Channel pemasaran terbaik untuk bisnis dan usaha anda

Tujuan dari setiap bisnis atau startup adalah untuk menghasilkan pendapatan dan menghasilkan keuntungan. Untuk mencapai tujuan ini, banyak investasi dilakukan untuk mendorong produk atau layanan ke pelanggan sasaran. Bergantung pada tujuan bisnis dan jenis produk/layanan Anda, Anda perlu menginvestasikan sumber daya ini ke saluran pemasaran yang berbeda. Pertanyaannya sekarang adalah – bagaimana Anda mengetahui saluran pemasaran terbaik untuk bisnis Anda?

Jika Anda menghabiskan satu juta dolar untuk saluran periklanan atau pemasaran Anda, Anda pasti ingin mendapatkan laba atas investasi (ROI) positif atas upaya Anda.

Untuk era internet ini, sebaiknya kita memanfaatkan channel digital marketing dengan baik, karena banyak sekali keuntungannya. Seperti yang disebutkan di sales letter LitleProject.com, pasar yang sangat luas.

Untuk mencapai ROI positif ini, Anda perlu berinvestasi pada saluran pemasaran terbaik untuk bisnis Anda. Pada artikel ini, saya telah menyusun daftar saluran pemasaran terbaik untuk bisnis Anda di tahun 2021.

Artikel ini akan menjadi panduan tentang bagaimana membuat keputusan pemasaran yang tepat dan juga mengurangi kerugian.

Apa Itu Saluran Pemasaran?

Saluran pemasaran dapat didefinisikan sebagai jalan/media yang digunakan bisnis untuk memenuhi target pelanggan mereka. Sebagian besar saluran ini independen satu sama lain tetapi juga berjalan beriringan untuk memastikan bahwa produk mencapai pelanggan akhir.

Jika dengan pemasaran digital terutama menggunakan SEO, ranking website akan mempengaruhi jumlah kunjungan yang datang ke website kita.

Saluran pemasaran dapat terjadi di salah satu dari empat tahap ini.

  • Produsen ke konsumen
  • Produsen ke pengecer ke konsumen
  • Produsen ke grosir ke pengecer ke konsumen
  • Produsen ke agen ke grosir ke pengecer ke konsumen

Sebelum Anda mulai mempromosikan bisnis Anda melalui saluran pemasaran ini, penting bagi Anda untuk memiliki rencana. Lihat panduan mendalam dari Moosend ini tentang membuat rencana pemasaran .

Apa Empat Jenis Saluran Pemasaran?

Ada empat jenis utama saluran pemasaran. Mereka termasuk:

  • Penjualan langsung;
  • Menjual melalui perantara;
  • Distribusi ganda; dan
  • Saluran terbalik.

Berikut adalah sedikit informasi tentang masing-masing:

Penjualan langsung

Penjualan langsung adalah pemasaran dan penjualan produk langsung ke konsumen jauh dari lokasi ritel tetap. Menjajakan juga merupakan bentuk penjualan langsung tertua.

Penjualan langsung berbeda dengan pemasaran langsung. Dalam penjualan langsung, agen penjualan menjangkau dan berhubungan langsung dengan klien. Sementara pemasaran langsung melibatkan organisasi yang mencari hubungan dengan pelanggan tanpa bantuan agen atau outlet ritel.

Menjual melalui perantara

Ini adalah saluran pemasaran di mana bisnis menggunakan perantara seperti grosir dan pengecer untuk membuat produk tersedia bagi pelanggan. Rantai biasanya produsen/produsen -> agen -> grosir -> pengecer -> konsumen.

Distribusi ganda

Dalam strategi pemasaran ini, bisnis menggunakan lebih dari satu saluran untuk menjangkau pelanggan secara bersamaan. Mereka mungkin memutuskan untuk menjual ke pelanggan secara langsung, menggunakan perantara, atau menjual ke perusahaan lain untuk dijual kembali.

Contoh yang baik adalah di mana pemilik waralaba melisensikan unit operasinya kepada penerima waralaba sekaligus mengoperasikan beberapa unit itu sendiri.

Saluran terbalik

Berbeda dengan tiga saluran pertama yang bergerak dari produsen ke konsumen, saluran sebaliknya bergerak ke arah yang berlawanan – dari konsumen, perantara, hingga menguntungkan. Contoh yang baik dari saluran pemasaran terbalik adalah menghasilkan uang dari penjualan kembali suatu produk atau daur ulang.

Perbedaan lain antara saluran terbalik dan saluran pemasaran tradisional lainnya adalah pengenalan penerima manfaat. Dalam aliran sebaliknya, tidak ada produsen. Anda hanya mendapatkan pengguna atau penerima.