Strategi promosi pada jaman sekarang tentu tidak dilakukan secara konvensional. Karena sekarang jaman virtual, maka sebuah perusahaan dituntut untuk mengikuti harus dengan menerapkan strategi promosi digital.

Tujuannya adalah mampu meningkatkan penjualan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yag tinggi. Promosi digital bukan saja untuk meningkatkan pendapatan, tetapi juga untuk memperkenalkan emblem produk kepada masyarakat.

Sementara itu, pengertian advertising itu sediri merupakan sebuah komunikasi yang memberitahukan target pasar terkait dengan sebuah produk. Promosi merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh seorang advertising.

Tantangan dalam Menjalankan Strategi Promosi

Marketer melakukan strategi promosi dengan cara berkomunikasi dengan audiens yang merupakan goal pasarnya. Proses komunikasi ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada aim pasar tentang produk yang dipromosikan.

baca juga: kontenstore

Strategi Promosi di era virtual 

Perkembangan teknologi membuat tenaga advertising melirik sarana ini agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Tetapi melakukan promosi virtual tentu berbeda dengan promosi konvensional yang memerlukan barang secara fisik.

Agar kamu bisa bersaing diranah jualan , maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan atau menjual secara efektif, diantaranya:

1.Membuat website atau Toko 

Ketika kamu atau perusahaan memutuskan melirik pasar digital maka langkah pertama yang hatus kamu lakukan adalah membuat internet site sebagai touchdown page perusahaan. Mempunyai internet site seperti memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan kocek yang dalam untuk menyewa tempat yang strategis.

Untuk pembuatan internet site perusahaan sekarang ini tidaklah mahal, hal ini harus dilakukan karena website menjadi sebuah etalase sebuah logo perusahaan atau produk yang kamu jual. Jika kamu memiliki banyak produk, maka dapat menjelaskan setiap produk kamu secara detail.

Tak hanya itu, secara advertising fungsi website adalah untuk menjaga pelanggan agar tidak lari kepada competitor. Disana kamu bisa melakukan promosi, cut price, memberikan voucer dll, tanpa harus mengeluarkan biaya iklan jika harus memasang di website lain.

2. Fitur affiliate

Salah satu strategi bisnis secara digital adalah mengadakan sistem associate penjualan sebuah produk. Kamu bisa menyediakan fitur tersebut di dalam internet site yang telah dibangun sehingga freelance atau tenaga marketing lepas bisa memasarkan produk kamu secara virtual.

Artinya afiliasi adalah program yang memungkinkan freelancer untuk mendapatkan komisi apabila berhasil menjual suatu produk. Jumlah dari komisi yang freelance dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan.

Dengan adanya metode marketing seperti ini, maka secara tidak langsung kamu sudah memiliki banyak cabang untuk memasarkan produk yang kamu jual. Sama seperti pada ritel konvensional, dimana mereka akan membangun tingkat dari distributor hingga pengecer dari produk yang kamu jual.

Bedanya secara digital, kamu tidak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membuat jaringan, Praktis karena hanya dengan mendaftar sebagai afiliasi sebuah produk maka kamu akan mendapatkan link untuk menjual produk yang kamu inginkan.

Tak hanya itu, secara keamanan dan kepercayaan juga tidak perlu diragukan lagi. Freelance advertising cukup menjual, dan urusan barang serta pengiriman akan dikerjaan oleh perusahaan, sehingga mereka tinggal mendapatkan komisi dari penjualan yang berhasil.

3. Menggunakan Sosial Media

Penjualan dengan memanfaakan sosial media saat ini dapat dibilang sangat positif. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, sosial media menjadi salah satu sarana komunikasi yang dapat di manfaatkan sebagai strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha.

Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien.

Sementara itu, menurut survei dari sebuah lembaga bernama Manta menyebutkan bahwa, banyak bisnis berskala kecil dan menengah mendapatkan pengembalian dari investasi yang ditanamkan (ROI) pada sosial media sebesar 39% pada tahun 2013.

Tren yang terlihat adalah ROI semakin meningkat, dan penggunaan sosial media sebagai strategi promosi pemasaran oleh pelaku bisnis juga semakin meningkat.

4.Membuat Vlog

Komunikasi visible atau gambar menjadi sesuatu yang penting dijaman digital sekarang ini. Kemudahan dan kecanggihan teknologi audio visual membuat masyarakat mengunggah kegiatan mereka melalui gambar dan video pada beberapa sosial media.

Hal ini menginspirasi strategi promosi sebuah produk menggunakan teknik gambar maupun video berupa vlog. Membuat iklan produk dalam tampilan video menjadi poin baru dalam strategi promosi bisnis.

Dalam sebuah video kamu bisa menampilkan produk yang sedang ditawarkan kepada konsumen atau bisa berbentuk educational sebuah tema, tetapi tidak langsung memperkenalkan dan menawarkan produk yang terkait dalam educational tersebut.

Dengan video, produk dapat ditampilkan secara lebih element dari berbagai sisi. Selain itu, fitur suara dapat menambah informasi yang lebih lengkap mengenai spesifikasi dari produk tersebut.

5. Membuat Iklan gratis

Ketika beberapa perusahaan harus menghabiskan banyak biaya untuk membuat dan mendistribusikan iklan dalam kegiatan promosi, maka promosi digital bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang memiliki biaya promosi minim.

Internet merupakan ruang luas tanpa batas, di mana kamu bisa menemukan banyak hal di dalamnya termasuk beriklan secara free of charge. Dalam sebuh internet site iklan gratis, biasanya anggota dapat memilih komunitas, kamu bisa mendaftar, menjual produk atau jasa tanpa harus mengeluarkan biaya iklan.

6.Manfaatkan Iklan Mobil

Saat ini semua media dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi atau advertising. Salah satu media yang saat ini banyak digunakan adalah Iklan Mobil atau car marketing. Dengan memanfaatkan media ini, kamu dapat memasarkan produk yang dijual secara lebih luas.

Tetapi Iklan mobil ini sangat cocok digunakan sebagai strategi promosi penjualan ketika target pasar kamu ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dll. Kamu dapat memanfaatkan iklan mobil ini untuk berkeliling Jakarta memasarkan produk yang dijual.

7. Non-public promosi

Strategi promosi ini dapat dilakukan melalui media informasi yang langsung kepada goal atau calon pelanggan. Salah satu caranya dengan melakukan penawaran sebuah produk melalui fasilitas aplikasi chating whatsapp.

Biasanya hubungan di dalam kontak Whatsapp lebih non-public dan pribadi dibandingkan dengan media sosial lainnya. Sehingga tak dapat dipungkiri eighty persen ultimate berjualan dengan menggunakan aplikasi whatsapp.

Meski demikian, sekarang ini banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan cara ini dengan berlebihan. Pasalnya mereka memasarkan melalui whatsapp marketing yang menyasar siapa saja tanpa mengenal atau memiliki kedekatan.

Akibat strategi seperti ini, maka bukannya mendapatkan pelanggan, tetapi malah sebaliknya. Pasalnya mereka yang dapat whatsapp blast tersebut dapat terganggu dan menganggap telah melakukan junk mail dan memperburuk jualan kamu.

8. Endorser

Dengan semakin besarnya efek sosial media saat ini, penggunaan brand ambassador atau endorser untuk strategi promosi menjadi semakin besar. Endorser yang memiliki fanbase yang kuat biasanya sukses menjadi salah satu platform advertising untuk produk.

Strategi Promosi dan penjualan berkaitan erat. Promosi pada dasarnya adalah proses pemberian informasi kepada pelanggan untuk mengenal produk.Sedangkan penjualan adalah aksi yang terjadi setelah dilakukan promosi. Meskipun tidak semua pelanggan melakukan pembelian setelah promosi.

Jadi promosi dan penjualan berkaitan sangat erat. Proses promosi yang tepat bisa membawa banyak pelanggan untuk membeli produk sehingga penjualan meningkat. Itulah beberapa strategi promosi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan.