Salah satu perangkat elektronik yang populer sepanjang masa dan kini banyak dimiliki oleh sejumlah kalangan, dari muda hingga tua, adalah telepon genggam (HP). Bahkan, kini merek-merek HP yang beredar di pasaran menyediakan fitur-fitur canggih yang membantu pengguna bertukar pesan, menjalankan bisnis dan lain-lain. Namun, hal yang menjadi masalah bagi masyarakat karena kelalaiannya sendiri adalah ketika harus kehilangan ponselnya yang tidak diketahui keberadaannya. Nah, hal inilah yang membuat orang akhirnya mencari solusi bagaimana cara melacak HP yang hilang dengan mudah dan cepat. Nah dibawah ini akan kami jelaskan lebih detail cara melacak hp dengan IMEI tanpa email.

Apa yang dimaksud dengan IMEI?

Sebelum membahas cara melacak HP dengan IMEI tanpa email, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu IMEI. Secara umum, IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang terdiri dari 15 – 16 digit untuk mengidentifikasi perangkat seluler iDEN dan 3GPP dan beberapa perangkat seluler satelit. Untuk melihat IMEI ini, pengguna HP bisa melihat langsung nomor yang tertera di bagian baterai, melakukan panggilan ke *#06# atau dengan melihat nomor IMEI di informasi sistem operasi. Dengan IMEI ini, pengguna dapat mengidentifikasi perangkat HP dan menghentikan akses koneksi jaringan dari ponsel yang dicuri pihak lain.

Bagaimana cara melacak HP dengan IMEI tanpa email?

Berbeda dengan cara menyadap wa tanpa brandcode, dalam melacak posisi/keberadaan ponsel yang hilang, umumnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya seperti penggunaan akun email, GPS, fitur pada perangkat HP dan lain-lain. Namun pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mudah dan cepat melacak HP dengan IMEI tanpa email. Nah, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pergi ke penegak hukum (polisi)

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah pergi ke kantor polisi untuk meminta operator seluler melacak keberadaan ponsel Anda yang hilang. Meski terbilang rumit, cara ini lebih aman karena data privasi di perangkat HP lebih aman.

Hubungi pusat panggilan operator HP

Setelah mendapatkan surat hilang dari pihak berwajib, kamu bisa melacak HP yang hilang dengan menghubungi call center operator HP atau mendatangi outlet penyedia jaringan. Setelah itu, beritahukan nomor IMEI ponsel dan nomor ponsel Anda ke operator seluler. Nantinya, operator seluler akan memberitahukan keberadaan ponsel Anda yang hilang.

Sebagai catatan, cara tracking ponsel dengan IMEI ini bisa Anda lakukan tanpa email asalkan ada koneksi jaringan internet, GPS dan ponsel aktif dengan SIM card di dalamnya.

By roket