22/06/2021

Blog Riview

Blog Riview

Berbicara Sejarah Berdirinya Percetakan Di Indonesia

Berbicara Sejarah Berdirinya Percetakan Di Indonesia

 

Mencetak merupakan proses memproduksi produk baik skala besar maupun kecil dengan desain yang sama. Kegiatan ini cukup diminati karena beragam produk percetakan Surabaya digunakan dalam kehidupan keseharian masyarakat. Percetakan sendiri sudah dikenal masyarakat sejak lama dan terus dibutuhkan hingga saat ini mengingat populasi penduduk yang semakin meningkat dan sistem penjualan online telah berjaya.

Kegiatan mencetak sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan sistem digital printing maupun offset printing. Sistem percetakan Surabaya yang sering digunakan adalah sistem digital printing karena prosesnya cepat dan dapat digunakan untuk skala kecil. Meskipun begitu, percetakan Surabaya tipe offset printing masih dibutuhkan masyarakat yang akan memproduksi produk dalam skala besar dan komersial. Sehingga kedua jenis percetakan tersebut masih sangat dibutuhkan masyarakat dalam kegiatan harian.

Percetakan offset printing digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan percetakan yang membutuhkan produk skala besar yang sama. Produk hasil offset printing seperti kalender, koran, majalah dan sejenisnya. Sedangkan, percetakan menggunakan digital printing merupakan percetakan skala kecil dengan bantuan komputer yang menjadi satu dengan mesin printing. Produk hasil digital printing antara lain poster, x-banner satuan, banner satuan, hingga stiker dalam bentuk satuan. Proses pengerjaannya pun cepat dan ekonomis.

Kegiatan percetakan di Indonesia sendiri muncul sekitar setengah abad yang lalu saat Belanda masih berada di Indonesia. Dimana mesin percetakan yang dibawa Belanda dahulu berguna untuk kegiatan mencetak buku maupun keperluan administrasi Belanda. Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan untuk melakukan pencetakan semakin bertambah. Dimana kegiatan ini banyak pengusaha percetakan dari Indonesia yang hadir untuk membuat surat kabar maupun bahan pendukung kegiatan percetakan.

Kegiatan percetakan sendiri di Indonesia hingga saat ini masih terus berjalan dan mengalami perkembangan. Banyak sekali produk percetakan yang menunjang kehidupan masyarakat untuk kegiatan komersial seperti majalah, koran, kalender, brosur, poster dan sejenisnya. Sehingga keberadaan percetakan cukup membantu bisnis masyarakat untuk terus berjalan. Baik menggunakan pencetakan jenis offset printing maupun menggunakan digital printing.