Cara menerbitkan buku  sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan  naskah dan meniatkan diri untuk menyimpannya dalam sebuah buku. Entah itu untuk koleksi sendiri atau untuk di publikasikan agar mendapat penghasilan.

Ada tiga cara menerbitkan buku yang akan saya bahas dalam kesempatan kali ini. Simak terus, ya!

3 Cara menerbitkan buku

1.      Self publishing

Cara menerbitkan buku yang pertama adalah dengan cara self publishing Jadi kita menerbitkan sendiri contoh dari modal, editing, membawa ke percetakan, sehingga menjadi buku itu di lakukan sendiri. Karena yang melakukan semuanya kamu maka penghasilannyapun hanya untuk kamu. Tapi gak enaknya di self publishing ini kamu tidak punya marketing, distributornya tidak ada. Kita mendistributorkan sendiri jadi hanya bisa dipasarkan di pasar kita sendiri tidak bisa masuk gramedia. Self publishing akan menguntungkan jika kamu punya pollowers banyak, kamu sudah punya pasar, pembaca kamu sudah banyak, pernah menerbitkan buku best seller maka self publishing ini akan sangat menguntungkan buat kamu.

2.      Penerbit indie

Cara menerbitkan buku kedua Di penerbit indie ada dua macam yang pertama kita hanya perlu naskah lalu akan di beri modal, dieditin, di lay outin, hingga di bikinkan cover sampai di cetak. Namun penerbit indie sama tidak bisa masuk gramedia ataupun buku-buku yang sering kita temui di mol atau dijalanan. Bukunya hanya bisa di pasarkan secara daring, di instagram penerbit dan sosial media lainnya. Dan kedua ada penerbit indie yang modalnya dari kita tapi hasilnya di bagi dua dengan penerbit.

3.      Penerbit mayor

Penerbit mayor adalah penerbit besar yang menjadi perusahan resmi dan buku-bukunya terpampang nyata di gramedia dan toko buku lainnya. Nah, untuk menerbitkan di penerbit mayor kamu tidak perlu biaya apapun. Tidak perlu ngedit, lay out, cover, nyetak dan mendistribusikan semua di tanggung penerbit. Tapi di penerbit mayor kita terikat kontrak, selama kontrak kita masih berlaku kamu tidak bisa memberikan naskah ke penerbit lain dan gak enaknya di penerbit mayor kamu hanya mendapatkan royalti 10 % saja dan menanggung pajak.

Nah, itu dia beberapa cara menerbitkan buku yang bisa kamu pilih sebagai reperensi. Agar buku kamu dapat di terbitkan sesuai dengan keinginanmu tentunya. Baca informasi lengkapnya di blog kang Mustakim yuk.