Bakat sebagai kondisi atau kemampuan yang dimiliki seseorang yang memungkinkan dengan suatu latihan khusus dapat memperoleh suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus. Bakat merupakan kapasitas pada diri seseorang dalam melakukan tugasnya dan melakukan dengan pengaruh dan latihan yang dijalaninya.

Begitu pentingnya keberadaan bakat bagi seseorang. Bakat bagi seseorang ibarat emas yang tinggal disepuh akan mengkilat. Bakat dibawa sejak lahir, dan akan berkembang dengan adanya stimulus-stimulus yang mendukung.  Berikut kami akan menjelaskan cara mengindentifikasi bakat secara lebih muda.

Cara Mengidentifikasi Bakat

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki bakat tertentu dapat dilihat dari ciri-ciri berikut ini:

1. Anak memiliki ketertarikan yang kuat pada suatu bidang atau pekerjaan tertentu.

2. Memiliki keinginan yang sangat kuat untuk mencoba melakukan aktivitas tersebut.

3. Apabila berada dalam kegiatan tersebut mereka merasa menikmatinya, dan cepat menguasai ketrampilan tersebut dibandingkan dengan temannya yang lain

4. Jika individu melakukan kegiatan tersebut diperoleh hasil kualitas yang memuaskan dari penampilannya.

Selain ciri-ciri tersebut di atas untuk mengetahui bakat seseorang dapat dilakukan melalui tes bakat. Woodworth dan Marquis menyatakan “aptitude is predictable achievement and can be measured by specially devised test”.

Pada umumnya tes bakat dapat menggambarkn kekuatan dan kelemahan orang yang dites. Tes bakat tertulis yang terkenal adalah tes bakat differensial. Menurut Mudjiran dkk (2007) menjelaskan ada delapan sub tes tersebut yaitu:

1. Tes bakat verbal

Tes bakat verbal ialah tes yang digunakan untuk mengungkap atau mengukur bakat seseorang dalam bebahasa. Seberapa baik seseorang dapat mengerti ide-ide dan konsep-konsep yang dinyatakan dalam bentuk kata kata. Seberapa mudah seseorang dapat berpikir dan dapat memecahkan masalah masalah yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata.

2. Tes bakat numerikal

Tes bakat numerikal ialah tes yang digunakan untuk mengungkapkan atau mengukur bakat seseorang dalam berpikir dengan angka-angka. Seberapa baik seseorang mengerti ide-ide dan konsep-konsep yang dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Seberepa mudah seseorang dapat berpikir dan memecahkan masalah dengan angkaangka.

3. Tes bakat skolastik

Tes bakat skolastik ialah tes yang digunakan untuk mengungkap atau mengukur bakat seseorang dalam mata pelajaran persiapan akademis dan sejenisnya. Seberapa baik seseorang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas skolastik, matapelajaran persiapan akademik dan yang sejenisnya.

4. Tes bakat berpikir abstrak

Tes bakat berpikir abstrak ialah tes yang dipergunakan untuk mengungkap atau mengukur bakat seseorang dalam memecahkan masalah meskipun tanpa petunjuk yang berupa kata-kata maupun angka-angka. Seberapa baik mudah seseorang mengerti ide-ide dan konsep-konsep yang tidak dinyatakan dalam kata-kata atau angka-angka yang dapat memberi petunjuk pemecahannya.

5. Tes bakat klerikal

Tes bakat klerikal ialah tes yang dipergunakan untuk mengungkap atau mengukjur bakat seseorang dalam memecahkan hal-hal yang berkaitan tugas-tugas ketatausahaan. Seberapa cepat dan teliti seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugas tulis menulis, pekerjaan pembukuan yang sangat berkaitan dengan pekerjaan kantor, perusahaan, dagang, pencatatan dan sebagainya.

6. Tes bakat mekanik

Tes bakat mekanik ialah tes yang dipergunakan untuk mengungkap atau mengukur bakat seseorang dalam hal yang berkaitan dengan permesinan. Seberapa cepat dan teliti seseorang dapat memahami prinsip-prinsip umum dan pengetahuan alamiah sebagaimana kita lihat dalam kehidupan kita. Seberapa baik seseorang mengerti bekerja atau hukum-hukum yang berlaku dalam pekakas sederhana, mesin dan peralatan lainnya.

7. Bakat relasi ruang

Bakat relasi ruang ialah tes yang dipergunakan untuk mengungkap atau mengukur bakat seseorang dalam membentuk gambaran mental dari objek dimensi. Seberapa baik seseorang dapat memvisualisasikan, mengamati, membentuk gambaran mental dengan jalan melihat pada objek dua dimensi dan berpikir tiga dimensi.

8. Tes kemampuan berbahasa

Tes kemampuan berbahasa ialah tes yang dipergunakan untuk mengungkapkan atau mengukur bakat seseorang dalam berbahasa, menggunakan kalimat dan susunan tata bahasa secara benar. Seberapa baik dia dapat memahami penggunaan kata, tanda baca, huruf kapital dan susunan kalimat berbahasa.

Layanan Identifikasi minat dan bakat online yang saat ini terpercaya adalah NS Development. Layanan NS Development akan membantu anda menelusuri minat dan bakat anda. Sesi layanan, baik psikotes online maupun konseling dilakukan secara online, sehingga memudahkan anda mengakses layanan yang tersedia.

Ingin mengidentifikasi minat dan bakat anda? Silahkan langsung registrasi minat bakat anda secara online di NS Development ( https://nsd.co.id/tes-minat-bakat ).