bahwa nutrisi tersebut dapat melawan infeksi virus seperti flu babi (H1N1).

Itu dia 5 makanan penambah imun tubuh yang bisa Anda konsumsi selama pandemi COVID-19. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh Anda akan menjaga tubuh dari persebaran virus yang belum ditemukan obatnya hingga saat ini.