Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Tata Cara Pemeriksaan Kesehatan

Definisi Medical Checkup

Pemeriksaan medis, juga dikenal sebagai MCU, adalah proses yang melibatkan penilaian menyeluruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Diharapkan dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan yang ekstensif ini, penyakit atau gangguan tertentu yang mempengaruhi kesehatan Anda dapat dideteksi secara dini.

Selama menjalani medical check up ini, Anda sebagai pasien akan menjalani beberapa tahapan pemeriksaan yang berbeda. Tahapan tersebut akan dimulai dengan pencatatan riwayat kesehatan Anda, dilanjutkan dengan pemeriksaan data, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tanda-tanda vital tubuh dan kondisi fisik Anda secara keseluruhan. Saat Anda menjalani pemeriksaan kesehatan ini, akan ada juga konsultasi dimana Anda bisa mendiskusikan gejala yang Anda alami. Jangan lupakan bagian proses ini.

Ada berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan. Pertama, pasien dianjurkan untuk membawa rekam medis, seperti foto rontgen atau hasil pemeriksaan medis sebelumnya.

Pasien juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa atau menghentikan obat.

Sebelum rangkaian pemeriksaan, pasien akan diberikan kuisioner berisi pertanyaan mengenai kondisi kesehatannya saat ini dan riwayatnya. Setelah menyelesaikan kuesioner, pasien harus memberi tahu dokter tentang obat, suplemen, atau produk herbal apa pun yang digunakan.

Pemeriksaan medis adalah pemeriksaan medis menyeluruh terhadap pasien. Pemeriksaan ini terdiri dari beberapa tahapan, dimulai dengan menghubungi dokter dan menganalisis riwayat kesehatan pasien hingga pemeriksaan organ-organ penting guna mendeteksi dan mengantisipasi kemungkinan penyakit sedini mungkin.

 

Tujuan Pemeriksaan Medis

Secara umum, ada berbagai alasan mengapa pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting. Meskipun tidak diharuskan, tujuan berikut mungkin menjadi alasan bagi Anda untuk mempertimbangkan pemeriksaan menyeluruh ini:

 

·         Mendeteksi kemungkinan berbagai penyakit yang mungkin muncul meskipun tidak ada gejala.

·         Pelajari tentang kesehatan umum pasien.

·         Buat rencana perawatan jika ada bukti penyakit.

·         Membantu memastikan kesehatan pasien sebelum terapi pengobatan diberikan.

 

Selain empat tujuan di atas, pemeriksaan medis dapat dilakukan untuk alasan lain, seperti mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit di masa mendatang atau sebagai motivasi untuk menerapkan gaya hidup sehat. Pemeriksaan menyeluruh ini sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin oleh kita semua, terutama yang berusia di atas 50 tahun.

Untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Lampung, pergilah ke RS Budi Medika yang merupakan RS Lampung terlengkap dan berkualitas.

 

 

By roket