25/10/2020

Blog Riview

Blog Riview

Anda Pecinta Kopi? Belum Tau Perbedaan Robusta Dan Arabica? Simak Berikut Ini

Anda Pecinta Kopi? Belum Tau Perbedaan Robusta Dan Arabica? Simak Berikut Ini

Kopi banyak dikenal sebagai penghilang rasa kantuk bagi beberapa orang atau beberapa menganggap setelah mengonsumsi kopi, pekerjaan dan aktivitas akan lebih fokus. Ada pula anggpan bahwa dengan mengonsumsi kopi, daya ingat akan lebih tajam dan penurunan fungsi otak akan dicegah. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa kopi umumnya terbagi dalam dua jenis yakni kopi robusta dan arabica. Masing-masing memiliki ciri tersendiri, lalu apa beda robusta dan arabica, simak informasi berikut ini.

Perbedaan Tekstur Dan Bentuk Biji Kopi

Saat pertama kali melihat biji kopi arabica dan robusta, mungkin Anda yang tida biasa melihat akan kebingungan. Padahal bentuk keduanya jelas berbeda. Secara morfologi bentuk biji, arabica umumny lebih lonjong dan agak pipih, sementara robusta cenderung lebih bulat dan pepat. Kemudian belahan biji kopi keduanya juga berbeda. Pada kopi arabica, belahan berupa garis lurus. Sedangkan pada robusta belahan berupa garis berliku. Selain dari segi bentuk morfologi, teskstur kopi arabica biasanya lebih halus jika dibandingkan dengan robusta. Oleh sebab itu, teknik yang dipakai dalam proses roasting juga berbeda.

Perbedaan Aroma Dan Cita Rasa Kopi

Secara umum para pecinta kopi mungkin sudah banyak mengetahui bahwa aroma dan rasa kopi robusta terasa lebih kuat jika dibandingkan dengan kopi arabica. Selain itu, rasa kopi arabica juaga netral sehingga mudah dikreasikan. Namun demikian, aroma dan cita rasa kopi arabica lebih bervariasi bahkan sebelum disangrai, kopi akan beraroma segar. Sementara sesudah disangrai, aakan muncul aroma lainnya misalnya aroma buah, bunga, bahkan ada aroma kacang-kacangan yang tercium. Unik Bukan?

Perbedaan Kadar Gula

Mungkin hal ini jarang diketahui Anda, bahwa meskipun kopi dominan rasa pahit, tetap memiliki kadar gula di dalamnya. Setiap kopi memiliki kadar yang berbeda-beda. Untuk kopi arabica, kadar gula kira-kira sebesar 6-9 % dari semua senyawa di dalam biji kopinya. Sementara kopi robusta memiiki kadar lebih rendah yakni sebesar 3-7 %. Kadar ini mungkin akan berguna saat Anda sedang melakukan program diet atau ingin menjaga asupan gula harian.

Perbedaan Harga Kopi

Harga kopi robusta dan arabica berbeda di pasaran. Umumnya harga kopi arabica jika dibandingkan dengan harga robusta lebih mahal. Hal ini diakibatkan dari rasa kopi arabica yang lebih variatif bahkan bisa disesuaikan dengan selera Anda yang menikmatinya. Harganya akan makin mahal seiring dengan bertambahnya keunikan rasa di dalamnya. Berbeda dengan kopi robusta yang harganya lebih murah karena variasi rasa cenderung kurang. Selain itu proses sebelum panen, panen, dan setelah panen berlangsung dalam waktu singkat. Oleh sebab itu pula banyak sekali tersedia kemasan robusta bubuk yang siap diseduh.

Demikian mengenai beda robusta dan arabica yang perlu Anda ketahui sebagai pecinta kopi. Ada rekomendasi mudah yang Anda layak  mencobanya yakni Grande Intenso produk dari NESCAFE Dolce Gusto. Komposisi arabica 100 % dilengkapi dengan crema yang tebal didukung cita rasa dari bunga dan buah.