Tidak seluruhnya media tanam atau tanah budidaya baik untuk perkembangan.tanaman hal ini dikarenakan unsur hara dalam tanah terbatas bahkan sudah habis terserap oleh tanaman. Oleh karena itulah pemupukan perlu dilakukan, pemupukan perlu dilakukan untuk menyuplai kebutuhan nutrisi ang dibutuhkan oleh tumbuhan. Namun terkadang kita bingung jenis pupuk apa yang cocok untuk tanaman kita karena banyaknya jenis-jenis pupuk yang dijual/beredar di pasaran.

Pupuk tumbuhan mampu dikategorikan dalam beberapa bagian mulai dari asal materi pembuatan serta unsur yang terkandung didalam pupuk. Disarikan dari carabudidaya.xyz berikut ini jenis-jenis pupuk yang berguna bagi tanaman :

 

1. Pupuk Alam

Serupa namanya, pupuk organik yakni pupuk yang materi alias bahan pembuatnya berasal dari alam. Yang termasuk pupuk organik adalah pupuk hijau, serasah, pupuk kandang, serta pula pupuk kompos.

 

2. Pupuk Buatan

Pupuk anorganik atau buatan biasa disebut juga pupuk kimia yakni pupuk yang dibuat dari bahan anorganik atau kimia. Pupuk yang terhitung pupuk buatan ialah pupuk urea, pupuk TSP, pupuk NPK, dll.

 

3. Pupuk Organik

Pupuk organik yakni pupuk yang berasal dari bahan organik seperti dedaunan, ranting, sisa limbah rumah tangga dan kotoran hewan. Yang terhitung ke dalam pupuk organik ini ialah pupuk kansertag, pupuk hijau, pupuk hijau, serta pupuk kompos.

 

4. Pupuk Anorganik

Pupuk anorganik yakni pupuk yang bermula dari bahan anorganik.. tipe pupuk tumbuhan ini lazimnya diketahui dengan titel istilah pupuk kimia, pupuk ini memiliki mineral .

Contoh pupuk anorganik ialah urea yang memiliki nitrogen dan juga pupuk NPK yang mempunyai isi nitrogen, phospor, serta kalium.

 

5. Pupuk Padat

pastinya pupuk padat berbentuk bahan padat semacam butiran, bubuk, serbuk maupun kristal. Yang terhitung dalam pupuk padat ialah pupuk kandang, pupuk urea, serta pupuk NPK.

 

6. Pupuk Cair

Pupuk cair yakni pupuk tumbuhan yang berwujud dalam material yang cair semacam air atau ekstrak. Cara penggunaan pupuk cair ini ke tumbuhan adalah disemprotkan alias disiramkan.

Contoh dari pupuk cair ini ialah pupuk amonia cair, serta pula pupuk organik cair.

 

7. Pupuk Tunggal

Pupuk tunggal adalah pupuk yang hanya memiliki satu unsur hara saja. Tidak ada faktor lain yang  di dalamnya, pastinya tentang ini pula mempunyai superioritas serta kekurangan.

Salah satu  pupuk tunggal ialah pupuk urea yang cuma memiliki nitrogen.

 

8. Pupuk Majemuk

Jenis pupuk tumbuhan ini mempunyai beberapa unsur hara, jadi tidak cuma satu saja. Yang terhitung ke dalam pupuk bermacam-macam ialah pupuk NP yang memiliki nitrogen serta phospor dan juga pupuk NK yang mempunyai isi nitrogen serta potasium.

 

9. Pupuk Lengkap

Jenis pupuk tumbuhan ini yakni pupuk yang mempunyai isi faktor hara yang lengkap buat tumbuhan. Salah satu model pupuk tumbuhan yang komplit ialah pupuk NPK yang memiliki nitrogen, phospor, dan kalium.

 

10. Pupuk Akar

Pupuk sumber ini yakni model pupuk tumbuhan yang benar difokuskan ke akar biar mampu diserap tumbuhan. Seluruh nutrisi yang diserahkan dikhususkan biar mampu diserap oleh sumber dan seterusnya didistribusikan ke segenap bagian tumbuhan.

 

11. Pupuk Daun

Untuk model pupuk tumbuhan ini yakni pupuk yang sanggup diserap oleh daun rumput dengan positif. Peresapan pupuk oleh daun dilakoni via stomata alias daun mulut, bukan via sumber semacam lazimnya.

 

Referensi :

Jenis-Jenis Pupuk