Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Apa itu vegan?

Vegan sebenarnya adalah jenis vegetarian, tetapi pembatasan jenis makanan yang digunakan dalam diet ini lebih ketat.  Beberapa orang melihat pola makan vegan sebagai gaya hidup vegetarian yang ekstrem.

Veganisme adalah gaya hidup yang berusaha menghindari segala eksploitasi terhadap hewan, termasuk untuk makanan, pakaian, kosmetik, atau keperluan lainnya.  Oleh karena itu, pola makan vegan tidak hanya mengecualikan daging hewani, tetapi juga produk susu, telur, dan produk hewani.  Makanan ini termasuk gelatin, madu, whey, kasein, albumin, dan aditif minyak ikan.

Apa manfaat menjadi vegetarian?

1.     Penurunan berat badan yang efektif
Bagi orang yang kelebihan berat badan, pola makan vegan dapat membantu mereka menurunkan berat badan.  Berdasarkan beberapa penelitian observasional, vegan cenderung lebih ramping dan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada non-vegan.  dasar genap Jurnal American College of Nutrition, diet vegan lebih efektif daripada jenis diet lain untuk menurunkan berat badan. 
Bahkan jika seseorang tidak secara teratur mengikuti pola makan vegan, peluang untuk menurunkan berat badan masih lebih tinggi daripada yang lain. 
2.     Kaya nutrisi
Ketika seseorang mengikuti pola makan vegan, itu berarti produk hewani seperti daging dan produk hewani lainnya disilangkan.  Gandum utuh, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan pengganti buah.
Di tahun  Sebuah studi tahun 2020 dari Jerman menemukan bahwa vegan mengonsumsi lebih banyak antioksidan, serat, serta vitamin dan mineral.  Tapi tentu saja, jika seseorang melakukan diet tanpa produk hewani ini, ada risiko kehilangan nutrisi, terutama asam lemak esensial.  Jika perlu, berikan vegan suplemen vitamin B12, vitamin D, seng, dan kalsium, yang berisiko kekurangan.
3.     Menurunkan kadar gula darah
Bagi penderita diabetes tipe 2, pola makan vegan patut dicoba karena menurunkan gula darah.  Faktanya, sensitivitas insulin lebih tinggi dan dengan demikian risiko diabetes tipe 2 berkurang. 
Berdasarkan studi kelompok Universitas Carolina UtaraPola makan vegan dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dibandingkan dengan jenis diet lainnya. 
4.     Meningkatkan fungsi ginjal.
Manfaat lain dari pola makan vegan adalah menjaga fungsi ginjal.  Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Jurnal Nefrologi DuniaMengganti daging dengan olahan protein nabati dapat mengurangi risiko gagal ginjal. 
 
5.     Melindungi dari kanker
Salah satu hal penting untuk mencegah kanker adalah menjaga pola makan.  Ini adalah salah satu manfaat dari pola makan vegan.  Misalnya, konsumsi biji-bijian secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus besar.  Selain itu, makan buah dan sayur yang cukup dapat menurunkan risiko kanker hingga 15 persen.  Fakta ini direkam oleh tim peneliti Universitas FlorenceItalia pada tahun 2017
Menghindari produk hewani tertentu mengurangi risiko kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.  Namun perlu diingat bahwa penelitian yang menyoroti hal ini bersifat observasional.  Ini berarti tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan vegan memiliki risiko kanker yang lebih rendah.
 
6.     Ini mengurangi risiko penyakit jantung
Jika seseorang mencari pola makan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, pola makan vegan mungkin adalah jawabannya.  Bahkan, berdasarkan studi observasional Departemen Nutrisi Universitas Loma Linda CaliforniaRisiko tekanan darah tinggi berkurang hingga 75%.
Manfaat pola makan vegan lebih efektif dalam mengendalikan kadar kolesterol jahat dan gula darah dibandingkan dengan jenis diet lainnya.  Tentu saja ini penting untuk kesehatan jantung, mengingat kadar kolesterol, tekanan darah, dan gula darah terkait dengan risiko penyakit jantung.
 
7.     Mengurangi rasa sakit radang sendi
Pasien arthritis mungkin merasa lebih sedikit rasa sakit jika mereka mengikuti pola makan vegan.  Pengamatan dari Sekolah Tinggi Kedokteran Manusia Universitas Negeri Michigan Ditemukan bahwa 40 pasien radang sendi yang makan pola makan vegan selama 6 minggu merasakan perbedaan.  Karena tingkat energi meningkat, fungsi tubuh secara keseluruhan akan lebih baik.  Selain itu, beberapa gejala seperti nyeri, pembengkakan pada persendian dan kekuatan di pagi hari sangat berkurang pada orang yang menjalani pola makan vegan.  Itu karena vegan makan makanan yang kaya antioksidan, probiotik, dan serat.
 

Sumber : goes2healthy