Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja Bagi Perserta Lolos Gelombang 18 Secara Online

Apakah Anda memenuhi kriteria peserta Program Kartu Prakerja? Jika iya, langsung daftarkan diri di Program Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 18. Anda bisa mendaftarnya secara online dengan mengunjungi situs resmi Prakerja.go.id atau dengan mendaftar melalui partner kelas pelatihan seperti Pakar, Pintaria, Pijar Mahir, dan lain-lain.

Segera mendaftar sebelum bulan Agustus berakhir dan agar bisa masuk dalam daftar 2,8 juta peserta Program Prakerja gelombang 18.

Setelah lolos atau diterima sebagai peserta Program Prakerja, lalu bagaimanakah cara untuk bisa mengikuti pelatihan tersebut? Silahkan simak cara mengikuti pelatihan Prakerja bersama Pakar berikut ini:

1. Kunjungi Langsung Website Resmi Pakar

Ketika sudah lolos pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18, selanjutnya Anda harus mencari tempat untuk melakukan pelatihan Program Prakerja. Anda diberi kebebasan untuk menentukan sendiri tempat pelatihannya agar bisa memilih tempat yang terdekat dengan Anda atau tempat yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pada masa  pandemi, semua kelas kursus online memiliki bermacam-macam metode pembelajaran. Pemerintah sendiri bekerjasama dengan banyak pihak yang membuka kelas Prakerja tersebut. Salah satu kelas yang bisa Anda ikuti yaitu Pakar.

Cukup dengan mengunjungi website resmi Pakar yaitu pakar.go.id, kemudian pada halaman utama Anda bisa klik Redeem, klik mendaftar, atau pilih partner Pakar yang ada dihalaman utama seperti Tokopedia, Pintaria, Bukalapak, Pijar Mahir, dan Maubelajarapa.

2. Cara Daftar Mengikuti Pelatihan di Maubelajarapa

Tidak perlu ribet, cara beli pelatihan di Maubelajarapa juga sama mudahnya dengan cara mendaftar di Pakar. Berikut langkah-langkah mengikuti pelatihan Prakerja bersama Maubelajarapa:

  1. Pertama, kunjungi dahulu situs resmi https://prakerja.go.id/
  2. Kemudian pilih platform Maubelajarapa sebagai tempat pelatihan
  3. Tapi jika belum mempunyai akun di Maubelajarapa, Anda bisa segera membuatnya
  4. Setelah itu pada halaman utama website Maubelajarapa pilihlah menu “Prakerja”
  5. Lalu pilih tipe-tipe pelatihan sesuai keinginan Anda
  6. Kemudian klik “Pelatihan”, lalu klik “Daftar Pelatihan”
  7. Pada kolom isian, masukkan Nomor Kartu Prakerja dan masukkan kode OTP yang dikirm ke ponsel Anda, atau yang lebih tepatnya, klik saja link di bawah ini:

3. Cara Mengikuti Pelatihan di Pijar Mahir

Platform Pijar Mahir sudah merancang website-nya agar mudah digunakan oleh siapapun. Jadi bagi kalian yanng ingin beli pelatihan di Pijar Mahir, bisa mengikuti step by step-nya dengan mudah.

Setelah Anda memiliki kartu Prakerja dan sudah daftar akun di Pijar Mahir, Anda tinggal memilih bidang mana yang sesuai dengan keinginan.

Lalu setelah itu, bagaimanakah cara untuk mendaftar dan mengikuti kelas tersebut? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah mempunyai akun Pijar Mahir, pada halaman utama Anda bisalamgsung menuju kolom pencarian yang berada di atas
  2. Lalu ketiikan kelas yang diinginkan, misal kelas “Fotografi”
  3. Kemudian setelah muncul kelasnya, klik kelas tersebut dan baca dengan teliti syarat dan ketentuannya
  4. Jika muncul pilihan waktu pelatihan, pilihah tanggal dan jam yang Anda yakin Anda bisa mengikuti
  5. Kemudian klik pada tombol dibawah harga dan lakukan pembayaran sesuai arahan

4. Cara Mengikuti Pelatihan di Pintaria

Cara mengikuti kelas di Pintaria juga tidak berbeda dari cara beli pelatihan di Pijarmahir. Caranya sangat mudah yaitu:

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun dan sudah registrasi di kelas pilihan Anda
  • Login di website Pintaria dengan akun Anda
  • Kemudian untuk mengiktui kelas bisa sesuai dengan metode pembelajaran, misal kelas webinar, Anda bisa mengikutinya dengan masuk ke zom meeting sesuai undangan

Cara mengikuti pelatihan Prakerja setiap platform sebenarnya tidak jauh berbeda. Ketika login untuk kelas yang mau diambil, ikuti saja langkah dari website tersebut.