16/06/2021

Blog Riview

Blog Riview

10 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus

Jika Anda masih bingung memilih jurusan yang tepat, ada baiknya Anda mengambil gelar yang memiliki prospek kerja bagus dan bagus. Apa gelar perguruan tinggi yang menjanjikan tahun ini?

10 Program Studi Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

1. Pendidikan Kedokteran

Sekarang negara kita membutuhkan tenaga kesehatan, terutama di masa depan, kita membutuhkan lebih banyak dokter – tidak hanya dokter umum, tetapi juga dokter spesialis. Kita lihat dalam pandemi saat ini, dokter adalah tenaga kesehatan yang sangat penting. Jadi, jika Anda ditanya tentang gelar yang dibutuhkan, Pendidikan Kedokteran pasti salah satunya.

2. Ilmu Komunikasi

Puncaknya sekarang terlihat, startup atau industri kreatif sedang naik daun. Memang ada tatanan bisnis kreatif yang terkena pandemi, namun bidangnya tetap membutuhkan alumni Ilmu Komunikasi yang bisa mendesain, memotret, membuat iklan, bisa berbicara di depan umum, bahkan menulis. Ilmu komunikasi adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Ingin kuliah di Telkom University? Yuk bisa gabung bersama kami dengan mengunjungi tautan tersebut untuk info lebih lanjut.

3. Ekonomi

Semua perusahaan membutuhkan perencana keuangan, ya Ekonomi besar dibutuhkan sekarang atau nanti. Menteri keuangan saat ini adalah alumnus ekonomi. Lantas, adakah bukti yang Anda miliki untuk meyakinkan bahwa perekonomian sebagai jalan yang baik?

4. Teknik Mesin

Saat ini, berbagai garis kehidupan kita sangat bergantung pada mesin – termasuk robot. Ini adalah bukti bahwa Teknik Mesin adalah mata kuliah yang bagus untuk masa depan, teknik harus ada dalam daftar Anda. Yang penting, jangan berhenti belajar meski Anda sudah lulus kuliah, oke! Roh!

5. Bisnis Digital

Program studi bisnis digital adalah departemen yang mempekerjakan sekelompok ilmuwan yang mempelajari proses dan desain bisnis digital. Tujuan dari program studi ini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan menguasai bidang startup dan pasar digital.

Jika Anda memilih program studi ini sebagai gelar sarjana, Anda akan menerima campuran materi perkuliahan di bidang ilmu manajemen. Kemudian juga disediakan materi tentang ilmu e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, dan hukum bisnis.

Lulusan bidang ini akan memiliki kesempatan atau prospek untuk bekerja sebagai manajer akun digital. Selain itu, ia juga bisa menjadi analis bisnis digital, koordinator bisnis digital, dan juga bisa menjadi ahli di bidang bisnis digital.

6. Teknik Kecerdasan dan Robotika

Kecerdasan Buatan adalah disiplin ilmu komputer yang memiliki berbagai aplikasi untuk mendukung keputusan. Sedangkan robotika merupakan ilmu yang lahir dari gabungan beberapa ilmu lain seperti komputer, mekanik, dan elektronika.

Program studi akan fokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem otonom atau cerdas.

Sistem ini akan memiliki banyak manfaat dan kegunaan serta dapat diterapkan dalam berbagai bidang keilmuan. Pengetahuan dan keterampilan yang akan dipelajari jika memilih program studi adalah matematika dasar dan fisika.

Selain itu, juga mempelajari teknologi informasi, desain, aplikasi robotika, pemrograman dasar, serta kecerdasan buatan dan integrasi. Lulusan program studi ini akan memiliki kesempatan dan prospek kerja sebagai peneliti, insinyur robotika, insinyur perangkat lunak, dan ilmuwan data.

7. Keamanan Cyber

Keamanan Cyber ​​adalah cabang dari ilmu komputer dan teknologi komputer. Program studi ini akan belajar banyak tentang bagaimana melindungi berbagai bidang industri.

Tak hanya itu, departemen juga akan mempelajari perlindungan data pemerintah atau juga individu dari serangan siber. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari materi tentang cyber forensics, struktur data, pemrograman, pengkodean, dan pengujian penetrasi jaringan.

Lulusan departemen ini memiliki prospek kerja sebagai Computer Forensic Analyst, Big Data Architects, Security Analysts, dan Cyber ​​Intelligence Officers.

8. Statistik Matematika

Di era digital saat ini, profesi data scientist sangat dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Banyak perusahaan besar yang terlibat dalam pemasaran dan telekomunikasi membutuhkan ilmuwan data.

Perusahaan-perusahaan ini, terutama yang terkait dengan sistem integral, telah masuk di segala bidang. Saat memilih jurusan matematika statistika, mata kuliah yang akan diambil adalah aljabar linier untuk statistika dasar. Kemudian, pokok bahasan eksperimen desain, contoh metode survei dan statistik khususnya analisis regresi.

Departemen matematika statistik memberikan kesempatan kerja bagi lulusan sebagai pegawai bank (pejabat akun), Peneliti Pasar, Ilmuwan Data, Analis Anggaran, dan Analisis Sistem.

9. Sastra Inggris

Sangat dibutuhkan, Sastra Inggris adalah jurusan perguruan tinggi dengan banyak peluang kerja. Mahasiswa Sastra Inggris biasanya sudah mulai bekerja sebagai penerjemah sejak masih kuliah. Anak-anak sastra Inggris sangat mengenal berbagai jenis sastra hingga terampil menulis termasuk konten! Ada juga Sarjana Sastra yang menjadi dosen setelah menempuh studi Magister.

10. Teknik Elektro

Ingin bekerja di perusahaan pembangkit listrik? Anda bisa mengambil jurusan Teknik Elektro. Atau apakah Anda ingin menjadi ahli robotika? Anda bisa memulainya dengan belajar di jurusan ini. Selain mekatronika, alumni Teknik Elektro juga dapat berkarir di bidang telekomunikasi.