Apa yang Mempengaruhi Naik Turunnya Crypto

Cryptocurrency menjadi jenis mata uang digital dengan nilai yang sering naik turun dalam periode singkat. Hal ini tak jarang membuat para pemula yang ingin trading crypto merasa khawatir dan takut rugi. Lalu sebenarnya apa yang mempengaruhi naik turunnya crypto sehingga bisa berubah-ubah dalam waktu singkat?

Naik turunnya nilai aset kripto dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Mengingat jenis mata uang ini sepenuhnya digital atau virtual, maka pengaruh terbesarnya pun bisa datang dari dunia digital. Oleh sebab itu mata uang crypto menjadi jenis investasi yang bernilai return tinggi namun juga memiliki risiko tinggi.

Apa yang Mempengaruhi Naik Turunnya Crypto secara Global

Harga mata uang crypto seringkali mengecoh para trader dan investor. Ada kalanya mata uang ini mendadak naik namun juga bisa merosot tajam dalam waktu singkat. Dan berikut ini beberapa hal yang mempengaruhi naik turunnya crypto:

1. Pengaruh Keamanan Jaringan

Sebagai mata uang digital, wajar apabila sisi keamanan cryptocurrency sangat diperhatikan. Sifat digital dari mata uang ini memungkinkan adanya bug atau masalah lain di jaringan. Apabila terjadi permasalahan bug pada jaringan, tentu nilai mata uang kripto akan menurun drastis.

Seperti contohnya pada salah satu kasus beberapa waktu lalu saat smart contract berbasis Ethereum mengalami bug yang dieksploitasi hacker dengan mencuri koin senilai jutaan dolar Amerika. Untuk memperbaiki hal itu tentu saja terdapat beberapa perubahan yang harus disepakati. Dalam kondisi seperti inilah nilai mata uang kripto tidak stabil dan cenderung turun drastis.

2. Meningkatnya Permintaan

Apa yang mempengaruhi naik turunnya crypto selanjutnya adalah permintaan. Bursa cryptocurrency terbilang besar dan sering meningkat secara drastis. Hal inilah yang menjadi penyebab peningkatan nilai aset kripto karena seringkali terjadi kapitalisasi pasar dalam beberapa waktu terakhir.

Apa yang Mempengaruhi Naik Turunnya Crypto

Peningkatan yang signifikan ini disebabkan oleh popularitas mata uang digital yang marak di berbagai belahan dunia. Semakin banyak pemerintah dan warga negara yang mencari tahu tentang cryptocurrency dan berusaha menerapkannya.

3. Berita atau Liputan Media

Siapa sangka kalau berita dari liputan media bisa meningkatkan harga mata uang kripto. Tapi hal ini merupakan fakta karena berita dan liputan media saat ini menjadi pendorong terbesar dari meroket atau terjunnya mata uang kripto.

Harga kripto akan meroket apabila liputan media memberitakan hal yang menguntungkan dunia ekonomi dan digital. Sedangkan jika pemberitaan berisi resesi ekonomi, masalah global, masalah politik, harga mata uang digital bisa saja merosot tajam.

4. Ucapan Tokoh Besar

Apa yang mempengaruhi naik turunnya crypto juga bisa disebabkan ucapan tokoh-tokoh besar dunia. Anda pasti masih ingat dengan ucapan Elon Musk tentang Bitcoin yang secara drastis meningkatkan harganya hingga berkali-kali lipat.

Di sisi lain, Elon Musk juga pernah menolak pembayaran mobil Tesla dengan mata uang Bitcoin yang lantas menurunkan harganya. Hal ini membuktikan bahwa nilai mata uang digital masih tidak stabil dan dapat dipengaruhi berbagai hal yang dinamis.

5. Regulasi

Untuk penyebab terakhir dari naik turunnya crypto adalah regulasi yang mengatur sistem keuangan. Peraturan yang terpusat bisa mempengaruhi nilai kripto dan berdampak besar pada harganya. Salah satunya seperti pengenaan pajak kripto di beberapa negara yang lantas menurunkan harganya.

Apalagi setelah beberapa negara menerapkan aturan pajak tersebut, harga BTC, ETH, dan beberapa aset kripto lainnya langsung turun drastis.

Sekarang sudah tahu kan apa yang mempengaruhi naik turunnya crypto secara global? Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat memantau harga aset kripto hari ini.