Mengenal 3 Jenis Kertas Untuk Pembuatan Paper Bag

Paper bag atau tas kertas  dalam bahasa Indonesia, merupakan salah satu media kemasan untuk mewadahi produk jualan atau souvenir.  Paper bag banyak digunakan dalam berbagai acara baik non formal maupun formal sebab menjadi salah satu media packaging ramah lingkungan. Karena terbuat dari bahan yang mudah di daur ulang.

Sesuai dengan namanya, paper bag terbuat dari bahan kertas yang memiliki beberapa jenisnya, yaitu kertas art paper, kertas duplex dan kertas kraft/samson. Ketebalan atau gramasi kertas serta model finishing dari paper bag juga mempengaruhi perbedaan  hasil paperbag satu dengan lainnya.

Jenis-Jenis Kertas Untuk Pembuatan Paper Bag

  1. Kertas art paper

Karakteristik dari kertas art paper yaitu mempunyai permukaan licin pada bagian dalam dan luarnya. Selain itu, permukaan kertasnya juga halus meski memiliki ukuran lebih tipis dibandingkan dengan kertas art carton. Gramasi atau ketebalan kertasnya sekitar 100gsm sampai 150 gsm. Kertas art paper juga banyak digunakan sebagai bahan brosur hingga kalender dinding.

  1. Kertas duplex atau marga

Kertas duplex mempunyai ciri khas yang lebih mudah dikenali ketimbang jenis kertas lainnya. Dimana pada sisi bagian luarnya berwarna putih sedangkan sisi bagian dalamnya berwarna abu-abu. Umumnya, jenis kertas duplex ini dimanfaatkan sebagai kotak nasi, box atau lainnya. Namun bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan paper bag.

Gramasi atau ketebalan dari kertas duplex yaitu 250 gsm, 270gsm, 310 gsm, 350 gsm hingga 400 gsm. Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kertas kraft

Jenis kertas yang paling sering digunakan sebagai bahan paper bag adalah kertas kraft atau samsons. Karakteristik kertas kraft yaitu bertekstur sedikit kasar dan berwarna cokelat kayu sehingga bisa menambah kesan klasik paper bag.

Ada juga model paper foil yang sedikit lebih bagus.

Anda juga bisa menemukan kertas kraft berwarna putih  hanya saja gramasi yang dimiliki hanya 150gsm saja. Kertas kraft atau samson ini memiliki 2 sisi berbeda yaitu terdapat sisi warna putih dan sisi lainnya berwarna cokelat. Kertas kraft termasuk sebagai bahan primadona dalam pembuatan paper bag di kalangan pebisnis kemasan, sebab dapat didaur ulang kembali.

Nah itu tadi 3 jenis kertas yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan paper bag. Pilihlah jenis kertas yang sesuai dengan keinginan Anda.