Bacaan Doa Pengantin Baru yang Menikah Islam | Popmama.com

Pernikahan bisa diartikan sebagai janji suci yang mengikat seorang laki-laki dan perempuan secara lahir dan batin sebagai suami istri. Adapun tujuan dari pernikahan adalah ingin membentuk sebuah keluarga bahagia dan harmonis hingga maut memisahkan.

Jika anda diundang dalam sebuah pernikahan, maka wajib hukumnya seseorang memenuhi undangan tersebut. Pasalnya, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datanglah.” (HR. Bukhari no. 5173).

Bahkan, orang yang sedang berpuasa pun tetap wajib menghadiri undangan tersebut. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bila salah seorang diantara kalian diundang menghadiri jamuan makan, hendaklah ia memenuhi undangan tersebut. Jika ia tidak sedang berpuasa maka hendaklah ia ikut makan. Dan jika ia sedang berpuasa hendaknya ia mendoakan.” (HR. Muslim no. 1431).

Doa Untuk Pengantin

  1. Doa untuk orang yang mengundang ke pernikahan

Setiap orang muslim dianjurkan untuk mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

Allahummaghfirlahum warhamhum wa baaraka lahumma fiihaa razaqtahum.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad IV/187-188).

Atau bisa juga bisa mengucapkan doa:

Allahumma ath’im man ath’amanii wasqi man saqaa-nii.

Artinya: “Ya Allah, berilah makanan orang yang memberi aku makan dan berilah minum orang yang memberi aku minum.” HR. Muslim, No. 2055).

 

  1. Doa diberi keturunan yang sholeh

Memiliki keturunan adalah salah satu tujuan dari suatu pernikahan. Maka dari, itu, pasangan suami istri hendaknya selalu memohon doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diberi keturunan yang sholeh dan sholehah.

Doa meminta keturunan yang sholeh ini termaktub dalam Al Quran surat As Shafat ayat 100 yang berbunyi:

Robbi hablii minash-shoolihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerakanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang sholeh.”

 

  1. Doa Untuk Pengantin Baru

Ketika menghadiri undangan pernikahan anda bisa membaca doa untuk pengantin. Adapun doa pengantin baru yang bisa diucapkan adalah sebagai berikut:

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Ketika bersalaman dengan pengantin, anda juga bisa membaca doa:

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair

Artinya: Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.

 

  1. Doa yang Dibaca Oleh Pengantin

Selain tamu undangan, pengantin juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena telah menikah sebagai penyempurna agamanya. Doa ini dibacakan oleh pengantin pria sembari memegang ubun-ubun setelah akad nikah atau sebelum menyetubuhi sang istri. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang doa-doa untuk pengantin baru. Semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya.

By Drajad