Intel akan menambahkan keluarga prosesor baru dari seri HX ke keluarga CPU Alder Lake Generasi ke-12. Dirancang untuk laptop yang lebih cepat, jajaran prosesor Intel baru ini akan memiliki TDP lebih tinggi daripada seri-H.

TDP dasar dinilai pada 55 W, dan TDP turbo mencapai 157 W. Peningkatan daya berarti chip akan berjalan lebih cepat daripada prosesor seri-H, tetapi kemungkinan dengan mengorbankan konsumsi daya dan keluaran panas yang lebih tinggi.

Chip Core i7 dan Core i9 akan menawarkan sepasang inti P tambahan dan 8 inti efisiensi, masing-masing dengan 8 inti P dan 8 inti E. Selama laptop dapat menangani tuntutan daya ekstra, itu akan membantu dengan produktivitas dan tugas rendering CPU-berat.

Keluarga prosesor ini juga mendukung PCI Express 5.0, meskipun belum umum digunakan. GPU dan SSD saat ini tidak menggunakan standar, dan kemungkinan tidak akan digunakan untuk beberapa waktu. Mereka juga mendukung overclocking memori, dan seperti rekan desktop mereka, versi yang kompatibel dengan vPro juga mendukung memori ECC.

Chip seri HX menawarkan fitur (dan kekurangan) yang sama dengan chip desktop Alder Lake, yang berarti pengguna mendapatkan PCIe 5.0, tetapi tidak ada built-in Thunderbolt.

Chip ini memiliki jumlah GPU terintegrasi yang lebih sedikit, dengan pilihan 32 unit eksekusi (UE), turun dari jumlah maksimum CPU seri-H yang hanya 96. Intel tampaknya melihat bahwa laptop bisnis terbaik dengan prosesor HX hampir pasti akan menyertakan GPU khusus, yang biasanya bukan masalah besar.

Chip Core i7 dan i9 HX-series mungkin masuk akal untuk seseorang yang menginginkan laptop dengan kinerja CPU yang lebih kuat, tetapi penawaran Core i5 HX kemungkinan akan hampir sama dengan H-series. Pilihan yang tersedia hanya mencakup empat P-Core dan empat atau delapan.

Intel tidak memberikan tanggal peluncuran spesifik untuk laptop dengan CPU seri HX, tetapi mengatakan akan ada “lebih dari 10 desain workstation dan game” yang menunggu perusahaan PC “tahun ini.”