Hal hal yang Perlu di Persiapkan untuk Menanam Bawang Daun dengan Praktis

Daun bawang merupakan bahan masakan yang kerap dipakai untuk berbagai sajian makanan. Umumnya, daun bawang hanya dipakai bagian atasnya lalu sisanya dibuang. Padahal, terdapat cara menanam bawang daun dengan memanfaatkan bagian bawah daun bawang, yakni:

1. Menyiapkan daun bawang serta akarnya

Langkah pertama yaitu menyiapkan bawang daun beserta akarnya. Sehingga, saat daun bawang ditanam bisa segera tumbuh subur. Lalu, potong bagian akarnya setengah bagia saja agar tidak terjadi pembusukan.

Selanjutnya, potong daun bawang bagian atas sekitar 10 cm untuk ditanam kembali.

2. Menggunakan media tanam yang gembur

Langkah berikutnya adalah menyiapkan media untuk menanamnya. Pilihlah tanah yang gembur serta mengandung banyak bahan organik. Kamu dapat memakai arang sekam dan tanah dengan perbandingan 1:2.

Setelah itu, campurkan arang sekam dan tanah secara merata lalu siapkan wadah untuk menanamnya. Apabila kamu menanam memakai polybag, maka segera pindahkan tanah pada polybag.
Masukkan daun bawang hingga batangnya bisa berdiri tegak pada polybag atau pot.

3. Melakukan penyiraman secukupnya

Cara menanam bawang daun berikutnya yakni dengan melakukan penyiraman sampai tanahnya basah.

Penyiraman daun bawang dilakukan sekali dalam sehari. Usahakan untuk tidak menyiramnya dengan terlalu banyak air sebab bisa menyebabkan busuk akar. Lalu, simpan tanaman di tempat terbuka serta memperoleh cukup sinar matahari.

Sebagai perawatan, daun bawang bisa disiram dua kali dalam sehari jika sudah berumur 10 hari setelah masa tanam. Jika sudah 45 hari berlangsung dari masa tanam, maka daun bawang tersebut akan tumbuh tinggi.

4. Pemupukan

Selain melakukan penyiraman, sebaiknya kamu juga melakukan pemupukan agar daun bawang bisa tumbuh subur. Pakai pupuk daun gkamusil ataupun merk lain.

Caranya yakni dengan memasukkan pupuk dengan takaran ½ sdt pada wadah berisi 3-4 liter air. Lalu, campur sampai merata dan masukkan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, kamu tinggal menyemprotkannya pada tanaman.
Pemupukan ini bisa dilakukan selama 7-10 hari sekali.

Itulah penjelasan mengenai cara menanam bawang daun dengan mudah. Kamu bisa memanen daun bawang ketika usia lebih dari 50 hari dengan mencabutnya secara langsung atau memotong sesuai kebutuhan.