Jasa bangunan Jogjakarta

Apakah arah rumah menentukan kualitas hidup Anda? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Mungkin Anda sering mendengar pepatah bahwa sebelum membeli atau membangun rumah, sebaiknya Anda pertimbangkan dulu arah hadap bangunannya. Karena arah rumah akan sangat menentukan kenyamanan penghuninya. Oleh karena itu, dalam iklan jual beli rumah biasanya dicantumkan letak dan arah rumah sebagai spesifikasi bangunannya. 

Tentunya akan lebih mudah menentukan arah rumah jika anda membangun sendiri rumahnya dari awal dengan bantuan Jasa kontraktor bangunan Jogjakarta misalnya.

Jadi sebaiknya rumah yang bagus menghadap kemana?

Ini adalah salah satu contohnya. Umumnya rumah yang menghadap ke arah Barat akan cenderung panas dari sekitar jam 14.00 hingga matahari terbenam. Hal ini disebabkan oleh rentang waktu dimana matahari condong ke arah barat. Akibatnya panas dari sinar matahari cenderung masuk ke dalam rumah.

Tetapi sebetulnya rumah menghadap Barat pun tidak ada salahnya. Hanya saja untuk meminimalisir sinar matahari yang masuk rumah, sebaiknya Anda menanam pohon di bagian depan rumah. Daun-daun dari pohon yang rimbun akan dapat menahan sinar matahari. Karena itu menanam pohon akan membuat suasana rumah pun semakin sejuk.

Selain karena sinar matahari, interior rumah yang menghadap Barat pun dinilai kurang sehat. Oleh sebab itu kita disarankan untuk membuat pintu di bagian belakang rumah. Seperti yang kita ketahui bersama, sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan adanya pintu di bagian belakang rumah, maka kita dapat membuka pintu belakang setiap pagi untuk mendapatkan sinar matahari yang sehat.

Di sisi lain rumah yang menghadap timur akan mendapat sinar matahari langsung yang menyehatkan sebelum pukul 09.00. Hanya saja jika rumah Anda terletak di dataran rendah atau di wilayah perkotaan, rumah Anda akan terasa panas saat siang hari hingga menjelang sore. Jadi jika Anda memiliki rumah yang menghadap Timur, maka sebaiknya pasanglah kanopi di bagian teras, atau bisa juga memelihara tanaman penyejuk ruangan agar rumah terasa adem.

Sementara itu rumah yang menghadap arah Utara dinilai sebagai posisi yang bagus karena bagian teras akan mendapat banyak pasokan sinar matahari yang menyehatkan setiap pagi. Meskipun begitu, sebaiknya tetap tambahkan kanopi di bagian depan rumah agar sinar matahari tidak terlalu mengganggu kenyamanan penghuni rumah. 

Keuntungan lainnya adalah bagian belakang rumah akan menjadi sangat teduh. Sehingga akan menjadi sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Bangunan atau rumah yang menghadap Utara juga adalah bangunan yang paling banyak diminati, sebab arah utara dianggap sebagai arah yang bagus untuk posisi rumah terutama di wilayah tropis. Selain itu bagian depan rumah yang menghadap utara akan cenderung lebih adem dan sejuk di siang  hari. 

Penghuni rumah yang menghadap utara bisa bersantai tanpa khawatir akan kepanasan. Sisi kanan kiri dari rumah yang menghadap Selatan pun akan terkena banyak sinar matahari yang menyehatkan. Jadi Anda tetap dapat melakukan aktivitas olahraga setiap pagi atau sore di bagian samping rumah.

Sebetulnya panas sinar matahari sangat dibutuhkan untuk sebuah rumah, hanya saja tidak boleh berlebihan. Karena sinar matahari yang berlebihan tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan penghuninya. Tetapi sebaliknya, sinar matahari yang masuk rumah di siang hari akan bisa membantu menghemat daya listrik.

Perhatikan Pula Bentuk Bangunan dan Penataan Ruang Rumah Anda

Selain menentukan arah rumah, bentuk bangunan dan penataan ruangan di dalam rumah pun sangat perlu diperhatikan. Rumah yang berbentuk persegi panjang akan lebih berorientasi terhadap sinar matahari jika dibandingkan dengan rumah yang berbentuk bujur sangkar.

Jangan lupa perhatikan juga sudut jatuh cahaya, karena semakin tinggi posisi matahari maka akan semakin besar pula energi panas yang ditimbulkan di dalam rumah. Oleh karena itu, sisi bagian rumah yang sempit perlu Anda arahkan ke posisi matahari yang rendah. 

Hal lain yang perlu dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal adalah mengatur pencahayaan yang masuk ke dalam rumah sejak awal. Salah satu caranya adalah dengan mengatur tata letak jendela, dan akan lebih baik jika Anda memasang jendela di setiap sisi rumah.

Selain itu menyiasati tata letak bangunan rumah yang kurang tepat pun bisa dilakukan dengan menata ruangan secara tepat. Hindarilah membangun kamar yang menghadap Barat, karena sinar matahari di sore hari akan lebih banyak masuk, sehingga ruangan akan menjadi lebih panas. 

Sekali lagi semua arah hadap bangunan sebenarnya baik. Tetapi ada banyak cara untuk menyiasati agar rumah Anda tetap nyaman untuk ditinggali. Semuanya kembali pada pemilik rumah yang menentukan pilihan mau kemana posisi rumah Anda menghadap.