Helobray, makanan ternyata bisa di bedakan dan di ciri ciri kan. Salahsatunya apakah kriteria dari makanan yang sehat. Yang menyebutkan suatu makanan sehat itu siapa sih? Dan kriterianya apa saja untuk mengklaim makanan ini sehat.

Makanan yang sehat dibagi menjadi beberapa kriteria, yuk simak sampai selesai.

1. Makanan tidak mengandung lemak jahat

Makanan yang sehat itu tidak mengandung lemak jahat, seperti lemak trans. Lemak ini biasa muncul pada makanan yang diolah dengan cara di goreng. Namun bukan berarti makanan goreng tidak sehat. Tentunya ada kriteria lain untuk membahas makanan yang di goreng.

2. Makanan yang mengandung sedikit yodium atau garam

Siapa disini yang suka masak dan sering menggunakan banyak garam untuk penyedap makanan. Ternyata garam sendiri dapat memicu serangan jantung jika dikonsumsi berlebihan. Nah lo, mulai sekarang sebaiknya kurangi ya mengkonsumsi garam.

3. Makanan yang rendah karbohidrat

Nasi yang menjadi makanan pokok orang Indonesia ternyata mengandung karbohidrat atau gula yang sangat tinggi. Tak heran jika kasus obesitas di Indonesia selalu meningkat dengan pesat. Ditambah lagi ada menu nasi goreng yang disukai semua orang. Sudah tinggi karbo, digoreng dengan minyak, sudah komplit penyakit didalam makanan tersebut. Anda bisa mengganti nasi putih dengan beras merah yang lebih sehat dan aman.

4. Makanan yang mengandung minyak ikan

Tentunya makanan ini ada di dalam kandungan hewan air atau ikan. Terutama ikan laut, mereka banyak mengandung minya ikan yang baik untuk tubuh. Minya ikan juga sering digunakan untuk vitamin anak agar tidak mudah terserang penyakit. Dan menambah nafsu makan anak.

5. Makanan non MSG

MSG ternyata tidak boleh digunakan terlalu banyak, bukan karena bisa membuat bodoh. Itu merupakan mitos belaka. Namun MSG dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Sama dengan garam, penyedap makanan ini dapat memicu jantung dan stroke.

Apabila dipergunakan bareng dengan garam, ya tahu sendiri jangka panjang yang akan di alami.

6. Makanan hijau

Sayuran organik termasuk makanan sehat, karena tumbuh dan ditanam tanpa bahan kimia yang berdampak berbahaya untuk tubuh manusia.