Setelah lebih dari dua tahun dunia mengalami pandemi dan hidup dengan beberapa varian virus yang berbeda, banyak bisnis yang akhirnya bangkit kembali. Meski tidak sedikit pula bisnis yang terpaksa tutup, kita kini semakin menyadari adanya peningkatan bisnis on-line karena orang menemukan cara baru untuk mencari nafkah. 

Jenis bisnis tertentu memang memiliki potensi untuk berkembang selama atau setelah adanya krisis. Terlebih dengan meningkatnya penggunaan gadget selama pandemi, membuat banyak orang mulai berpikir untuk menjajaki bisnis secara on-line. 

Operasionalnya yang mudah dan santai menjadi daya tarik dari jenis bisnis on line. Belum lagi dengan adanya jasa pembayaran on-line yang kini sudah banyak digunakan. Kita juga tidak perlu repot-repot menyewa toko untuk memulai bisnis on line ini. Cukup dengan ponsel pintar dan jaringan net, kita sudah bisa menjalankan bisnis sendiri. 

Tapi yang mungkin akan membuat seseorang bingung untuk memulai bisnis on line adalah jenis bisnis apa yang sebaiknya mereka jalankan. 

 

Bisnis Dropship

Jenis bisnis on-line pertama adalah bisnis dropship. Dropshipping adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang secara online tanpa perlu berinvestasi atau membeli produk terlebih dahulu. Dropshipping mungkin bisa menjadi jawaban jika Anda khawatir tidak memiliki tempat menyimpan stok barang.

Dengan bisnis dropshipping, Anda dapat menjual barang secara online dengan menerima pesanan pelanggan, dan kemudian mencari grosir atau pengecer pihak ketiga yang menangani urusan inventaris dan sisi pemenuhan pesanan dari bisnis tersebut. Anda bisa menjualnya dengan harga sedikit lebih tinggi daripada pemasok pihak ketiga untuk mendapat untung.

 

Konsultan SEO

Jenis bisnis on line yang kedua yaitu konsultan seo seperti digital marketing di jakarta. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang search engine optimization (seo), Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis konsultasi bagi perusahaan yang menggunakan situs web. Dengan meningkatnya bisnis online, tentu banyak perusahaan ingin terjun ke dunia on line untuk memperluas pasar mereka. Sayangnya, hanya sebagian kecil dari mereka yang memiliki pengetahuan mendalam tentang seo, pembuatan tautan, dan metode pemasaran digital lainnya.

 

Konsultan search engine optimization akan membantu menganalisis bagaimana kinerja situs net suatu merek dan menentukan strategi efektif untuk meningkatkan traffic dan mendapatkan pelanggan. Bisnis ini juga banyak diminati, dan akan sangat berpeluang jika Anda adalah orang yang menguasai bidang tersebut.

 

Pelatihan on line digital 

Jenis bisnis on line yang ketiga yakni dengan membuka pelatihan online virtual. Pandemi menunjukkan bahwa belajar tidak harus selalu bertatap muka dan dapat terus berjalan meski dalam krisis. Banyak orang harus belajar online, institusi berbasis offline pun pindah on line, dan orang-orang dengan keahlian di bidang tertentu menerjemahkan pengetahuan mereka ke dalam kursus dan pelatihan online.

 

Meski platform pembelajaran online sudah begitu banyak, namun permintaannya juga cukup banyak dan terus meningkat. Banyak orang beralih ke platform on-line untuk mempelajari keterampilan baru, baik untuk pendidikan, kebugaran, pemasaran, search engine optimization, hingga desain. Jadi, apa pun bidang yang Anda kuasai, Anda bisa mencoba mengemasnya dan menjualnya kepada orang-orang.

 

Pengembang Aplikasi/Desainer Freelance

Jenis bisnis on line yang keempat yaitu pengembang aplikasi atau desainer web. Dengan banyaknya aktivitas on line yang terjadi saat ini, semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi seluler dan situs internet. Siapa pun yang ingin memulai bisnis on-line saat ini akan membutuhkan situs web, dan mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan teknis untuk membuatnya sendiri.

 

Jika Anda memiliki minat atau punya keahlian dalam coding, HTML, CSS, dan aspek lain dari desain net, maka menjadi desainer internet freelance bisa menjadi salah satu ide bisnis on-line yang cocok untuk Anda.

 

Desainer Grafis/Penulis Freelance 

Jenis bisnis on line yang kelima yaitu sebagai desainer grafis dan penulis lepas. Jika Anda memiliki bakat dalam desain grafis, Anda dapat memamerkan karya Anda atau memenuhi permintaan desain dari bisnis kecil hingga besar. Hampir setiap emblem online membutuhkan jasa desainer untuk membuat infografis, brand, poster, dan desain visual lainnya.

 

Selain desain, jika Anda memiliki keterampilan menulis, Anda juga dapat menggunakan bakat Anda untuk mendapatkan tawaran pekerjaan menulis di weblog, e-book, dan salinan penjualan dari orang-orang di seluruh dunia.

 

Menjual Kerajinan DIY

Jika Anda suka mendesain atau membuat kerajinan atau seni, maka Anda bisa membuat etalase untuk memamerkan dan menjual karya Anda secara on line. Jika Anda memiliki kerajinan tangan yang indah yang dapat dibuat di rumah, Anda dapat menjualnya di toko e-trade. Dan jika Anda tidak dapat membuat barang sendiri, Anda bisa mendapatkan pemasok dan menjualnya secara online.

 

Penerjemah

Jika Anda memiliki minat dan bakat dalam bidang menulis dan fasih dalam berbagai bahasa, Anda bisa mencoba menjadi penerjemah. Menjadi penerjemah bisa menjadi pekerjaan yang best bagi Anda yang menguasai bahasa asing. Anda dapat melakukannya di mana pun Anda mau, selama Anda memiliki teks yang sedang Anda kerjakan dan memahami tujuan terjemahannya.

 

Bagi mereka yang berbakat dalam fotografi, Anda juga dapat mengubah kemampuan Anda menjadi sumber nafkah. Situs stok foto seperti Shutterstock dan iStock akan memberi Anda komisi untuk setiap gambar yang Anda jual. Jadi jika Anda suka bekerja dengan lensa Anda, ini adalah cara mudah dan nyaman untuk mendapatkan uang. Plus, jika Anda seorang profesional, Anda mungkin dapat menjual foto Anda di situs yang lebih eksklusif dengan tingkat komisi yang lebih tinggi.

 

Toko on-line

Jenis bisnis on-line terakhir adalah dengan membuka toko on line. Ide bisnis ini sudah dijalankan oleh banyak orang. Anda dapat menjual berbagai macam barang, mulai dari pakaian, furnitur, atau kebutuhan hewan peliharaan.

 

Anda dapat melakukan riset untuk melihat produk apa yang dapat Anda jual di toko on-line Anda. Menyiapkan toko on line juga relatif mudah saat ini. Anda dapat membuat layanan hosting dengan perangkat lunak e-niaga terintegrasi atau mendaftarkan produk Anda di platform toko on line yang sudah tersedia.