22/06/2021

Blog Riview

Blog Riview

Doa Sholat Tarawih: Bacaan dan Tata Caranya

Ini 12 Bacaan Bilal Beserta Jawabannya dalam Salat Tarawih dan Witir

Salah satu bacaan yang dibaca di bulan Ramadhan adalah doa sholat tarawih. Tarawih adalah bentuk jamak’ yang berasal dari kata tarwihah. Di mana apabila hendak diartikan dari segi bahasa, maknanya merupakan istirahat.

Sementara apabila hendak dijabarkan berdasarkan istilah, sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan ketika malam bulan Ramadhan saja. Sholat tarawih tergolong dalam sholat sunnah muakkadah. Sehingga pelaksanaannya sangat dianjurkan. Apabila Anda mencari informasi seputar doa sholat tarawih, berikut adalah pembahasannya.

Seperti halnya ibadah sholat pada umumnya, terdapat bacaan yang dilafalkan seusai sholat. Termasuk juga ketika selesai melaksanakan ibadah sholat tarawih. Doa yang dibaca selepas sholat tarawih ini lafadznya sebagai berikut ini.

  • Asyhadu alla ilaha illallah

Artinya, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah. Bacaan ini diulang sebanyak 3 kali dan diikuti oleh seluruh jamaah.

  • Astaghfirullah

Bacaan ini artinya, aku memohon ampunan kepada Allah. Sama seperti bacaan sebelumnya, istighfar juga dibaca sebanyak 3 kali serta diikuti oleh semua jamaah.

  • Allohumma inna as alukal jannata, wa a’udzubika minan naar

Arti doa ini adalah, wahai Tuhanku. sesungguhnya aku memohon surga pada-Mu. Dan aku berlindung pada-My dari siksa neraka. Doa ketiga ini juga dibaca sebanyak 3 kali. Semua jamaah mengikuti doa ini.

  • Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna Yaa Kariim

Ini merupakan lafadz yang dibaca untuk memohon ampunan pada Allah. Sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha Pemaaf serta menyukai permintaan maaf. Maka dengan membacanya, kita tengah memohon untuk maafkanlah dosa dan kesalahan kita. Dibaca 3 kali oleh seluruh jamaah.

Kemudian dilanjutkan imam membaca doa yang diamini oleh seluruh jamaah. Jangan lupa untuk sebelumnya membaca sholawat Nabi. Misalnya, “Allahumma sholi ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad“. Kemudian membaca doa sholat tarawih. Adapun yang dibaca adalah doa kamilin.

  • Tata Cara Sholat Tarawih

Untuk melaksanakan ibadah ini, ada beberapa tata cara yang harus dilakukan. Di antaranya:

Membaca niat sholat tarawih. Niat ini dibagi menjadi 3 sesuai dengan posisi Anda yang akan melakukannya. Niat jika diri sholat sendirian, menjadi makmum, atau menjadi imam.

Takbiratul ihram. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa iftitah. Surat al fatihah dan surat-surat pendek. Lalu ruku’, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, serta sujud kedua. Lantas berdiri guna melakukan rakaat kedua. Langkah ini diulang seterusnya layaknya ketika mengerjakan sholat-sholat lainnya

  • Tiap Selesai Dua Rakaat, Sholat Tarawih  Diakhiri dengan Salam

Begitu selesai melaksanakan semua rakaat sholat tarawih, jamaah hendaknya melanjutkan melaksanakan sholat witir. Minimal melakukan satu rakaat. Namun, umumnya sholat witir ini dilaksanakan sebanyak 3 rakaat. Terdiri daei dua salam. Ingat, jumlah rakaat dalam sholat witir itu harus selalu ganjil

Mengikuti tata cara sholat yang sesuai dengan imam. Artinya, apabila imam melaksanakan sholat tarawih 8 rakaat ditanbah sholat witir 3 rakaat. Maka, sebagai makmum kita hendaknya mengikutinya.

Disunnahkan untuk membaca doa qunut. Doa ini dibaca pada sholat witir terakhir. Tepaynya setelah malam ke-15 di bulan suci Ramadlan

Dalam sholat tarawih disunnahkan untuk mengeraskan bacaan. Terutama saat membaca surah Al Fatihah serta surah-surah pendek.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda agar hendaknya kita memendekkan bacaan surah pendek saat menjalankan sholat sunnah. Termasuk sholat tarawih.

Nah, itu tadi beberapa informasi seputar doa shalat tarawih. Semoga dengan membaca informasi ini ibadah Anda menjadi semakin lancar.