26/10/2020

Blog Riview

Blog Riview

Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Sebagai orang tua tentu melihat anak yang terlalu kurus membuat orang tua menjadi sedih dan khawatir. Salah satu cara yang sering dilakukan orang tua yaitu dengan menambah porsi makan si kecil agar berat badannya menjadi ideal. Namun sebenarnya tips cara menaikkan berat badan anak bukan hanya dengan menambahkan porsi makan namun juga memperhatikan kandungan gizi menu makanan yang diberikan.

Makanan Untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Apabila porsi makan ditambahkan namun kandungan gizinya tidak mencukupi juga tidak akan memberikan dampak yang signifikan dan pertumbuhan juga menjadi terhambat. Maka dari itu ibu harus memperhatikan kandungan gizi makanan yang disajikan. Untuk membantu menaikkan berat badan anak, ibu bisa memberikan makanan sehat berikut ini :

  1. Butter

Konsumsi butter terlalu banyak memang tidak sehat namun konsumsi secukupnya dapat memberikan dampak baik bagi si kecil untuk memenuhi kebutuhan lemaknya.

  1. Selai kacang

Untuk menyiapkan bekal praktis bagi si kecil, ibu bisa mengoleskan selai kacang di atas roti. Bukan hanya enak, selai kacang juga kaya akan manfaat karena mengandung lemak tak jenuh dan protein yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak.

  1. Susu dan krim

Susu menjadi salah satu makanan yang penting bagi si kecil karena merupakan sumber kalsium, protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh si kecil. Sebaiknya anak mengonsumsi susu 2 gelas per hari. Ibu bisa menggunakan susu untuk membuat minuman lainnya seperti milkshake, smoothies, atau dicampur dengan sereal bergizi. Bisa juga menambahkan krim dan susu di atas salad.

  1. Telur

Terdapat 13 gram protein, vitamin A, dan B12 dalam 100 gram telur yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. Ibu bisa menambahkan telur ke dalam makanan sehari-hari si kecil dengan cara yang bervariasi sesuai dengan menu makanan favorit si kecil.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi anak-anak hingga orang dewasa karena dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Satu buah pisang mengandung 105 kalori. Pisang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi menu makanan lainnya seperti puding, milkshake, smoothies, atau ditambah dengan cokelat.

  1. Alpukat

Ibu juga bisa memberikan alpukat karena alpukat kaya akan kandungan lemak baik dan kalori untuk pertumbuhan anak. Alpukat juga menjadi salah satu sumber lemak baik dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

  1. Ayam

Dalam masa pertumbuhan, cara menaikkan berat badan anak yaitu dengan memberikan asupan protein yang cukup. Ibu dapat memberikan ayam yang kaya akan kandungan protein untuk mendorong pertumbuhan ideal si kecil. Ayam juga memiliki rasa yang lezat dan juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Untuk ide menu masakan bisa mengunjungi Sahabat Nestle www.sahabatnestle.co.id.