Berbicara mengenai pemindaian kode, pastinya anda akan tertuju dengan alat pemindai kode di kasir supermarket. Pemindaian ini dilakukan untuk memasukkan harga barang agar ditotalkan lalu dibayar oleh pembeli. Kini metode tersebut telah digunakan pada berbagai pembayaran online yang dinamakan QRIS. Ada beberapa hal yang wajib diketahui mengenainya sebagai berikut.

Pengertian dari QRIS

QRIS merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan standar QR code pembayaran digital melalui aplikasi uang non-tunai, cashless, dompet digital atau mobile banking. Standar pembayaran ini berada di bawah pengawasan BI atau Bank Indonesia.

Tujuan dari Kode QRIS

Setiap produk yang dikeluarkan tentunya memiliki tujuan utama. Begitu pula dengan GARIS yang memiliki tujuan utama yaitu memudahkan masyarakat dan regulator untuk mengawasi dari satu pintu. Dengan arti lain bahwa kode QR ini bisa digunakan pada lintas platform serta aplikasi pembayaran.

Contohnya, A pengguna DANA, B pengguna OVO, C pengguna Duitku, dan D pengguna GoPay. Mereka semua bisa melakukan pembayaran pada toko yang menyediakan pembayaran non-tunai dengan menggunakan QRIS atau satu kode. Jadi, apapun metode pembayaran yang digunakan oleh pembeli bisa bertransaksi dengan kode QR yang sama.

Semangat UNGGUL yang Dimiliki QRIS

Dibalik kegunaan QRIS yang unggul ternyata karena mengusung prinsip UNGGUL yaitu Universal, Gampang, Untung, dan Langsung. Universal dalam artian bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Gampang berarti bisa digunakan dengan mudah. Untung yaitu mampu menguntungkan baik pembeli maupun penjual. Sedangkan langsung yaitu transaksi dengan cepat.

Batasan Nominal Transaksi

Dalam aturan mengenai pelaksanaan transaksi batasan nominalnya yaitu 2 juta rupiah setiap pembayarannya. Namun, PJSP telah menetapkan batas kumulatif harian atau bulanan yang dilakukan oleh setiap pengguna QRIS. Penetapan batas ini mewajibkan penerbitnya untuk mengatur manajemen resiko dengan baik.

Sumber Dana yang Digunakan QRIS

Perlu diketahui bahwa sumber dana yang digunakan untuk membayar melalui GARIS berupa dana, simpanan, atau instrumen pembayaran yang berbentuk kartu kredit kartu debit, dan uang elektronik. Pelayanan pembayaran ini menggunakan media penyimpanan server based dan penggunaannya diterapkan berdasarkan usulan yang disetujui oleh BI atau Bank Indonesia.

Penggunaan QRIS di Kalangan Masyarakat

Hingga saat ini penggunaan QRIS dapat dilakukan di seluruh provinsi atau hampir di seluruh wilayah Indonesia. Terlebih lagi, penggunaannya telah diterapkan oleh pedagang di pasar tradisional, supermarket, mall, sekolah, tempat kerja, tempat ibadah, dan lain-lainnya sesuai dengan lokasi pengguna. Jadi, anda tidak perlu khawatir karena QRIS bisa dilakukan kapan saja dimanapun wilayah Indonesia.

Demikian informasi mengenai QRIS mulai dari pengertian hingga penggunaannya. Hal ini wajib diketahui sebelum membuat QRIS agar mengenalinya lebih dalam. Penggunaan ini sangatlah cocok bagi pengusaha karena masyarakat telah mulai beralih ke pembayaran kode ini. Sangat disarankan untuk menggunakan layanan Duitku agar mendukung kegiatan transaksi.

 

By roket