29/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

Cara mengoptimasi website agar masuk halaman satu Google

optimasi website

Cara optimasi website untuk Google

Pemasaran dan pengoptimalan konten telah berkembang pesat sejak hari-hari awal pencarian.

Trik sederhana seperti penjejalan kata kunci telah gagal karena Google menjadi lebih tercerahkan dalam kemampuannya untuk memahami konten.

Berikut adalah empat cara terbaik untuk mengoptimalkan situs Anda agar mendapat peringkat di Google pada tahun 2020.

Pemasar perlu membuat keputusan yang lebih cerdas tentang konten mereka.

Mari kita lihat empat area di mana pengoptimalan dapat memainkan peran penting di tahun 2019 dan seterusnya.

  1. Pengoptimalan Konten

Mengoptimalkan konten halaman mengacu pada apa pun yang meningkatkan kualitas konten pada halaman. Perubahan ini memudahkan audiens dan mesin telusur untuk memahami tentang apa halaman tersebut.

Tangani maksud pengguna dengan benar.

Google terus menyempurnakan kemampuannya untuk mencocokkan maksud pengguna dengan konten yang relevan. Ini bukan lagi pertanyaan tentang memiliki konten terbaik, melainkan memiliki konten terbaik yang sesuai dengan maksud di balik istilah pencarian.

Analisis SERP, fitur-fiturnya, dan iklan PPC dengan hati-hati untuk mendapatkan petunjuk tentang maksud yang paling mungkin.

Jawab dengan cermat pertanyaan yang terkait dengan istilah penelusuran.

Orang-orang menelusuri Google untuk menemukan jawaban atas pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak selalu terbukti dalam kata kunci yang digunakan orang.

Namun Anda dapat menemukannya di bagian “Orang juga bertanya” (PAA) di hasil penelusuran.

Ini adalah daftar pertanyaan umum yang telah dipetakan Google ke istilah pencarian tertentu.

Mengklik salah satu pertanyaan ini dapat menyebabkan pertanyaan tambahan untuk disertakan dalam artikel Anda. Google telah melakukan semua pekerjaan yang dapat Anda manfaatkan.

Tautan internal yang tepat dengan teks tautan yang sesuai.

Tautan internal memberikan peluang ideal untuk membuat kelompok konten yang berfokus pada topik tertentu. Sangat jarang sebuah situs dapat memiliki peringkat yang baik hanya dengan satu posting tentang suatu topik.

Hal yang sama tidak biasa untuk topik yang terlalu dangkal sehingga satu halaman dapat menangani semua kemungkinan maksud. Gunakan tautan internal untuk membuat cluster konten yang menangani maksud ini.

Google merayapi laman ini dan membentuk asosiasi di antara mereka, berdasarkan tautan, teks tautan, dan teks yang mengelilingi tautan. Pastikan teks tautan untuk tautan ini menyertakan kata kunci deskriptif dan sangat relevan. Hindari menggunakan istilah seperti “klik di sini”.

Halaman yatim piatu, yang tidak memiliki tautan internal yang mengarah ke sana, sulit ditemukan oleh pengguna dan mesin pencari.

Meskipun mereka dapat diindeks, seperti dari peta situs, kurangnya tautan internal akan memengaruhi potensi peringkatnya. Gunakan alat seperti Screaming Frog SEO Spider untuk menemukan halaman ini di situs Anda.

Tautan eksternal yang tepat.

Hindari menautkan ke pesaing SERP Anda dari kata kunci yang ditargetkan. Tautan itu seperti pemungutan suara. Saat Anda menautkan ke kompetisi, Anda memberi tahu Google bahwa halaman mereka lebih baik daripada halaman Anda. Jangan membantu pesaing Anda, terlepas dari posisi mereka di SERP.

Hindari menautkan ke pesaing SERP untuk kata kunci yang terkait erat secara semantik.

Ada banyak sekali sumber backlink otoritas yang berkualitas, anda tinggal ketikan di Google dengan keyword “Jasa Backlink PBN Murah“, maka akan menemukannya dengan sangat mudah.

Halaman yang ditulis dengan baik dapat memberi peringkat untuk sejumlah topik yang terkait secara semantik. Membantu kompetisi berakhir dengan merugikan diri sendiri.

Pastikan artikel Anda memberikan liputan topik yang komprehensif.

Buat model topik dari subjek yang ingin Anda liput. Evaluasi persaingan terhadap model ini untuk mengungkap celah konten yang dapat Anda manfaatkan. Terapkan ini pada halaman Anda juga, untuk memastikan konten Anda adalah yang terbaik di web.

Membuat model secara manual untuk setiap topik sangat memakan waktu. Sebuah analisis isi SEO alat seperti MarketMuse menggunakan AI untuk mempercepat proses. Contoh di atas ini berasal dari MarketMuse, yang cenderung sering saya gunakan saat melakukan pengoptimalan konten.

  1. Optimasi Teknis

Pengoptimalan teknis biasanya mengacu pada apa pun yang membantu memastikan situs web dirayapi dan diindeks dengan benar oleh mesin telusur. Namun, ini juga dapat berlaku untuk aktivitas teknis apa pun yang meningkatkan kemampuan situs untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Pastikan robots.txt mengizinkan perayapan .

Mesin telusur hanya dapat mengindeks halaman yang mereka ketahui, jadi jika mereka tidak dapat meng-crawl halaman, kemungkinan tidak akan diindeks. Demikian juga, mereka dapat memberi peringkat halaman yang tidak ada dalam indeks mereka.

Coba lihat panduan cara riset keyword ini: http://www.seoplatinum.id/riset-keyword/

Sertakan URL di peta situs.

Peta situs adalah file yang memberikan informasi tentang laman di situs Anda dan membantu mesin telusur merayapinya dengan lebih cerdas. Menambahkan URL ke peta situs Anda memberikan penemuan yang lebih cepat.

Hindari arsitektur situs yang dalam.

Batasi jumlah klik yang diperlukan untuk setiap halaman hingga maksimal empat. Halaman yang terkubur lebih dalam dari ini sulit dijangkau, baik untuk mesin pencari maupun orang-orang. Akibatnya, laman ini mendapatkan sedikit lalu lintas dan lebih cenderung tidak diindeks. Screaming Frog Spider dapat membantu menemukan halaman-halaman ini.

Baca juga disini : Teknik Inbound Marketing untuk pemula

Percepat halaman web Anda.

Kecepatan halaman adalah faktor peringkat untuk penelusuran seluler yang berlaku dalam situasi tertentu. Namun, diterima secara universal bahwa pengunjung akan segera meninggalkan situs yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, termasuk:

  • Mengompresi gambar
  • Menggunakan hosting khusus yang andal
  • Menggunakan jaringan pengiriman konten (CDN)
  • Mengoptimalkan kode CSS dan pengirimannya
  • Meminimalkan Javascript, CSS, dan HTML
  • Menghindari nomor layanan eksternal dan plugin CMS berkode buruk

Ini hanyalah beberapa area umum di mana keuntungan biasanya ditemukan saat ingin mempercepat situs web. Karena setiap situs itu unik, pertimbangkan alat pengujian kecepatan halaman seperti Google Pagespeed Insights atau GTMetrix . Program ini mengevaluasi URL individual dan menawarkan saran khusus tentang cara meningkatkan kecepatan halaman.

  1. Optimasi Pengalaman Pengguna (UX)

Pengoptimalan UX menangani perubahan apa pun yang akan meningkatkan pengalaman mengonsumsi konten. Kecepatan halaman dapat dianggap sebagai elemen UX karena halaman yang dimuat lambat mengurangi pengalaman keseluruhan. Namun, karena kita telah membahasnya, mari kita lihat beberapa yang lain.

Memenuhi Panduan Aksesibilitas Konten Web (WCAG)

Merupakan praktik yang baik untuk memastikan konten situs Anda memenuhi pedoman WCAG . Panduan ini dibuat untuk membantu pengembang web memastikan konten mereka lebih dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Beberapa cara ini termasuk mengisi tag “teks alt gambar” untuk mendeskripsikan gambar menggunakan teks bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Gunakan tajuk untuk mengatur informasi.

Header dan subheader tidak hanya bagus untuk mengatur konten, tetapi juga memudahkan pembaca untuk memindai. Plus, mereka memberi mesin pencari pemahaman yang lebih baik tentang konten halaman.

Halaman harus responsif perangkat.

Pada tahun 2018, lebih dari 52% lalu lintas web berasal dari perangkat seluler. Situs Anda perlu beradaptasi dengan batasan banyak perangkat yang berbeda dan memformatnya sendiri yang sesuai.