08/05/2021

Blog Riview

Blog Riview

Membuat Pilihan yang Tepat untuk Tenda Keluarga Baru

Sewa Tenda Pekanbaru – Saat mencari tenda keluarga ukuran terbaik untuk kebutuhan Anda, yang terbaik adalah selalu menambahkan orang ekstra ke jumlah anggota keluarga untuk menentukan ukuran tenda yang dibutuhkan untuk keluarga. Dengan melakukan ini, kita dapat menambah berat tenda tetapi ini akan memberikan setiap orang lebih banyak ruang pribadi dan memungkinkan untuk menyimpan perlengkapan yang tidak boleh ditinggalkan dalam cuaca. Tenda keluarga biasanya tersedia dalam ukuran untuk keluarga yang terdiri dari 4 hingga 7+ orang. Mereka biasanya berventilasi baik dan dirancang dengan jendela dan pintu masuk.

Beberapa pabrikan memang memiliki tenda pengemasan belakang untuk keluarga dengan 2 hingga 4 orang, yang ringan, tahan lama, mudah dipasang, dan sangat serbaguna.

Saat belanja tenda, gaya dan ukuran tenda bukan satu-satunya hal yang harus diperhatikan, Anda perlu menentukan jenis kain apa yang harus dibuat untuk backpacking atau tenda keluarga Anda.

Produsen menggunakan 6 jenis kain utama untuk membuat tenda mereka. Materi masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Mengetahui karakteristik mereka dapat memengaruhi jenis pengalaman berkemah yang Anda miliki.

Kain tenda paling populer adalah Nylon. Alasannya adalah karena kuat, tahan lama, dan ringan. Nilon tidak akan menyerap air karena tahan air tetapi perlu kedap air untuk mengunci sebagian besar air dan tetap mempertahankan kualitas bernapas yang memungkinkan uap air melewatinya saat Anda tetap kering. Kain ini dapat dengan mudah diwarnai dan mempertahankan warnanya lebih lama dibandingkan jenis kain lainnya. Nilon tidak akan terurai jika disimpan dalam keadaan basah, namun akan mulai berjamur dan hal ini dapat mengikis poliuretan yang dilapisi pada bahan nilon tersebut hingga membuatnya kedap air.

Kain lain yang sering digunakan dalam pembuatan tenda keluarga adalah Rip-Stone Nylon. Ini memiliki semua karakteristik tenda nilon. Satu-satunya perbedaan di antara mereka adalah bahwa setiap 12 atau lebih jahitan, ada kain yang lebih tebal yang ditenun untuk mencegah penyebaran sobekan. Jika Anda berencana untuk berkemah di hutan, daripada di tempat terbuka atau tempat perkemahan, Anda mungkin ingin membeli tenda nilon rip stone daripada nilon biasa. Jika Anda membeli tenda nilon rip-stone, Anda mungkin ingin memastikan tenda itu dilapisi poliuretan.

Kain yang biasa digunakan berikutnya untuk pembuatan tenda hampir identik dengan nilon dan disebut poliester. Ketahanan terhadap kerusakan ultraviolet adalah perbedaan utama antara poliester dan nilon. Anda selalu disarankan untuk mendirikan tenda di tempat teduh daripada di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena semua bahan yang terkena sinar ultraviolet dapat rusak.

Kain lain yang pertama kali digunakan dalam pembuatan tenda, tetapi tidak lazim sekarang, adalah tenda kanvas katun. Kain katun 100% adalah bahan yang bagus untuk membuat tenda yang unggul tetapi sekarang jarang ada, terutama karena beratnya dibandingkan kain zaman modern. Bahan katun bernafas secara alami dan tidak terlalu rentan terhadap kondensasi dibandingkan kain modern, membuat tenda bagian dalam di area tidur tidak diperlukan. Satu keanehan yang dapat menarik perhatian pemula, adalah bahwa tenda katun baru biasanya bocor, karena tetesan yang masuk melalui serat kapas. Saat tetesan masuk melalui serat kapas, mereka menyebabkan serat membengkak satu sama lain menciptakan tenda tahan air. Ini disebut pelapukan. Solusi sederhana untuk masalah ini, adalah dengan memasang tenda sebelum Anda benar-benar melakukan perjalanan berkemah, saat hujan diperkirakan turun. Pelapukan tenda juga bisa dilakukan dengan merendam tenda secara menyeluruh menggunakan selang air lalu membiarkannya mengering. Anda mungkin harus mengulangi prosedur ini 2 atau 3 kali sebelum tenda Anda kedap air. Perlu dicatat bahwa beberapa tenda katun memiliki lapisan kedap air dan tidak perlu pelapukan.

Kain selanjutnya yang biasa digunakan oleh produsen adalah bahan yang disebut UV-Tex5. Ia memiliki ketahanan terbesar terhadap sinar ultraviolet. Untuk yang sering berkemah, ini mungkin pilihan terbaik karena memiliki standar ketahanan yang lebih tinggi terhadap degenerasi UV daripada kain poliester lainnya. Ini identik dalam semua aspek lain dengan poliester.

Polyethylene jarang digunakan untuk membuat seluruh tenda tetapi Anda harus memastikan bahwa lantai tenda terbuat dari Polyethylene. Ini tahan air, tahan lama dan air tidak akan melewati material kecuali ada lubang. Ada beberapa kekurangan dalam menggunakan kain ini, seperti berat dan bulkinessnya. Satu kekurangan lainnya adalah setelah dibuka, akan sangat sulit untuk mengembalikannya ke bentuk aslinya.