05/12/2020

Blog Riview

Blog Riview

Pengertian & Sejarah Printer

Yang dimaksud dengan printer adalah perangkat keras yang dapat mencetak benda-benda digital dalam bentuk fisik. Objek digital ini dapat berupa tulisan atau grafik. Printer dapat mencetak hitam-putih atau berwarna jika diisi dengan kartrid tinta yang sesuai. Printer harus dihubungkan ke komputer dan sumber listrik untuk bekerja.

Saat ini printer telah berkembang menjadi sebuah perangkat yang tidak hanya dapat mencetak dokumen tetapi juga menjalankan fungsi lain seperti scan dan fotokopi.

Namun, tidak semua printer dapat digunakan secara multifungsi karena hal ini bergantung pada spesifikasinya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang printer.

Pengertian printer

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dapat menampilkan wujud fisik berupa data digital asli.

Caranya dengan mencetak data di komputer. Keluaran kemudian berupa teks atau grafik dengan menggunakan berbagai macam tinta untuk menghasilkan warna.

Kata printer itu sendiri berasal dari kata bahasa Inggris “print”, yang artinya “print”. Printer merupakan perangkat periferal yang hanya berfungsi sebagai ekstensi untuk menghasilkan teks pada media kertas.

Sejarah printer

Printer pertama kali diperkenalkan ke publik sekitar abad ke-19. Saat itu desain printer dibuat dalam bentuk mekanis dan hanya dapat menghasilkan cetakan hitam putih.

Pada tahun 1968 printer listrik pertama dirilis oleh perusahaan Jepang bernama Epson. Model printer listrik pertama ini disebut EP-101.

Karena data yang dicetak masih dibuat dengan mesin tik, pengembangan terus berlanjut. Pencetakan mesin ketik cukup lama, sehingga menggunakan pencetakan dalam jumlah besar kurang efektif dan efisien.

Alhasil, banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba memodifikasi dan menciptakan inovasi baru berdasarkan model EP-101.

Pemodelan roda bunga aster

Pada 1980-an, printer telah meningkatkan kecepatan pencetakan. Setelah itu, model printer baru bernama Daisy Wheel diperkenalkan.

Printer prototipe ini mirip dengan mesin ketik zaman dulu, tetapi telah berkembang. Hasilnya bisa langsung dicetak saat Anda mengetik.

Generasi printer dot matrix

Setelah printer daisy wheel muncul, model dot matrix dirilis. Model ini mendukung pencetakan gabungan teks dan grafik.

Oleh karena itu, dokumen yang dicetak juga dapat ditulis / ditampilkan dalam satu halaman. Namun, ekspresinya masih rendah.

Printer laser diperkenalkan

Empat tahun kemudian, pada tahun 1984, model pengembangan printer baru yang disebut printer laser diperkenalkan.

Model ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi HP bernama HP LaserJet. Harga pasaran printer ini lebih murah dan menawarkan output yang lebih baik dari Dot Matrix.

Kehadiran printer desktop publishing

Pemahaman tentang printer desktop publishing adalah hasil dari pengembangan Laser Jet dengan PostScript.

Model ini dipatenkan oleh Apple LaserWriter dan dapat mencetak keluaran yang lebih baik dari model sebelumnya. Era ini juga disebut-sebut sebagai revolusi perkembangan dunia percetakan.

Printer model lanjutan

Model printer terbaru jauh lebih canggih. Sejak tahun 1990-an, inovasi terus dikembangkan untuk menghasilkan dokumen cetakan yang lebih berkualitas. Pencetak laser tersebar luas, dan pada tahun 2000-an, banyak pencetak berkualitas tinggi dengan sistem inkjet muncul.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.