Menghilangkan bau karpet setelah dicuci tidaklah sulit. Setelah dicuci, Anda bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau tak sedap pada karpet. Jadi, tanpa bahan kimia berbahaya sehingga tidak akan merusak tekstur karpet kesayangan Anda.

Menghilangkan Bau Karpet Setelah Dicuci

“kunjungi juga: cuci sofa di jogja

Tips Menghilangkan Bau Karpet Setelah Dicuci Biar Tidak Apek

Bermanja-manja ria di atas karpet memang menyenangkan. Namun, tidak lagi jika aroma karpet sudah apek atau mengeluarkan bau tak sedap lain. Bau tak sedap pada karpet adalah hal wajar mengingat alas lantai ini sering diinjak oleh telapak kaki penghuni rumah. Sebagai tips menghilangkan bau karpet sebelum dan setelah Anda mencucinya adalah:

Gunakan Banyak Air

Menggunakan banyak air sangat mencuci akan membantu mengatasi menghilangkan bau karpet. Gunakan sikat tangan untuk membantu air meresap hingga bagian karpet terdalam. Ini akan membantu mengusir bakteri dan debu lembut penyebab bau apek.

Cuci Karpet Hingga Bersih

Pastikan Anda mencuci karpet hingga benar-benar bersih. Tidak seperti pakaian, sekilas memang sulit membedakan karpet apakah sudah bersih atau belum. 

Namun, tetap ada bedanya. Bersih atau tidaknya karpet yang dicuci juga menjadi penentu bau atau tidak karpet tersebut nantinya.

Bila masih kesulitan membedakannya, cukup perhatikan tetesan air yang berasal dari siraman karpet. Bila masih berwarna coklat atau kuning, pertanda karpet masih kotor. Namun jika tetesan air tidak ada berwarna, maka dapat dikatakan bahwa karpet telah bersih.

“kunjungi juga: jasa cuci springbed jogja

Beri Campuran Kaporit Pada Detergen atau Air Bilasan

Anda bisa menambahkan kaporit pada detergen sebelum mengaplikasikannya ke karpet. Boleh juga menggunakan sebagai campuran pada bilasan terakhir.

Jemur Hingga Kering 

Setelah tahap pencucian selesai, lanjutkan dengan menjemur karpet di bawah terik matahari atau ruang terbuka. Bila telah kering sempurna, hilangkan debu yang tersisa.

Gunakan Soda Kue

Siapa sangka soda kue bisa menghilangkan bau tak sedap pada karpet. Gosokkan soda kue dengan lembut ke seluruh permukaan karpet. 

Diamkan beberapa saat supaya soda kue bekerja maksimal. Semakin lama maka lebih baik. Usahakan selama 24 jam. Kemampuan soda kue tidak hanya menyerap bau, tetapi juga menetralkannya.

Setelah itu, bersihkan kembali menggunakan vacuum cleaner. Setelah bersih, semprotkan parfum khusus supaya bau tak sedap pada karpet benar-benar tidak ada.

Menghilangkan bau karpet setelah dicuci ternyata mudah bukan? Supaya tidak repot sendiri, cuci karpetnya jangan menunggu sampai benar-benar kotor.

 

 

By roket