Ford Ranger generasi baru menarik perhatian dengan banyak peningkatan, yang paling signifikan adalah desain eksterior dan interiornya. Penyempurnaan tersebut dinilai membantu Ranger untuk terus mempertahankan posisi raja penjualan di segmen pikap. Ukuran Ford Ranger 2022 – 2023 secara signifikan lebih unggul dari versi lama. Mobil ini lebih panjang 958 mm, lebih lebar 58 mm, lebih tinggi 45 mm. Jarak sumbu roda lebih besar 50 mm. Peningkatan ground clearance sebesar 35 mm memastikan kemampuan mengarungi yang aman.

Ford Ranger 2023 memiliki penampilan Amerika yang berani dengan desain Built Ford Tough yang terkenal dari perusahaan. Dibandingkan pendahulunya, Ford Ranger generasi baru memakai antarmuka yang sama sekali berbeda. Bentuknya yang bulat dan datar telah digantikan oleh garis maskulin yang kuat. Menurut perusahaan, inovasi ini terutama didasarkan pada pendapat survei dari pengguna. Ujung depan Ford Ranger 2022 – 2023 berbentuk lebih bersudut, persegi, dan bunker dibandingkan generasi sebelumnya. Citra baru model pikap ini mencerminkan siluet Ford Everest. Roda kemudi Ford Ranger baru diperbesar. Bagian depan utama menonjol dengan bilah melintang yang masuk jauh ke dalam kelompok cahaya di kedua sisi. Jala bagian dalam masih mempertahankan bentuk khas sarang lebah, tetapi ukurannya lebih besar dari versi lama.

Cluster lampu Ford Ranger berbentuk C yang unik, dibalut dekat dengan sudut depan mobil. Ford Ranger Wildtrak dilengkapi dengan sistem pencahayaan LED Matrix, yang biasa dikenal dengan LED matrix. Selain kemampuan untuk menyalakan/mematikan secara otomatis, light cluster juga memiliki tambahan fitur unggulan seperti: otomatis menambah/menurunkan iluminasi, otomatis menyesuaikan area lampu adaptif. Teknologi ini membantu meningkatkan keselamatan kendaraan. Versi XLT menggunakan lampu LED. Versi yang tersisa masih menggunakan lampu halogen. Ventilasi udara bagian bawah terbuka lebar, dicat hitam dengan warna yang sama dengan gril. Lampu kabut terletak di dalam. Bumper depan besar berlapis krom tebal. Perubahan di atas membantu mobil secara keseluruhan menjadi lebih berotot dan lebih bermartabat.

Bodi Kendaraan

Berkat peningkatan semua parameter ukuran, terutama panjang, Ford Ranger 2023 menjadi besar dan berotot. Berlari di sepanjang tubuh adalah tulang rusuk mengambang yang berkontribusi pada penampilan yang keras dan berdebu. Rak atap dan tumpuan kaki semuanya berlapis krom. Khusus untuk versi Wildtrak, ikan insang dan kaca spion dicat hitam berkepribadian. Cermin sepenuhnya terintegrasi dengan penyesuaian listrik, lipat listrik, lampu sein. Soal kaki-kaki Ranger versi Wildtrak menggunakan velg 18 inci yang dipadukan dengan ban 255/70R18. Versi XLT menggunakan velg 17 inci dengan ban 255/70R17. Versi yang tersisa adalah 16 inci dan ban 255/70R16. Semua menggunakan velg aluminium cor. Hanya versi XL yang menggunakan pelek baja. Desain velg juga memiliki penyempurnaan sehingga terlihat lebih menarik.

Bagian belakang Ford Ranger 2022 – 2023 hampir mempertahankan desain yang sama, tetapi memiliki beberapa detail yang ditingkatkan. Pembuat mobil Amerika menambahkan lampu rem yang terletak dengan kunci dan pegangan untuk membuka kotak kargo. Cluster lampu belakang LED penuh adalah nomor 3, menambahkan grafik titik atas / bawah yang modern dan mewah. Di bagian belakang mobil terdapat tulisan RANGER untuk menciptakan efek 3D yang menarik mata.

Evaluasi interior Ford Ranger 2023

Interior Ford Ranger 2023 benar-benar disegarkan. Sederhana, desain modern. Tata letaknya rapi dan ilmiah. Panel taplo dan panel pintu dilapisi kulit, dengan batas warna berbeda yang indah. Sistem ventilasi sarang lebah yang unik, menciptakan sorotan yang luar biasa. Namun, masih menggunakan bahan plastik yang cukup banyak.

Meski merupakan truk pikap, Ford Ranger 2022-2023 selalu banyak fokus pada kenyamanan kokpit. Kursi Ranger Wildtrak dilapisi kulit vinil. Versi rendah menggunakan kursi yang terasa. Kursi depan Ford Ranger generasi baru dirancang untuk memeluk orang. Ranger Wildtrak versi “asli” dengan kursi pengemudi listrik 8 arah. Versi di bawah ini menggunakan kursi mekanis 6 arah. XL memiliki penyesuaian manual 4 arah. Kompartemen penyimpanan dan sandaran tangan di tengah cukup besar.

Peningkatan wheelbase membuat kursi belakang lebih nyaman. Mobil ini dilengkapi dengan sandaran kepala di semua 3 posisi dan sandaran tangan dengan pemegang cangkir terintegrasi. Namun, sandaran kursi masih cukup berdiri. Pergi jarak jauh mudah untuk merasa sedikit terbatas. Dalam hal ini, di segmen pikap, Mitsubishi Triton selalu diapresiasi karena desain J-line-nya. Kapasitas kargo bagasi belakang Ford Ranger generasi baru juga telah ditingkatkan. Selain itu, pemilik mobil juga dapat melipat kursi baris kedua secara rata untuk menciptakan lebih banyak ruang bagasi saat dibutuhkan.

Area mengemudi

Dibandingkan dengan kesamaan, Ford Ranger 2022 – 2023 menunjukkan kelasnya dengan kokpit dengan “konten teknologi” yang tinggi. Roda kemudi palang 3 lebih “ringan” dibandingkan dengan pendahulunya. Roda kemudi berbalut kulit dengan benang timbul kepribadian. Versi Wildtrak dan XLT sepenuhnya mengintegrasikan tombol fungsi. Sangat disayangkan pada generasi baru model pikap ini masih belum memiliki paddle perpindahan gigi. Kluster instrumen di belakang kemudi telah ditingkatkan ke bentuk digital dengan layar 8 inci. Khususnya, Ford Ranger adalah pikap pertama di segmen ini yang memiliki dasbor modern seperti itu. Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti: smart key & push button start, rem tangan elektronik. Titik terang lain dari Ford Ranger baru adalah versi Wildtrak yang dilengkapi dengan Adaptive Adaptive Cruise Control System Cruise Control.

Nyaman

Sistem kenyamanan Ford Ranger 2022 – 2023 memiliki perubahan yang mengesankan dengan layar multimedia pusat yang beralih dari horizontal ke vertikal. Desain ini lebih ramah pengemudi, mudah dan cepat dioperasikan. Ranger Wildtrak dilengkapi dengan layar 12 inci. Versi yang tersisa adalah 10 inci. Sistem suara 6 speaker. Teknologi hiburan SYNC 4 juga hadir pada Ranger generasi baru.

Mobil memiliki semua koneksi yang diperlukan: USB, Bluetooth, Apple Carplay / Android Auto. Selain itu, juga dilengkapi dengan FordPass untuk membantu pengguna mengontrol mobil dari jarak jauh. Ranger Wildtrak menggunakan AC otomatis 2 zona otomatis. Namun kekurangannya adalah versi yang tersisa masih menggunakan penyesuaian manual. Semua versi memiliki ventilasi udara terpisah untuk kursi belakang. Ford juga melengkapi fasilitas lain untuk model pikap ini seperti wireless charging, 1-touch electric glass door dengan kursi depan anti-jamming.

Spesifikasi Ford Ranger 2023

Ford Ranger 2022 – 2023 memiliki 2 pilihan mesin: Mesin 2.0L Diesel Turbo i4 TDCi untuk kapasitas maksimum 170 tenaga kuda pada 3.500 rpm, torsi maksimum 405 Nm pada 1.750 – 2.500 rpm. Transmisinya menggunakan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan, penggerak roda depan atau penggerak 4 roda.

Mesin 2.0L Diesel Bi-Turbo i4 TDCi untuk kapasitas maksimum 210 tenaga kuda pada 3.750 rpm, torsi maksimum 500 Nm pada 1.750 – 2000 rpm. Transmisinya menggunakan transmisi otomatis 10 percepatan dengan penggerak 4 roda. Versi penggerak semua roda memiliki shifter listrik tambahan dan kunci diferensial belakang.

Mesin Ford Ranger

Ford Ranger selalu dihargai oleh pengguna karena keseimbangan yang baik antara off-road dan on-road. Inilah salah satu alasan mengapa Ranger selalu memegang pangsa pasar yang tinggi di segmen pikap. Saat ini, pengguna cenderung menggunakan truk pickup sebagai alat transportasi sehari-hari daripada hanya membawa barang.

Semua versi Ford Ranger 2022 – 2023 memiliki performa yang baik. Meski bodinya agak bongsor, Ranger baru tetap sangat mengedepankan keunggulan traksi mesin diesel. Ford Ranger banyak dikomentari sebagai model pikap yang memiliki kemampuan bergerak sangat baik di perkotaan. Saat berlari di jalan, sepertinya blok kendaraan berat akan sangat merepotkan, tetapi tidak! Dengan Ranger, semuanya menjadi cukup elegan, memberikan perasaan mengendarai SUV.

Kekuatan urban Ford Ranger terlihat jelas dalam rentang kecepatan rendah. Meski memiliki bodi “massive”, Ranger masih bisa berakselerasi dan deselerasi dengan mulus. Mobil itu menggeliat di jalanan dengan cukup baik, tidak terlalu sulit. Di jalan, Ford Ranger berakselerasi lebih cepat. Dengan versi 2.0L Bi Turbo Diesel, banyak yang mengira meskipun mobil berjalan dengan kecepatan 100 – 120 km/jam, namun tetap memiliki kelebihan tenaga. Namun, dalam rentang kecepatan tinggi, beberapa orang berpikir bahwa Ranger terasa “agak keren”. Jika Anda ingin memiliki pengalaman “sudah” yang lebih sporty, Anda harus beralih dari mode mengemudi D ke S.

Dibandingkan dengan model seperti Mitsubishi Triton atau Nissan Navara, Ford Ranger dianggap “lunak” di kisaran rpm tinggi. Dengan medan off-road yang ringan, Ranger masih bisa mengatasinya dengan mulus. Namun untuk medan yang lebih kompleks, terlihat sedikit lebih ketat, Ranger tidak “mengisi kekuatan” seperti Triton atau Navara.