Belajar Coding adalah keterampilan baru yang menjadi semakin diminati di dunia saat ini. Ada begitu banyak permintaan untuk belajar pemrograman online di internet. Bahkan sekolah menengah telah mulai memasukkan pemrograman ke dalam kurikulum mereka.

Saat ini, Anda dapat mencapai apa pun yang dapat Anda pikirkan dengan menggunakan situs web atau aplikasi. Anda sekarang dapat menonton film, mengikuti kelas, atau bahkan memesan taksi, makanan, atau berbelanja barang secara online. Anda bahkan dapat mempelajari keterampilan bermain game baru.

Dengan aplikasi didigitalkan, ada juga peningkatan permintaan untuk pengembang perangkat lunak dan programmer karena akan bermanfaat untuk mempelajari bahasa pemrograman. Artikel ini membahas cara mempelajari bahasa pemrograman pilihan Anda dan cara memulai jalur untuk menjadi programmer dengan cara yang paling efektif. Jadi mari kita mulai!

Sebelum Anda melanjutkan membaca lebih jauh, saya ingin menyampaikan kepada Anda fakta bahwa Anda telah memilih tindakan yang membutuhkan ketekunan dan tekad untuk terus berjalan tidak peduli betapa sulitnya rintangan yang anda temui di sepanjang jalan. Lanjutkan membaca dan pastikan untuk melakukan setiap langkah yang tercantum di bawah ini untuk menjadi seorang programmer.

Pelajari Dasar-Dasar Pemrograman

Memilih bahasa untuk dipelajari adalah langkah awal dan terpenting dalam prosesnya. Python adalah bahasa yang baik untuk memulai dengan karena betapa mudahnya untuk belajar. Python adalah bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa Inggris karena sangat mudah dipelajari. Ada Tutorial Python yang tersedia secara online.

Namun, Anda memiliki kebebasan untuk memilih bahasa tidak hanya berdasarkan preferensi pribadi Anda tetapi juga pada jenis pekerjaan yang Anda rencanakan di masa mendatang. Jika Anda ingin membangun situs web, Anda disarankan untuk memulai dengan Javascript, tetapi jika Anda ingin mengembangkan aplikasi seluler, Anda mungkin ingin memulai dengan Java atau Kotlin untuk Android dan Swift untuk iOS. Python dan R adalah dua bahasa yang harus Anda pelajari jika Anda ingin berkarir di bidang ilmu data, kecerdasan buatan, atau pembelajaran mesin.

Ada dua pendekatan utama untuk belajar bahasa yang bisa Anda ambil:

1. Melalui platform online yang menarik

Sangat disarankan agar Anda memulai pendidikan Anda dengan menggunakan situs web yang menampilkan sistem pengkodean interaktif. Situs web seperti ini dikembangkan dengan anggapan bahwa mayoritas programmer pemula menjadi frustrasi pada tahap awal pendidikan mereka. Ketika Anda menggunakan sistem situs web yang memungkinkan interaksi, Anda akan dapat mengamati secara real time bagaimana kode Anda dilakukan.

2. Melalui video video instruksional

Disarankan agar Anda mendaftar untuk kursus pemrograman online jika Anda adalah tipe siswa yang menikmati studi mendalam yang disertai dengan instruksi terperinci. Ada banyak kursus online lain yang dapat mengajarkan Anda dimulai dari awal, misalnya les coding jogja merupakan kursus online yang mengajarkan Anda dari dasar pemrograman untuk anda yang tinggal di kota jogja, tapi les coding ini disediakan secara online, sehingga anda bisa mengikuti dari kota manapun.

Anda mungkin dapat memperoleh sertifikasi setelah menyelesaikan tutorial dan kursus tertentu, yang akan berguna di masa depan ketika anda mencari pekerjaan. Kursus pemrograman Nextgen adalah yang disarankan untuk diambil jika Anda ingin mempelajari bahasa pilihan Anda.

By mirfan