Dalam penggunaannya, panel listrik memiliki berbagai fungsi penting. Terutama dalam hal menyalurkan daya listrik ke berbagai perangkat maupun pengguna. Dalam pelaksanaannya, fungsi tersebut akan bisa direalisasikan jika perangkat panel sudah benar-benar lengkap.

Anda pasti pernah melihat sebuah kotak di bawah salah satu tiang listrik, atau di gudang penyimpanan sebuah gedung yang isinya berbagai jenis kabel tersusun rapi. Itulah panel, yang terhubung dengan banyak jaringan dan rangkaian kelistrikan. Lantas apa fungsi yang tepat dari perangkat tersebut?

4 Fungsi Penting dari Penggunaan Panel Listrik

Beda panel akan beda pula fungsinya, namun sebenarnya secara umum ada empat fungsi dari penggunaan sebuah panel. Buat Anda yang ingin menggunakannya di kantor, rumah, atau bangunan lainnya, perlu mengetahuinya.

l  Pembagian Daya

Sebagai alat yang akan melakukan pembagian daya listrik, saat akan dialirkan ke berbagai lokasi atai objek. Misalnya, aliran untuk mesin genset dan mesin industri tentu daya yang dibutuhkan berbeda-beda. Namun dengan adanya panel, tersedia komponen untuk membagi daya tersebut dengan jumlah yang tepat.

l  Penataan Rangkaian Listrik

Coba bayangkan jika terdapat beberapa jaringan listrik dengan rangkaiannya masing-masing, kemudian letaknya berdekatan tanpa penataan yang jelas. Kemungkinan terjadinya konsleting atau gangguan sangat besar,apalagi jika penempatannya di lokasi terbuka.

Untuk menatanya menjadi lebih baik digunakanlah panel listrik, yang akan menjadi muara setiap kabel termasuk kontrol mematikan maupun menghidupkan aliran listrik setiap rangkaian.

l  Memaksimalkan Keamanan Rangkaian Listrik

Kenapa aman? Tentu karena sudah ditata dengan baik, kemudian ada komponen penting pada panel yang akan bertugas memastikan daya yang dialirkan sesuai dengan kebutuhan. Jika terjadi kelebihan daya, maka akan ada komponen lainnya yang akan memutus aliran daya secara otomatis untuk mencegah terjadinya arus pendek hingga ledakan.

l  Pendukung Berbagai Alat Kelistrikan

Panel ini sangat penting digunakan untuk mengoperasikan berbagai alat listrik dalam waktu bersamaan. Misalnya di kantor, hotel, pusat perbelanjaan dimana terdapat banyak AC, genset, dan lainnya.

Jangan abaikan penggunaan panel listrik pada jaringan kelistrikan yang Anda pakai. Pilih yang sesuai berdasarkan jenis, kapasitas, dan kegunaannya. Supaya, dapat berfungsi maksimal. Untuk mencari produk panel terbaik, Anda bisa cek daftar produknya di https://galleoncy.com/ lalu beli dengan harga terjangkau.