29/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

Biaya dan Manfaat USG 2D

Biaya dan Manfaat USG 2D

Istilah USG memang sudah tidak asing lagi yang umumnya digunakan untuk memeriksa janin namun juga digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan seseorang meskipun tidak hamil. USG 2D merupakan salah satu jenis USG yang paling sering digunakan di Indonesia.

USG 2D atau 2 dimensi adalah USG yang memberikan hasil berupa gambar datar berwarna hitam putih yang mampu melihat kelainan fisik hingga 80% sehingga bisa melihat jumlah air ketuban, ukuran kepala, dan ukuran bayi.

USG 2D di Kehamilan Sehat

Klinik Kehamilan Sehat adalah klinik kehamilan yang memiliki banyak layanan untuk ibu hamil terutama terkait masalah kehamilan yang juga telah melayani banyak pasien. Klinik ini sudah memiliki 16 cabang yang dibuka di beberapa kota-kota besar di Indonesia dengan pelayanan yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan.

Kehamilan Sehat menawarkan pelayanan cek USG 2D yang gratis USG 4D (HD Live Wajah). pemeriksaan akan dilakukan langsung oleh Dokter Sp.OG yang telah memiliki sertifikat sehingga lebih terjamin dan yang pasti harganya juga lebih kompetitif meskipun pelayanannya setara dengan rumah sakit.

Manfaat USG 2D

Selama proses kehamilan orang tua pasti ingin melihat perkembangan janin. Maka dari itu biasanya disarankan dengan melakukan USG 2D yang bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui vagina (transvaginal) dan melalui perut. Hasil USG 2D yang telah dilakukan nantinya akan dijelaskan oleh dokter spesialis kandungan yang melayani ibu sehingga bisa mengetahui dan memahami perkembangan janin dengan baik.

Manfaat yang bisa didapatkan dari USG 2D yaitu memastikan bahwa gizi dan nutrisi yang diterima oleh janin sudah cukup, memantau organ tubuh janin seperti detak jantung, ukuran kepala, diafragma, perkembangan otak, pertumbuhan ginjal, dan organ tubuh lainnya. USG 2D juga akan membantu memperkirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir).

Kapan Waktu yang Tepat Untuk USG 2D?

Mungkin ibu sudah memutuskan jika ingin melakukan USG 2D namun sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan USG 2D agar bisa mendapatkan hasil yang akurat? Umumnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kandungan setidaknya 4x selama masa kehamilan.

Pada saat trimester I, pemeriksaan dilakukan saat usia kandungan belum mencapai minggu ke-16. Pada trimester 2, pemeriksaan dilakukan pada saat usia kandungan menginjak usia pada minggu ke-24 hingga minggu ke-28. Pada trimester 3, pemeriksaan dilakukan lagi yaitu antara minggu ke-30 dan minggu ke-32 dan pemeriksaan terakhir dilakukan antara minggu ke-36 dan minggu ke-38.

Biaya USG 2D di Kehamilan Sehat bisa dibilang sangat terjangkau mulai dari Rp 165.000 untuk pasien baru.