20/04/2021

Blog Riview

Blog Riview

Konsep Pelaku Ekonomi Kreatif Untuk Kemajuan Indonesia

Konsep Pelaku Ekonomi Kreatif Untuk Kemajuan Indonesia

Sebelum membahas lebih lanjut terkait pelaku ekonomi kreatif, akan sangat efisien jika kamu sendiri paham akan arti dari konsep ekonomi yang satu ini. Istilah ekonomi yang satu ini memang sekarang sedang gencar-gencarnya dibahas di berbagai kalangan ilmuwan ekonomi.

Pelaku ekonomi kreatif adalah para pelaku ekonomi yang berupaya menciptakan hasil penjualan dengan  mengandalkan konsep informasi dan kreativitas. Pada konsep ini, hal yang diutamakan adalah soal ide dan pengetahuan SDM itu sendiri.

Jenis Konsep Ekonomi Kreatif Indonesia 

Sebagai negara yang memiliki banyak potensi kemajuan, Indonesia sudah mulai menerapkan konsep ekonomi yang kreatif. Bahkan kini ada beberapa jenis ekonomi kreatif. Untuk kamu yang juga merupakan pelaku ekonomi kreatif, maka berikut ini bisa kamu catat dan simak poin penjelasannya:

  • Kuliner

Dunia kuliner adalah salah satu sektor yang paling banyak membawa pengaruh bagi ekonomi Indonesia. Dari sektor ini, para pelaku kuliner akan menyajikan konsumsi yang dibuat dengan komposisi dan hiasan yang lebih unik serta lezat rasanya.

Dengan daya saing yang tinggi, maka seiring berjalannya waktu para pelaku kuliner akan terus mengembangkan faktor kreativitasnya. Para pelanggan pun juga menjadi lebih puas.

  • Kerajinan Tangan

Selain kuliner, Indonesia juga memiliki sektor kerajinan tangan yang cukup besar. Saat ini sudah banyak sekali pelaku ekonomi yang mulai bekerja dengan segala kreativitasnya dalam mengubah benda tak bernilai menjadi bernilai.

Saat berada di tangan pelaku ekonomi yang berjiwa seni tinggi, maka tidak ada istilah benda yang tidak berguna. Semua benda tak bernilai tersebut bisa dijadikan sebagai sektor ekonomi yang membanggakan.

  • Arsitektur

Jenis yang satu ini erat kaitannya dengan desain dari sebuah bangunan atau ruang. Dengan pembangunan yang baik, seorang arsitektur bisa menjadi pelaku ekonomi yang membanggakan.

Salah satu contoh dari jenis ini adalah adanya berbagai café kekinian yang dibangun di setiap sudut kota. Tak ayal, kemunculan café kreatif ini juga mengundang para pelaku ekonomi lain untuk membuat konsep café yang lebih unik lagi.

  • Fashion

Selain desain bangun dan ruang, fashion juga menjadi salah satu bentuk kreativitas ekonomi. Saat ini mungkin kamu sudah melihat ada banyak sekali kemajuan dalam bidang desain fashion masyarakat modern. Salah satu contohnya adalah pakaian piyama satu set.

Pakaian yang harusnya dipakai untuk baju tidur ini lantas dibuat dengan desain yang casual namun menarik. Sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai outfit untuk nongkrong bersama teman-temannya.

  • Riset dan Pengembangan

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memunculkan ide kreatif ekonomi adalah dengan melakukan riset.

Riset ini tidak hanya akan membuatmu peka terhadap lingkungan sekitar, kamu juga akan belajar banyak hal terkait bagaimana membangun ide yang akan membangun perekonomian menjadi lebih baik.

Dengan kata lain, kamu bisa memanfaatkan kesempatan riset yang ada, menjadi sebuah peluang untuk memajukan kondisi ekonomi dengan cara yang intelektual dan kreatif tentunya.

  • Musik

Industri musik adalah juga bagian dari sektor kreativitas ekonomi. Dengan pengetahuan music yang sangat baik, kamu bisa menciptakan berbagai produksi lagu yang bernilai tinggi. saat lagu dinilai sangat tinggi oleh masyarakat, maka ia dapat menghasilkan rupiah yang banyak pula.

Dengan kreativitas yang tinggi, kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis musik menjadi produksi lagu kekinian yang asik didengar.

Ciri Khas Pelaku Ekonomi Kreatif

Sebagai pelaku ekonomi, kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri haris dimiliki untuk menjadi pelaku ekonomi yang kreatif. Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-cirinya:

  • Terbuka dan Tidak Terbatas

Pelaku ekonomi dengan ide kreatif biasanya akan selalu terbuka pada setiap hal yang ada di sekitarnya. Orang yang menjadi pelaku ekonomi jenis ini juga biasanya memiliki Ide yang liar.

Sehingga dengan idenya ini ia akan memunculkan kreativitas yang tinggi dalam menciptakan sektor ekonomi memajukan. Ide-ide terbuka ini nantinya diharapkan dapat diaplikasikan pada semua sektor yang bisa meningkatkan ekonomi.

  • Memiliki Kreasi Intelektual

Ciri khas ini memiliki artian bahwa pelaku ekonomi akan mendasarkan ide kreatif yang muncul, tidak hanya bernilai seni namun juga memiliki nilai intelektualitas yang tinggi. Sehingga ide ekonomi yang muncul ini nantinya dapat menjadi manfaat yang berkepanjangan bagi semua pelaku ekonomi.

  • Mudah Tergantikan 

Seperti yang bisa kamu lihat saat ini, kondisi ide kreativitas ekonomi saat ini selalu bersaing dari waktu ke waktu. Ide-ide kreatif tersebut sangat mudah tergantikan dengan ide-ide segar baru yang lebih menarik. Hal ini sudah menjadi ciri khas adanya ide kreatif ekonomi.

Karenanya, kamu sendiri sebagai pelaku ekonomi harus siap dengan segala konsep yang selalu diperbarui. Sehingga pasar kamu tidak akan mati di tengah jalan karena persaingan yang ketat.

Konsep pelaku ekonomi kreatif yang telah dijelaskan di atas, bisa menjadi ajang pembelajaran yang sangat penting untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia. Dengan semakin majunya dunia perekonomian, maka hal tersebut akan membantu semua pelaku ekonomi merasakan kemakmuran ekonomi.