26/07/2021

Blog Riview

Blog Riview

Koperasi Dituntut Aktif Atasi Krisis Bangsa Akibat Pandemi

Gerakan koperasi, dituntut untuk terlibat aktif dalam mengatasi krisis bangsa akibat pandemi Covid-19. Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) pusat telah membentuk empat tim recovery kesehatan dan ekonomi koperasi sejak Maret 2020.

“Harus ada keseimbangan antara kerja-kerja di bidang kesehatan dengan ekonomi. Aktivitas ekonomi koperasi harus tetap berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Aktivitas adalah sebuah keharusan agar tercipta produktivitas. Tanpa itum bisa berakibat krisis kemanusiaan yang justru berdampak lebih luas,” ujar Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid pada acara pengukuhan pengurus dan pembukaan Rapat Koordinasi Pimpinan Dewan Koperasi Pimpinan Wilayah (Dekopinwil) Provinsi DKI Jakarta seperti dikutip dalam keterangannya, Senin (9/11/2020)

Salah satu kegiatan Dekopinwil yang nyata dan strategis di masa new normal ialah menjawab kebutuhan mendesak koperasi saat ini yaitu digitalisasi koperasi di Jakarta. Nurdin Halid melihat, sisi positif dari pandemi yaitu masyarakat Indonesia, termasuk koperasi, dipaksa masuk lebih jauh ke dalam arus dinamika industri 4.0.

Logo Resmi Harkopnas Tahun 2021
Logo Resmi Harkopnas Tahun 2021

Dekopin, kata Nurdin Halid, sudah menjalin kerja sama dengan PT Digikop sebagai penyedia platform digital khusus untuk komunitas koperasi. Program digitalisasi koperasi dicanangkan oleh Dekopin pada Hari Koperasi 12 Juli 2020 sebagai langkah nyata mewujutkan digitalisasi koperasi di Tanah Air.

“Saya berharap, Dekopinwil DKI bekerja sama dengan PT Digikop menjadi mesin penggerak digitalisasi koperasi di Jakarta. PT Digikop telah memiliki aplikasi digital untuk kelembagaan maupun bisnis koperasi seperti database anggota, marketplace, transaksi bisnis, laporan kinerja dan keuangan koperasi. Ini tuntutan kebutuhan di era industri 4.0,” tegas Nurdin Halid.

Nurdin meminta segenap pengurus Dekopin Jakarta untuk mengibarkan panji kebesaran koperasi di Ibu Kota melalui program dan kegiatan nyata bagi masyarakat kelas bawah yang rentan terhadap dampak buruk Covid-19. Dengan menjalin kerja sama yang kuat dengan segenap stakeholders, terutama Pemerintah DKI, para pengurus baru harus memiliki tekad kuat untuk jadikan koperasi sebagai penggerak utama ekonomi masyarakat di Ibu Kota.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, Nurdin Halid mengingatkan para pengurus Dekopinwil tentang tiga fungsi dan peran utama Dekopin. Pertama, memperjuangkan nilai, cita, dan prinsip-prinsip koperasi. Kedua, menyuarakan kepentingan koperasi, baik di dalam maupun di luar negeri. Ketiga, menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujutkan tatanan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Pada tataran implementasi, Nurdin menjelaskan tiga cakupan tugas dan tanggungjawab Dekopin-Dekopinwil-Dekopinda sebagai wadah tunggal gerakan koperasi Indonesia, yaitu di bidang edukasi, advokasi, dan fasilitasi. Dalam bidang edukasi terkait nilai-nilai, prinsip, dan cara kerja koperasi seperti keadilan, kesetaraan, transparansi, solidaritas, dan kerja sama. Organisasi Koperasi Internasional (ICA) menyebut jatidiri koperasi tersebut sebagai identitas koperasi (cooperative identity).

“Selain pendidikan koperasi melalui Lapenkop (Lembaga Pendidikan Koperasi), kita memerangi koperasi bodong untuk menjaga kemurnian jati diri koperasi. Untuk itu, Dekopin punya Badan Pelayanan Konsultasi Hukum (BPKH). Kita juga memfasilitasi usaha-usaha koperasi. Untuk itu, kita memiliki JUK (Jaringan Usaha Koperasi),” Nurdin Halid memaparkan.

Dalam sambutannya, Ketua Dekopinwil DKI Jakarta yang baru Ferry Juliantono mengatakan asas kekeluargaan dan gotong-royong koperasivterasa memudar dalam masyarakat, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Padahal hakikat koperasi adalah kumpulan orang, bukan kumpulan modal.

Karena itu, Ferry dan jajaran pengurus yang dipimpinnya akan fokus pada upaya menyatukan gerakan koperasi di wilayah DKI Jakarta. Sebab semangat kekeluargaan dan kerja sama adalah modal dasar sekaligus kekuatan utama koperasi. “Fokus kami ke depan ialah melakukan konsolidasi gerakan koperasi di DKI. Kami ingin perkuat lagi semangat kerja sama antara koperasi-koperasi di wilayah Jakarta,” ujar Ferry.

Ferry menyebut, salah satu cara untuk memupuk semangat kekeluargaan dengan menggelar Forum Bisnis Koperasi Jakarta untuk menelorkan gagasan dan kegiatan produktif. “Kami akan menggelar secara rutin, melalui forum itu, muncul berbagai gagasan dan model kerja sama antar-koperasi yang bisa dijalankan dalam kerja nyata,” ujar Ferry Juliantono.

Dalam semangat kerja sama berdasarkan asas kegotong-royongan itu, Ferry mempersilakan kegiatan Koperasi maupun Dekopinda untuk menggunakan Gedung milik Dekopinwil DKI Jakarta. “Gedung ini merupakan aset Gerakan Koperasi DKI Jakarta. Dalam dua bulan ini, kami sudah rapihkan,” ujar Ferry.

Sementara Nurdin Halid memuji langkah cepat dan taktis Ferry Juliantono sebagai sinyal kuat dan positif dalam memajukan koperasi di Ibu Kota. Beberapa langkah Ferry yang patut diapresiasi, seperti DKI menggelar musyawarah wilayah (muswil) paling cepat dan sudah menggelar beberapa musyawarah daerah (musda). Gedung milik Dekopinwil DKI dalam waktu singkat sudah direnovasi dan dipercantik. “DKI sudah melakukan rakor, ini adalah rakor pertama di antara semua Dekopinwil,” ujar Nurdin Halid.

Mantan Ketua PSSI itu mengatakan bahwa kehadiran dan dukungan Pemprov DKI Jakarta dalam muswil dan musda di DKI adalah pengakuan terhadap sosok dan kepemimpinan Ferry Juliantono. Dalam Muswil Dekopinwil awal Oktober lalu, hadir Wakil Gubernur Jakarta Achmad Reza Patria dan pejabat yang mewakili Kapolda dan Pangdam Jaya. Dalam struktur kepengurusan yang dilantik, tampak sejumlah tokoh dan mantan pejabat, baik sipil maupun militer. Salah satunya Agus Muharam, mantan Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM.

Ferry Juliantono terpilih secara aklamasi dalam Muswil Dekopinwil DKI Jakarta pada awal September 2020. Ferry yang juga wakil ketua umum Dekopin pusat ini menjelaskan, struktur dan personel kepengurusan Dekopinwil periode 2020 – 2025 adalah kombinasi pengurus lama yang berpengalaman dan pengurus baru yang masih fresh. Ferry yang juga Wakil Ketua Umum Gerindra itu meyakini, pengurus yang baru mampu mewujudkan harapan ketua umum Dekopin maupun Pemprov DKI Jakarta, yaitu koperasi menjadi mesin penggerak ekonomi masyarakat di Jakarta. Dalam hal ini, mengorganisir dan menggerakkan UMKM dalam wadah koperasi.

Harkop Tahun 2021

Link Twibbon Logo Resmi Harkopnas ke 74

Contoh Twibbon :

Gunakan hanya Logo yang resmi :

Logo Harkop Resmi 2021