16/06/2021

Blog Riview

Blog Riview

Cara Optimasi SEO Page One di Platform Blogspot

cara optimasi seo

Mau kamu memakai wordpress maupun blogspot, kamu tetap saja harus mengetahui cara optimasi seo page one. Cuma memang dibandingkan wordpress, optimasi seo di blogspot sedikit lebih sulit dilakukan. Mengingat sebagaimana kita ketahui bersama, platform tersebut tidak menyediakan plugin yang membantu pengguna dalam membangun sekaligus memperkokoh seo suatu situs.

Meski sulit, bukan berarti semua situs seo dibangun di blogspot tidak mampu dioptimasi kok. Faktanya, ada banyak orang yang justru berhasil membuat situs mereka tembus ke peringkat pertama.

Bahkan ada juga salah satu suhu jasa SEO (panggilan istimewa ke seseorang yang ahli dalam dunia blogging), berhasil memperoleh penghasilan hingga puluhan juta per bulannya hanya melalui platform buatan google ini.

Cara Optimasi SEO Page One di Blogspot

Lantas bagaimana cara optimasi seo page one hanya dengan blogspot tanpa harus gunakan jasa pakar SEO. Langsung saja, berikut ini adalah daftarnya:

Cara Optimasi SEO: Perhatikan Template Blog

Di wordpress, hosting memiliki peranan penting dalam menentukan cepat atau tidaknya suatu website dimuat. Semakin tinggi kapasitas hosting suatu website, maka kemampuan untuk menampung pengunjung dalam jumlah teramat besar semakin baik. Juga pemilik blog pun leluasa dalam menambahkan konten yang mereka fikir penting dimasukan sebagai materi artikel.

Sementara itu untuk di blogspot sendiri, karena permasalahan hosting telah dipegang oleh sistem. Hal penentu cepat atau lambatnya situs memuat data sangat bergantung kepada seberapa baiknya kualitas tampilan muka website.

Alhasil sebelum kamu memulai bangun blog, kemudian ingin artikelmu ‘duduk’ di daftar paling atas. Pastikan kamu memilih template yang responsif. Tidak lupa, pilih juga template yang cantik nan menarik agar mampu mengundang pengunjung.

Cara Optimasi SEO: Penyebaran Kata Kunci Merata

Penyebaran kata kunci merupakan aspek paling penting untuk meningkatkan seo website blogger. Kurang atau lebihnya kata kunci yang kamu sematkan di artikel secara langsung mempengaruhi rating blog di mata mesin pencari.

Menurut informasi dari LSI Keyword, jumlah kata kunci yang kamu sebut pada setiap artikel usahakan 1 – 2% dari total kata. Maksudnya ialah semisal kamu menulis artikel sepanjang 1000 kata, berdasarkan saran di atas, kata kunci harus disebutkan sebanyak 10 kali.

Jangan lupa, di 100 kata pertama, sematkanlah kata kunci sebanyak mungkin. Kalau bisa sampai 5 kali, tidak boleh lebih !. Khawatirnya mesin pencari menganggap kamu pakai cara licik, sehingga ujungnya mereka pun melemparkan situsmu dari sistem.

Cara Optimasi SEO: Hilangkan Nama Blog dari Judul Artikel

Coba buka blog-mu saja yang memang dibangun lewat platform blogspot. Kemudian tolong cek bagian atasnya, apakah nama blog ikut masuk ke dalam judul artikel ?.

Jika iya, sudah seharusnya kamu menghilangkannya !. Itu sangat berbahaya sekali terhadap struktur seo kamu, karena dapat membuat rating situs menurun drastis. Juga menyulitkan algoritma mendata website.

Adapun cara menghilangkannya sendiri, pertama – tama. Buka Blogger à Edit HTML à Scroll ke bawah sampai menemukan kode      title><data:blog.pagetitle/></title. Kode tersebut harus kamu ubah menjadi :

<b:if cond= ‘data.blog.title.pageType == &quot;index&quot;’>

<title><data:blog.title/></title>

<b:else/>

<title><data:blog.pageName/></>

</b:if>

Format Bagian Comment

Terkadang komen yang dituliskan pengguna lain tidak relavan dengan isi. Sehingga hal ini merubuhkan posisi peringkatmu di mata google, sekaligus meluluh lantahkan semua teknik seo yang sudah coba kamu bangun sejak lama.

Kalau misalnya kamu ingin mempertahankan posisi ranking website juga meningkatkan trafik situs. Kamu harus mengaplikasikan filtrasi pada bagian komentar. Juga dorong juga semua pembaca untuk melakukan diskusi.

Pasang Label di Tiap Artikel

Label diklasifikasikan sebagai salah satu kata kunci di blogger. Label ini harus merupakan bidang atau pemahaman utama dari suatu artikel. Misalnya teknologi, budaya, pariwisata, dan lain sebagainya.

Pada platform blogger, label ini cukup penting peranannya. Mereka mampu memengaruhi widget Related Post yang biasanya muncul pada bawah artikel. Lain dari pada itu, label ini juga membantu mesin pencari dalam hal mendata situsmu.

Non Follow Tautan Eksternal

Algoritma baru google saat ini memiliki sistem yang secara otomatis menautkan tautan eksternal situs ke tubuh artikel. Terkadang situs yang ditautkan olehnya bukanlah situs kredibel dan sesuai dengan materi konten.

Tidak ingin pembaca mu pindah ke situs yang tidak kredibel kan? Sebagai pemilik blog, kamu wajib menautkan link eksternal secara manual. Langkah – langkahnya sendiri ialah pertama Buka Blogspot. Pergi juga ke bagian Post dan buka salah satu postingan. Pilih kata – kata yang hendak ditempelkan link. Lalu tekan OK.

Domain TLD

Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini Google Adsense enggan menyetujui permohonan publikasi iklan dari situs – situs berdomain bawaan, misalnya .blogspot.com. Untuk wordpress sendiri, domain bawaan berupa .news.blog atau wordpress.com.

Mereka lebih sering menerima permohonan dari blog berdomain TLD. Dengan domain bertipe tersebut, sistem memang lebih mudah dalam mendata. Berbicara mengenai kredibilitasnya, mesin pencari menganggap situs berdomain TLD jauh terpercaya.

Meta Tag Lengkap

Bagi kamu yang belum mengenal apa itu Meta Tag. Secara singkat berdasarkan informasi dari berbagai situs. Meta tag adalah tag yang dihasilkan dari tag HTML serta digunakan mesin pencari untuk mengidentifikasi judul, deskripsi, dan detail lain dari URL.

Memang jika dilihat dari teknisnya, meta tag ini tidak berdampak terhadap pada penelusuran, seperti sebelumnya. Namun akan sedikit memengaruhi kata kunci yang kamu targetkan. Alhasil maka aturlah hal ini, mengingat kata kunci itu salah satu komponen dasar dalam membangun fondasi search engine optimization.

Sederhanakan Permalink

Permalink singkatnya adalah alamat dari suatu postingan. Di blogger sendiri, format tautan umumnya terdiri atas nama blog, tanggal publikasi, kategori, dan judul artikel.

Jika kita lihat memakai kacamata kita sebagai pembaca, hal tersebut wajar saja. Malah cenderung bagus lantaran informasi tentang kapan artikel itu dipublikasikan tersedia. Namun dari sudut pandang google sendiri, permalink begitu panjang tidak baik dan cukup besar pengaruhnya terhadap seo suatu situs.

Maka atas dasar tersebut, sebagai pemilik blog. Usahakan kamu menyederhanakan permalink setiap postingan dengan cara :

  1. Buka Blogger
  2. Pergi ke bagian Post dan pilih postingan yang akan kamu perbaiki permalink-nya.
  3. Setelah itu, buka tab bagian kanan.
  4. Ada beragam menu di sana, buka menu Permalink
  5. Sama halnya langkah tadi, bagian ini juga muncul 2 pilihan. Pilih costum permalink.
  6. Terakhir ketikan apa bunyi link dari suatu artikel.

 Perbaiki Format Artikel

Blogger ternyata jauh menyukai artikel berformat rapih. Standarisasi rapih dalam kalimat ini yaitu jenis font yang dipakai sederhana, ukurannya pas dengan mata pengguna, dan ditulis menggunakan struktur bahasa baik.

Kemudian sekiranya artikelmu berformat listicle, seperti yang marak digunakan oleh berbagai situs. Pastikan kamu menggunakan heading dan sub heading jelas, karena ditakutkan membuat pembaca merasa kebingungan, materi artikel pun pada akhirnya tidak tersampaikan sangat baik.