08/03/2021

Blog Riview

Blog Riview

Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti

Kayu Meranti merupakan jenis kayu yang paling populer dan paling komersil terutama di Asia Tenggara. Umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan baku konstruksi bangunan dan bahan dasar furniture. Kayu meranti merupakan kayu keras yang ringan.

Jika Anda membutuhkan jepara furniture bisa kunjungi tautan tersebut. Disana hasil yang dikerjakan sangat baik dan bagus yang menjadi salah satu indonesia furniture terbaik dikelasnya.

Kayu ini dapat dibedakan berdasarkan permukaannya, yaitu berwarna merah muda pucat, coklat kemerahan, merah tua, hingga coklat tua. Warna ini menandakan umur kayu Meranti, kalau gelap berarti saya lebih tua jadi kualitas saya bagus. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk simak di bawah ini!

1. Mudah Kering

Setiap kayu tentunya memiliki kadar air sendiri-sendiri, begitu juga kayu Meranti dengan berat jenis 0,3 – 0,86 dengan kadar air 15%. Namun kayu meranti masih termasuk dalam kayu yang mudah lepas dari kelembapan yang ada.

Pengeringan kayu meranti bisa dilakukan secara alami di bawah sinar matahari atau menggunakan alat. Biasanya, pengeringan kayu ini untuk menjaga kestabilan ukuran dan bentuk kayunya.

2. Tergolong Awet

Berdasarkan kekuatannya, jenis meranti merah dapat diklasifikasikan sebagai kelas kuat II-IV (hingga 15 tahun), sedangkan tahan diklasifikasikan sebagai kelas III-IV (hingga 10 tahun). Klasifikasi kayu adalah 5 tingkat, tingkat bahan lebih kecil, kayu lebih tahan lama daripada kayu. Kayu Meranti Merah juga mudah diawetkan dengan menggunakan campuran solar oil dan creosote.

3. Strukturnya Keras

Kayu meranti dapat ditempatkan pada jenis kayu keras. Bentuk dan ukuran kayu meranti tidak mudah berubah. Kayu meranti juga tidak mudah tumbuh atau menyusut akibat perubahan suhu.

Kayu ini cukup stabil, sehingga lebih baik digunakan untuk bahan bangunan dan sketsa bangunan khususnya atap. Dengan menggunakan kayu meranti maka rangka atap bangunan akan lebih awet.

4. Bahan Furnitur

Karena kualitas kayu meranti mudah dibentuk, maka kayu meranti dapat digunakan sebagai berbagai macam furniture. Hal ini dikarenakan kayu meranti memiliki harga beli yang sangat tinggi karena manfaatnya tercermin dari furnitur yang terlihat setiap hari.

5. Bahan Konstruksi Bangunan

Teksturnya yang kuat dan panjang menjadikan kayu meranti menjadi salah satu jenis kayu yang dapat digunakan untuk bahan konstruksi bangunan seperti atap ganda, lantai parket, tangga, pintu, jendela, bahkan lantai kayu.

6. Bahan Pembuatan Kertas

Kayu meranti merupakan bahan yang mudah dibuat menjadi kayu olahan. Kayu yang terbuat dari kayu meranti dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti partikel, port, dan veneer untuk triplek. Selain itu, kayu meranti olahan cocok untuk pembuatan pulp kayu, bahan utama pembuatan kertas.

7. Kayu yang Paling Mendekati Sempurna

Kenapa kamu bisa bilang begitu? Karena kayu meranti memiliki beberapa keistimewaan, diantaranya pohon yang terbuat dari kayu meranti yang memiliki batang berbentuk silinder bulat, dengan tinggi total 40-50 meter.

Kulit batang meranti umumnya pipih atau beralur atau dangkal, berwarna abu-abu sampai coklat, batang lurus, diameter besar, bebas cabang, cacat simpul minimal pada pohon meranti mempunyai ketrampilan pemangkasan: membebaskan cabang pohon alami mandiri untuk menghasilkan kaya, bermanfaat dan menguntungkan.