Jakarta Otomotif – Lampu mobil adalah komponen yang cukup crucial dalam mobil terutama ketika kondisi perjalanan di malam hari. Tanpa adanya lampu, tentu saja resiko berkendara semakin tidak aman. Mungkin Sahabat bisa ditilang oleh pihak kepolisian atau bahkan bisa mengalami kecelakaan saat berada di jalan karena tidak dapat melihat jalanan atau objek lain dengan baik di depan.

Dengan adanya lampu mobil, kamu bisa lebih aman dalam berkendara. Bahkan di tengah malam dan hujan deras sekalipun, lampu mobil sangat kita butuhkan.

Lampu mobil apa saja sih yang perlu kita ketahui? Lalu apa fungsi masing lampu tersebut? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Ada banyak lampu mobil yang disematkan di sebuah kendaraan, di bagian depan ada headlamp dimana ada lampu utama, lampu senja dan lampu sein. Lalu masih di bagian depan namun sedikit ke bawah, ada lampu kabut. Di bagian belakang mobil, terdapat lampu rem, lampu sein dan lampu mundur. Mari kita beda setiap jenis lampu berdasarkan fungsinya. Kamu juga bisa membaca Berikut 3 Jenis Lampu Mobil yang Perlu Kamu Ketahui.

Lampu Mobil Bagian Depan

Lampu mobil depan atau headlamp memiliki 3 mode utama yakni, lampu senja, lampu dekat dan lampu jauh. Masing dari lampu tersebut memiliki fungsi tersendiri lho Sahabat.

Lampu senja biasanya disebut sebagai lampu kota, fungsinya untuk memberi tanda kepada kendaraan lainnya jika mobil kita berada di suatu lintasan yang sama. Apakah lampu senja harus dinyalakan ketika hari sudah mulai gelap atau cuaca mendung? Jawabannya adalah harus.

Selain itu, terdapat mode selanjutnya pada lampu mobil bagian depan yakni lampu dekat dan lampu jauh. Dilansir dari divisihumasmabespolri, arah sinar lampu kendaraan dapat diatur dalam dua pilihan.

Pertama, low bar, sinar lampu yang menyorot ke arah bawah bagian depan jalan yang akan dilalui pengendara, atau biasa kita sebut lampu dekat. Kedua adalah High Beam. Sinar lampu mobil pada high bar ini menyorot ke arah tengah-depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar posisi lampu), atau biasa kita menyebutnya lampu jauh.

Lampu mobil dekat, digunakan pada jalan yang mempunyai penerangan cukup, atau yang ramai lalu-lintasnya. Sementara lampu jauh, digunakan pada jalan yang sepi dan minim penerangan. Lampu jauh dilarang digunakan di jalan yang padat lalu-lintasnya atau jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan.

Karena sinar terang pada lampu jauh dapat menyebabkan pengendara di depan terganggu penglihatannya karena silau. Pada orang yang mengalami gangguan mata astigmatisme atau biasa disebut dengan mata silinder, kesilauan yang dirasa akan lebih extraordinary.

Selanjutnya adalah lampu senja. Lampu mobil ini sifatnya sangat kondisional. Artinya, betul tergantung pada tempat dan cuaca. Ketika sedang berada di daerah yang berkabut, lampu ini sebaiknya digunakan. Lampu yang disebut juga sebagai Fog Lamp ini, biasanya terletak di bagian bawah depan mobil. Fungsi Fog Lamp di belakang mobil adalah untuk memberi tanda kepada mobil lainnya, supaya mereka bisa menjaga jarak.

Lampu Mobil Bagian Belakang

Lampu di bagian belakang bentuknya beraneka ragam tergantung jenis mobilnya. Ada yang berbentuk flat maupun vertikal. Namun pada intinya, walaupun berbeda bentuk desain lampunya, di dalam lampu mobil bagian belakang selalu ada lampu rem, lampu sein dan lampu mundur.

Sahabat pasti sudah tau, kalau mobil yang menginjak pedal rem bakal menyalakan lampu mobil belakang yang berwarna merah. Apa fungsinya? Tentunya untuk memberi sinyal kepada mobil di belakang supaya mengurangi kecepatannya. Kalau mobil kamu tidak punya lampu rem, atau lampu mobil rem kamu rusak, wah, bahaya banget, Sahabat. Bisa kamu ditabrak dari belakang oleh mobil lain.

Selanjutnya adalah lampu mobil yang berfungsi untuk memberi tanda ketika mobil bergerak mundur. Lampu ini terletak di bagian belakang mobil. Ketika mobil sedang mundur, maka lampu ini bakal menyala. Lampu ini berfungsi sebagai tanda mobil lain yang berada di belakang, supaya mereka tahu bahwa mobil kita hendak mundur. Biasanya warna lampu mundur adalah putih, alasannya cukup sederhana, karena putih jelas lebih menyilaukan mata. Jelas pengemudi di belakangnya akan waspada karena ada kendaraan yang bergerak ke arahnya.

Apakah kalian sudah paham apa saja jenis lampu mobil yang biasa disematkan di sebuah kendaraan? Nah, bagaimana jika salah satu lampu mobil tersebut ada yang mati atau tidak berfungsi?

Seperti sudah dijelaskan di atas, lampu yang ada pada mobil memiliki peran yang penting dan tidak boleh ada kerusakan pada salah satu bagiannya karena akan membahayakan. Jika kamu menemukan salah satu lampu yang mati, mungkin beberapa komponen di bawah ini harus kamu cek Sahabat. Apa saja? Yuk simak kelanjutannya.