Sejarah dan Fungsi Gamelan yang Harus Diketahui Anak | Popmama.com

Indonesia memang terkenal kaya akan kebudayaannya, hal tersebut dikarenakan di Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan yang berbeda – beda. Keberagaman tersebut akhirnya membuat Indonesia terkenal dengan aneka alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi berbagai alunan musik tradisional asli dari Indoensia.

Dari banyaknya alat musik di Indonesia, ada salah satu alat musik yang paling terkenal dan hampir dimiliki di setiap daerah. Alat musik tradisional tersebut tidak lain adalah gamelan. Gamelan adalah perpaduan atau ansambel dari beberapa alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Beberapa alat musik yang ada dalam alunan gamelan adalah gambang, gong, dan juga gendang.

Perpaduan dari beberapa alat musik di permainan gamelan ini menciptakan nada yang non diatonic dan menyajikan suara yang indah jika dimainkan secara harmonis. Asal mula kata gamelan sendiri berasal dari kata “gamel” yang dalam bahasa Jawa memiliki arti memukul atau menabuh. Karena semua alat musik atau instrument yang ada dalam musik gamelan dimainkan dengan cara dipukul, alhasil instrument tersebut dinamakan gamelan.

Menurut sejarah yang ada alat musik gamelan sendiri sudah digunakan dan dimainkan sejak waktu yang lama di Indonesia. Selain itu juga di Indonesia sendiri bukan hanya satu daerah saja yang menggunakan gamelan ini sebagai alat musik tradisionalnya. Beberapa daerah yang menggunakan gamelan sebagai alat musik tradisionalnya antara lain seperti Jawa, Bali, dan Lombok.

Pemberian nama Gamelan sendiri awalnya dipilih berdasarkan penggambaran relief dari Candi Borobudur dan juga Candi Prambanan, karena itulah gamelan ini identic dengan alat musik dari Jawa. Permainan gamelan di Jawa sendiri biasanya dimainkan sebagai pengiring di acara pagelaran wayang dan pertunjukan tari. Biasanya selain gamelan ada juga penyanyi atau sinden yang mengiringi permainan tersebut.

Seiring dengan perkembangan zaman akhirnya musik gamelan pun mulai mengalami perubahan. Perubahan musik gamelan yang paling siginifikan terjadi pada proses pembuatannya yang semula dibuat menggunakan tangan sendiri kini gamelan sudah bisa dibuat menggunakan mesin. Begitu juga dengan cara memainkannya yang saat ini sudah berkembang dan bisa di kolaborasikan dengan alat musik modern.

Dalam alunan musik gamelan sendiri permainannya terdiri dari campuran beberapa alat musik seperti gendang, suling, gong, gambang, siter, rebab, dan masih ada beberapa alat musik lainnya. Dari semua alat musik yang dimainkan tersebut nantinya akan menciptakan alunan musik yang selaras dan indah. Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat beberapa penjelasan tentang setiap alat musik yang dimainkan di alunan musik gamelan.

  • Gendang, alat musik yang satu inin berfungsi sebagai pengatur tempo dan irama permainan musik gamelan. Biasanya bagian gendang yang dipukul terbuat dari kulit hewan.
  • Gong, alat musik yang satu ini berfungsi sebagai pemangku irama atau penguat dari bunyi gendang yang dimainkan. Biasanya gong terbuat dari logam kuningan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat atau stick pemukul.
  • Gambang, alat musik yang satu ini berfungsi untuk memperindah lagu dengan bunyi cengkok khasnya. Gambang ini terbuat dari bilah – bilah kayu yang diletakan diatas rak sehingga akan menciptakan alunan yang indah.
  • Suling, alat musik yang satu ini berfungsi sebagai pengisi lagu, biasanya alat musik ini terbuat dari bamboo yang diberi lubang sebagai penentu nada atau suaranya. Alat musik ini juga dimainkan dengan cara ditiup.

By sartika