Karakteristik Mutu Beton Ready Mix

Pada dasarnya, karakteristik mutu beton ready mix terbagi menjadi dua jenis. Hal tersebut didasari klasifikasi atau definisinya. Dengan faktor itu juga memengaruhi kegunaan masing-masing dari beton berdasarkan mutu karakteristik. Berikut ulasan lengkapnya.

Karakteristik Mutu Beton Ready Mix

Beberapa Karakteristik Mutu Beton Ready Mix

Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya salah satu hal yang memengaruhi harga ready mix bervariatif adalah mutu. Sebab, karakteristik dari masing-masingnya mewakili jenis hingga kegunaan beton. Berikut beberapa macam mutu karakteristik ready mix.

  1. Mutu Beton FC’

Karakteristik mutu beton ready mix yang pertama yaitu dengan Fc’. Hal tersebut ada kemana merujuk dari definisi atau pengertian beton itu sendiri. Jenis ini memiliki kekuatan yang diklaim hingga 25 MPa. Untuk mencapai hasil tersebut tentu diperlukan waktu sekitar 28 hari.

Mutu beton dengan fc’ pada dasarnya menggunakan silinder berdiameter hingga 15 cm hingga tingginya mencapai 30 cm. Hal tersebut mengacu terhadap standar nilainya (SNI) kode 03-2847-2002. Selain itu, faktor ini juga merujuk kepada America Concrete Institute (ACI)

  1. Mutu Beton Karakter

Jika Anda sering menemukan jenis beton dengan kode huruf K didepan angka, maka hal tersebut menandakan Karakteristik. Artinya, beton memiliki kemampuan dalam menahan beban hingga mencapai (angka ketentuan). Seperti misalkan K100, K225 dan banyak lagi.

Dengan keterangan K100 itu berarti kemampuannya dalam menahan beban mencapai 100 kg per cm2 dan begitu juga dengan lainnya. Untuk bisa mendapatkan hasil sempurna maka dibutuhkan proses pengeringan hingga 28 hari. Acuan dari jenis ini adalah PBI 71.

  1. Perbandingan Antara FC’ dan K’

Diantara keduanya tentu bisa disimpulkan memiliki perbedaan yang dapat Anda ketahui. Tak hanya perihal diameternya saja, melainkan pada kegunaannya juga. Langkah pengujiannya pun bisa dilakukan secara mudah.

Seperti contohnya, Jika Mutu Beton dengan FC’ bernilai 25 MPa diuji menggunakan benda silinder. Pertanyaannya adalah berapa Muladi dari mutu beron K’ (karakteristik). Apabila pengujian memakai benda kubus maka hasilnya 15x15x15 cm.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa karakteristik mutu beton ready mix. Dengan Anda memahaminya tentu akan mempermudah saat ingin menyesuaikan antara beton dan konstruksi. Pasalnya, masing-masing mutu mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.