Bahaya Pikiran Negatif Bagi Kesehatan

 

Beberapa pertanyaan seperti “Apa yang salah dengan diriku? Mengapa hal-hal buruk terus terjadi padaku? Mengapa aku tidak bahagia? Bagaimana jika keadaan menjadi lebih buruk? Bagaimana masa depanku nanti? Apakah aku bisa mendapatkan pekerjaan? yang terus muncul secara berulang bahkan sampai membebani pikiran sehingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari dikenal dengan istilah overthinking.

 

Apa Itu Overthinking ?

Overthinking adalah suatu perilaku atau kebiasaan dimana seseorang memikirkan sesuatu secara berlebihan. Merenungi masa lalu, mengkhawatirkan masa depan, dan memikirkan berbagai kemungkinan yang belum tentu akan terjadi. Aktivitas berpikir secara berlebihan tersebut cenderung mengarah ke hal negatif yang berulang dan tidak disertai dengan pemecahan masalah.

Orang yang overthinking berbeda dengan orang pemikir. Overthinking sering kali memikirkan setiap masalah kecil sampai menjadi lebih besar dan lebih rumit dari yang sebenarnya terjadi. Akibatnya, tanpa disadari overthinking berhasil menguras energi, menghambat dalam pengambilan keputusan dan mempengaruhi penentuan suatu tindakan. Jika dianggap sepele, overthinking dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

 

Penyebab Overthinking

Overthinking dapat dipicu oleh hal-hal sebagai berikut:

Stres Yang Sedang Dialami

Berbagai masalah yang dialami dalam kehidupan sehari-hari akan menumpuk dan menimbulkan stres jika tidak segera diselesaikan. Biasanya Stres dapat menyebabkan seseorang memikirkan hal-hal negatif secara berlebihan.

Perbedaan Antara Ekspektasi Dan Realita

Itulah kenapa manusia disarankan untuk menghindari ekspektasi yang besar, karena ketika ekspektasi yang sudah dibangun tidak sesuai dengan kenyataan, akan dapat memicu terjadinya overthinking.

Kejadian Traumatis Masa Lalu

Orang yang memiliki trauma biasanya akan sulit untuk melupakan kejadian di masa lalu, dan di masa depan akan menjadi salah satu pemicu munculnya pikiran-pikiran yang negatif.

Tipe Kepribadian

Biasanya tipe kepribadian melankolis yang memiliki sifat perfeksionis, sensitif, dan mudah berpikiran negatif akan cenderung memiliki peluang besar untuk mengalami overthinking.

 

Dampak atau Bahaya Overthinking

Beberapa dampak yang dapat terjadi akibat overthinking yaitu:

Mengganggu Aktivitas Sehari-Hari

Overthinking dapat berdampak pada menurunnya performa belajar atau kerja. Pikiran negatif yang berlebihan akan membuat seseorang sulit untuk fokus dan berkonsentrasi sehingga aktivitas pun menjadi terganggu.

Kesulitan Dalam Menyelesaikan Masalah

Biasanya seseorang yang overthinking selalu mencoba mencari solusi dengan lebih banyak memikirkan masalahnya dibanding segera mencari solusinya. Hal ini justru malah membuat masalah yang dihadapi semakin bertambah rumit.

Sulit Mengelola Emosi

Berpikir secara berlebihan dapat membuat emosi seseorang cenderung naik turun dan dapat memicu pelampiasan emosi yang negatif.

Kecenderungan Mengalami Masalah Mental

Terlalu memikirkan kekurangan atau hal-hal negatif pada diri dan masalah yang sedang dialami akan meningkatkan risiko mengalami masalah kesehatan mental seperti kecemasan bahkan depresi.

Mempengaruhi Kesehatan Fisik.

Overthinking dapat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik seperti sulit tidur, tubuh mudah terserang penyakit bahkan kelelahan

By roket