Dilansir dari informasi tentang pendidikan di Indonesia, kualitas pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini terlihat sangat memprihatinkan karena pandangan masyarakat Indonesia yang sering menganggap sebelah mata terhadap pendidikan di Indonesia. Pemerintah juga sering sibuk dengan urusan yang lain sehingga terkadang acuh terhadap permasalahan pendidikan di Indonesia. Hal itu berdampak pada masalah yang tidak sepele termasuk pada rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia yang akan berimbas juga dengan rendahnya kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

 

Berita Pendidikan Nasional Terkini

Informasi tentang pendidikan di Indonesia menyatakan bahwa pendidikan di Indonesia sulit berkembang. Padahal pendidikan itu hal yang sangat penting dan berpengaruh dalam setiap bidang kehidupan sehari-hari yang ada di masyarakat. Pendidikan juga berperan aktif dalam penyediaan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu tinggi yang nantinya bisa membawa Indonesia menjadi negeri yang lebih baik.

Dengan rendahnya mutu pendidikan ini, entah apa yang akan terjadi pada Indonesia untuk ke depannya. Maka dari itu, perlu beberapa upaya untuk meningkatkan kembali mutu pendidikan. Termasuk dengan mengembangkan pendidikan yang ada di Indonesia, yaitu dengan cara menanggulangi permasalahan yang ada sebaik mungkin, agar pendidikan di Indonesia ini dapat berkembang dan membawa Indonesia ke ranah yang lebih baik.

 

Faktor Yang Menyebabkan Pendidikan di Indonesia Sulit Untuk Berkembang

Melihat dari informasi tentang pendidikan di Indonesia, ada banyak sekali faktor penyebab pendidikan di Indonesia tidak bisa berkembang. Diantaranya seperti, adanya masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Terlebih karena masalah pandemi yang sempat dialami akhir-akhir ini. Selain itu kurangnya sarana pendidikan, rendahnya kualitas guru, kurangnya rasa kesejahteraan guru, rendahnya semangat dan prestasi siswa, kurang meratanya kesempatan untuk mendapat pendidikan, serta mahalnya biaya pendidikan.

Solusi untuk permasalahan-permasalahan tersebut adalah dengan mengubah sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pendidikan, peningkatan pengawasan pemerintah pada bidang pendidikan, meningkatkan jumlah dan kualitas sarana prasarana pendidikan, penyejahteraan guru untuk mengubah pandangan masyarakat agar berpikir bahwa oramg yang berpendidikan itu hidupnya sejahtera, dan lain sebagainya.

Informasi tentang pendidikan di Indonesia menyatakan banyak faktor-faktor yang menjadi alasan sulit berkembangnya pendidikan di Indonesia. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain:

1.      Akreditasi

Akreditasi pendidikan di mata masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Pendidikan masih dipandang sebelah mata dengan pemikiran bahwa sekolah tinggi tidak akan mengubah nasib, dan lain sebagainya.

2.      Kurikulum

Masih ada banyak pendapat yang menyatakan bahwa kurikulum yang diterapkan di Indonesia ini kurang efektif.

3.      Ujian

Ujian di Indonesia menjadi momok yang menakutkan bagi para pelajar. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan luar negeri yang mana di sana kebanyakan tidak ada ujian melainkan hasilnya dilihat lansung ketika proses pembelajaran.

4.      Standar

Standarisasi cerdas di Indonesia itu ketika anak pandai mengerjakan soal matematika atau mendapatkan nilai yang bagus di semua mata pelajaran. Padahal standar pendidikan yang baik adalah pendidikan yang berkarakter dan berkaitan dengan etika dan moral.

5.      Guru dan murid

Guru yang kurang berpengalaman dalam mendidik akan menghambat semangat murid untuk belajar. Karena dianggap kurang asik atau lain sebagainya. Maka dari itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru dalam pendidikan. Bukan hanya kuantitas.

Simak berita pendidikan lainnya hanya di situs resmi Depoedu https://www.depoedu.com/