02/12/2020

Blog Riview

Blog Riview

Jenis-jenis Kayu untuk Konstruksi Rumah

Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis kayu yang digunakan dalam perumahan. Kayu merupakan material yang selalu dibutuhkan untuk membangun rumah sebelum diganti dengan penggunaan baja ringan.

Meskipun permintaan baja ringan terus meningkat, hal itu berbanding lurus dengan tingkat pertumbuhan permintaan properti residensial saat ini. Dan keberadaan baja ringan belum terlalu menggantikan kayu sebagai bahan bangunan.

Ada berbagai jenis bahan berbasis kayu untuk konstruksi bangunan. Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan tersendiri dari segi sifat dan keindahannya. Manfaat tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan bagi pemilik rumah, arsitek, atau kontraktor agar rumah yang dibangun kokoh dan tahan lama.

Jenis kayu untuk konstruksi rumah

Sebelum mempraktikkan pilihan Anda dan menentukan jenis kayu apa yang akan dipilih dan akan digunakan untuk apa, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenal berbagai jenis kayu yang digunakan untuk membangun rumah.

Itu semua ada kaitannya dengan denah rumah, anggaran dan peruntukan kayunya sendiri, bagian mana yang harus menggunakan kayu, dan bagian mana yang menggunakan bahan lain. Berikut beberapa jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan minimalis:

Kayu Jati

Kayu ini merupakan salah satu jenis kayu rumah terkuat. Jati memiliki butiran dan tekstur yang indah dengan karakter yang kuat dan tahan lama. Hal ini menjadikan jati pilihan terbaik untuk bahan bangunan.

Jati banyak tersedia di seluruh pulau Jawa karena kondisi hutan dan perkebunan di Jawa yang sudah lama cocok untuk menanam jati. Karena cuaca tropis dengan curah hujan yang tinggi, pohon jati ini dapat tumbuh subur dalam kehutanan di Jawa.

Kayu Bangkirai

Kayu jenis ini memiliki keawetan dan kekerasan yang sangat tinggi. Sayangnya kayu Bangkirai jenis ini tidak memiliki elastisitas yang baik sehingga tidak mudah retak. Jenis kayu ini banyak ditemukan di Kalimantan dan berbagai hutan tropis lainnya.

Kayu Merbau

Jika anda sedang mencari kayu dengan kualitas yang hampir tidak bisa dibedakan dengan kayu jati, Merbau adalah pilihan anda. Kayu ini lebih tahan, terutama terhadap serangan rayap. Serat memiliki struktur garis putus-putus yang menjadi ciri khas Merbau.

Kayu Kamper

Jika Anda sedang mencari kayu dengan harga yang lebih murah, kayu kamper bisa menjadi pilihan. Sebenarnya daya tahannya tidak sekuat jati dan merbau, tapi seratnya sangat bagus dan sangat halus. Sebagian besar kayu kamper digunakan sebagai bahan pembuatan pintu atau jendela.

Kayu Kelapa

Jenis pohon lain yang kayunya digunakan untuk konstruksi bangunan adalah kayu kelapa. Bagian kayu kelapa ini tinggi serat atau seratnya. Jenis kayu kelapa ini sebenarnya sangat bervariasi tergantung di mana ia ditanam.

Padahal, banyak jenis kayu tersedia untuk membangun rumah. Namun, pembahasan kami dibatasi hingga lima menit. Ada jenis kayu lain seperti akasia, gelam karen dan sebagainya.

Namun ulasan diatas setidaknya cukup berkaitan dengan anda, mengenai jenis kayu yang layak anda dapatkan untuk bahan bangunan minimalis anda semoga bermanfaat.

Apakah teman mengetahui apa itu plywood? Yuk klik tautan tersebut untuk mengetahuinya lebih lanjut. Disini kita juga jual plywood solo dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong Anda.