23/01/2021

Blog Riview

Blog Riview

Bagaimana Cara Kerja Generator Listrik?

Saat ini, generator adalah bagian kehidupan yang ada di mana-mana. Baik di rumah atau di kantor, generator sering kali memainkan peran penting dalam memastikan pasokan listrik ke gedung tidak terganggu. Namun, ada suatu masa ketika generator dipandang sebagai penemuan yang benar-benar luar biasa dan keajaiban sains. Dan hari ini, sementara banyak orang tahu apa itu generator dan apa fungsinya, hanya sedikit orang yang tahu persis cara kerjanya.

Dasar-dasar generator listrik

Ada banyak jenis generator yang berbeda, tetapi generator listrik adalah salah satu yang paling terkenal. Pada dasarnya, generator listrik mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, memaksa elektron melalui rangkaian listrik. Itu tidak ‘menciptakan’ listrik itu sendiri, tetapi memungkinkannya mengalir melalui sirkuit dan dengan demikian menyediakan sebuah bangunan atau tempat kerja sementara dengan catu daya. Saat menjelaskan dasar-dasar generator, teknisi dapat membandingkannya dengan pompa air, yang memungkinkan air mengalir melaluinya dan ke orang di ujung keran tanpa membuat air itu sendiri.

Sejarah generator listrik berakar sejak tahun 1820-an, ketika ilmuwan Hongaria Anyos Jedlik menciptakan Dynamo Jedlik. Namun, generator modern mengambil prinsip utamanya dari fisikawan ternama Michael Faraday yang pada awal tahun 1830-an menemukan bahwa pergerakan sebuah konduktor listrik dapat menimbulkan muatan listrik. Faraday secara luas bertanggung jawab untuk menciptakan generator elektromagnetik pertama, yang disebut Disk Faraday, di mana cakram tembaga diputar di sekitar kutub magnet tapal kuda.

Generator zaman modern dan penggunaannya

Saat ini, generator telah menjadi jauh lebih canggih tetapi pada dasarnya masih beroperasi berdasarkan hukum Faraday. Genset listrik saat ini sudah banyak digunakan di rumah-rumah dan dapat diintegrasikan dengan rangkaian kelistrikan rumah sehingga pada saat aliran listrik utama terputus, otomatis genset tersebut mulai menyuplai daya darurat. Namun, generator lain juga ada – termasuk generator yang dioperasikan dengan diesel dan gas – dan dapat digunakan dalam berbagai konteks komersial.

Gedung perkantoran sering kali menggunakan generator siaga untuk memastikan bahwa jika pasokan listriknya terganggu, mereka dapat terus menerima daya dan mengurangi waktu henti bisnis. Mungkin masih ada kehilangan komunikasi sementara – seperti hilangnya koneksi internet atau telepon – tetapi generator modern umumnya dapat memulihkannya dengan sangat cepat. Lokasi konstruksi dan tempat kerja sementara lainnya mungkin menggunakan generator juga, dan mereka juga dapat berguna untuk melanjutkan pasokan listrik ke rumah dan bisnis di seluruh negara jika terjadi bencana alam.

Harvey McEwan menulis untuk menawarkan informasi dan nasihat tentang berbagai bidang, dari teknologi hingga tujuan liburan. Bacalah artikel Harvey lainnya di sini untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Sumber Artikel:  Sewa Genset Pekanbaru