Anies Baswedan hadir dalam peluncuran buku berjudul “Jangan Remehkan Kata-Kata di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta, Sabtu 6 Agustus 2022.

Peluncuran buku “Jangan Remehkan Kata-kata: Kutipan Pemikiran Anies Baswedan yang Menggerakkan” merupakan salah satu rangkaian acara dalam Jakarta Book Fair.

Penyusunan buku dilakukan oleh Muhammad Husnil dan M. Chozin Amirullah kemudian disunting oleh oleh Abdul Rahman Ma’mun dan Luqman Hakim Arifin.

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Renebook, Luqman Hakim Arifin selaku CEO penerbitan mengatakan Anies Baswedan merupakan tokoh yang memiliki diksi kata-kata yang baik dan mengugah sehingga kata-katanya layak menjadi buku bacaan.

“Data buku ini berasal dari hasil rekaman, wawancara serta beberapa publikasi tulisan yang pernah pak anis Ucapkan dan tulis” kata Luqman

Acara peluncuran buku ini dimoderati oleh Chikita Fawzi, saat Fawzi menanyakan dari mana inspirasi bapak Anies Baswedan bisa mengeluarkan kata-kata yang mengerakan.

“Kata-kata yang berasal dari ucapan itu muncul dari komunikasi spontan. Anehnya kadang malah sahabat-sahabat yang mengingatkan kalau kata-kata tadi keren dan bagus” Ucap Anies

Misalnya tagline Indonesia mengajar Setahun mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi. Tagline ini hadir spontan saat saya sosialisasi program Indonesia Mengajar di Universitas Airlangga Surabaya.

“Waktu itu Hikmat Hardono selaku pimpinan Yayasan Indonesia Mengajar memberi tahu jika kata-kata yang saya ucapkan tadi menarik, maka jadilah tagline Indonesia Mengajar sampai hari ini dan saya bersyukur sampai hari ini Indonesia Mengajar masih ada dan menjadi tempat anak muda mengabdikan ilmunya untuk bangsa dan negara” Tambah Anies

Sama halnya dengan kata-kata Maju kotanya, Bahagia Warganya, kata-kata ini hanya datang diobrolan-obrolan santai dan kemudian muncul ide, kelihatannya bagus kalua dijakadikan tagline. Lalu untuk membuat kota yang maju dan bagahia tidak dapat sendiri melainkan mengajak untuk kerjasama dan kolaborasi.

Sekedar informasi acara Book Fair 2022, di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, kembali digelar sejak 3-7 Agustus 2022. Total jumlah pengunjung mencapai ratusan ribu orang.