Infeksi Telinga saat Hamil: Gejala, Penyebab dan Penanganan | Popmama.com

Otitis Media, mungkin bagi sebagian orang nama penyakit ini masih terdengar asing dan belum banyak diketahui. Padahal sebenarnya penyakit Otitis Media ini termasuk jenis penyakit yang sering terjadi terutama pada anak yang masih batita. Otitis Media sendiri sebenarnya merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan di bagian tengah telinga yang bisa disebabkan oleh virus dan bakteri.

Pada beberapa kasus penyakit Otitis Media biasanya penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi di bagian saluran pernafasan. Salah satunya jika orang tersebut mengalami penyakit batuk, flu, atau sinus yang sudah parah biasanya hal tersebut akan memicu seseorang terkenan Otitis Media lebih besar. Itu karena saluran Eustachia yang menjadi penghubung antara telinga dan hidung mengalami penyumbatan.

Rata – rata orang yang mengalami penyakit Otitis Media ini adalah anak dibawah usia 3 tahun karena anak usia tersebut masih belum bisa untuk memgeluarkan cairan sendiri saat memgalami pilek atau batuk. Akibatnya cairan yang terlalu menumpuk di bagian saluran pernapasan sampai memasuki bagian tengah telinga dan menyebabkan anak mengalami Otitis Media. Selain itu saluran Eustachia pada anak juga masih pendek yang berakibat anak lebih rentan terkena penyakit ini.

Tetapi anda tidak perlu panik jika mengalami penyakit ini karena penyakit Otitis Media ini bukan penyakit parah dan bisa sembuh sendiri seiring dengan kondisi penyakit di saluran pernapasan yang membaik. Namun jika anda merasakan nyeri atau demam maka anda bisa mengkonsumsi antibiotic atau obat pereda nyeri untuk meredakan gejalanya. Tapi obat yang di konsumsi harus sesuai dengan resep dokter.

Meski bukan penyakit parah,namun pada beberapa kasus penyakit Otitis Media ini juga perlu diperhatikak lebih jika pengidapnya sudah mengalami penyakit ini lebih dari 1 minggu. Karena jika didiamkan terlalu lama ditakutkan kondisi tersebut bisa mempengaruhi kemampuan pendengaran seseorang. Selain itu cairan yang terus menumpuk di telingan juga bisa mempengaruhi kondisi keseimbangan seseorang.

Penyakit Otitis Media ini juga digolongkan kedalam beberapa jenis, berikut penjelasan mengenai jenis – jenis penyakit Otitis Media:

  1. Otitis Media Efusi

Otitis Media Efusi ini biasanya radang telinga yang terjadi setelah cairan atau lendir yang menumpuk di rongga telinga mulai hilang. Pada kondisi ini justru saat rasa nyeri di telinga mulai mereda justru pendengaran malah akan lebih terasa terganggu karena kesulitan mendengar.

  1. Otitis Media Akut

Otitis Media Akut ini biasanya merupakan penyakit radang telinga yang muncul secara tiba – tiba dan ditandai dengan telinga yang bengkak dan memerah. Biasanya saat orang sedang mengalami batuk atau pilek, cairan serta lendir bisa saja terperangkap didalam rongga telinga dan menyebabkan rasa nyeri serta pembengkakan pada bagian telinga.

  1. Otitis Media Kronis

Otitis Media Kronis ini biasanya bisa terjadi baik saat cairan atau lendir masih berada didalam telinga maupun saat sudah tidak ada. Biasanya Otitis Media Kronis ini bisa muncul kembali meski kondisi telinga sudah membaik. Jika tidak diobati dengan benar maka kondisi Otitis Media Kronis ini bisa sulit disembuhkan bahkan berpengaruh pada pendengaran seseorang.

Dari beberapa jenis dan kondisi Otitis Media diatas tentu kita mengetahui bahwa perawatan dan perlu dilakukan pun berbeda – beda. Untuk itu jika anda mengalami gejala Otitis Media sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter agar kedepannya anda bisa melakukan perawatan dan pengobatan sesuai dengan jenis Otitis Media yang anda alami.

 

By sartika