02/12/2020

Blog Riview

Blog Riview

Memahami Pengertian Gambar Teknik Lebih Detail

Sebuah rancangan konstruksi yang dibuat oleh seorang arsitek, kontraktor, mekanik, atau ahli lainnya menggunakan gambar teknis, yang dikenal sebagai alat komunikasi atau jargon umum, untuk mengungkapkan maksud seorang insinyur.

Jika Anda mempelajari teknik, Anda perlu memahami definisi gambar teknik, fitur, standardisasi, dan alat untuk membuat representasi tersebut sehingga Anda memahami cara membuatnya dengan benar dan benar.

Meskipun teknik adalah tempat yang tepat untuk membaca dan memahami arti gambar desain, orang lain belum tentu terlibat. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajarinya untuk menyampaikan apa yang dimaksud dengan gambar yang Anda buat

Apa Itu Gambar Teknik?

Gambar teknik adalah gambar yang digunakan sebagai media komunikasi bagi seorang insinyur untuk membuat dan membuat suatu desain atau produk.

Dalam gambar teknik diperlukan kejelasan aspek teknis agar informasi yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan dengan tepat dan akurat, sehingga gambar yang dihasilkan dapat dipahami dengan jelas.

Apakah kalian sudah tau cara download gambar di google? Bisa juga untuk hp dalam cara mendownload gambar di google, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut.

Setiap informasi harus diwakili oleh simbolnya masing-masing sehingga diperlukan pengetahuan yang baik tentang gambar teknik. Seorang insinyur harus mampu memberikan gambar yang dapat dibaca untuk pembaca

Fungsi Gambar Teknik

Dalam perencanaan dan perancangan, fungsi gambar teknik harus memperhatikan tiga hal penting, yaitu antara lain

1. Sebagai penyedia informasi

Gambar teknis harus dapat menyampaikan informasi yang dimaksudkan oleh insinyur kepada mereka yang terlibat dalam proyek seperti operator, inspektur, kontraktor dan orang terkait lainnya.

2. Sebagai sarana penyimpanan dan penggunaan

Gambar yang dibuat merupakan gambar teknik yang sangat penting untuk bahan informasi perencanaan masa depan. Oleh karena itu, harus disimpan dan dipelihara dengan baik sebagai informasi untuk rencana masa depan. Dokumentasi disusun dengan hati-hati agar mudah menemukan data yang diperlukan untuk perencanaan dan desain

3. Sebagai konsep perencanaan

Konsep atau pemikiran yang muncul dalam perencanaan memanifestasikan dirinya dalam bentuk gambar yang diambil dari ide tersebut, kemudian dianalisis dan kemudian diubah menjadi gambar untuk penelitian dan evaluasi lebih lanjut.

Proses ini dilakukan terus menerus hingga Anda mendapatkan gambar yang sempurna. Oleh karena itu, seorang insinyur harus mampu mengubah ide yang muncul di benaknya menjadi gambar teknis yang dapat direalisasikan

Standarisasi Gambar Teknik

Untuk memudahkan ahli teknik dalam menyampaikan informasi dalam gambar teknik yang dihasilkan, diperlukan standar agar semua pihak yang terlibat dapat membaca gambar yang dihasilkan dan memiliki kesamaan persepsi.

Indonesia sebenarnya punya standar sendiri yaitu SNI. Namun dengan meningkatnya kerjasama internasional, industri dan stakeholders perlu menerapkan standar internasional agar penerapan standardisasi gambar teknik di Indonesia secara umum sesuai dengan sistem ISO karena Indonesia merupakan anggota ISO.

ISO adalah organisasi non-pemerintah yang mengatur asosiasi teknis antar negara. Bidang kegiatan organisasi ISO ini dalam kaitannya dengan standar gambar teknik adalah ISO / TC 10, yang mempunyai tugas membakukan gambar teknik sedemikian rupa sehingga dapat diterima secara internasional sebagai bahasa teknik yang umum.